5 Keutamaan Wakaf dalam Kehidupan Sehari-hari

Rumahinfaq.or.id – Jika shodaqoh, infaq dan zakat atau amal ibadah lainnya memiliki keutamaan dalam pelaksanaannya untuk kehidupan sehari-hari, maka ada juga keutamaan wakaf dalam kehidupan sehari-hari.

Mengetahui keutamaan suatu amalan seperti keutamaan wakaf memiliki peran tersendiri dalam pengamalan wakaf di kehidupan bermasyarakat.

keutamaan wakaf
keutamaan wakaf

Dengan mengetahui keutamaan-keutamaan wakaf, bukankah akan meningkatkan semangat wakaf itu sendiri?

Tentu saja, #sahabatrumi!!!

Keutamaan-keutamaan yang dimiliki oleh wakaf adalah suatu keistimewaan yang menjadikan amalan ini berbeda dengan amalan ibadah lainnya.

Hal inilah yang kadang mendorong sebagian orang untuk melakukan suatu amalan ketika amalan tersebut memiliki keutamaan dan keistimewaan tersendiri dalam pelaksanaan dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk lebih jelas mengetahui apa saja keutamaan-keutamaan wakaf dalam pelasanaan dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: 5 Rahasia Manfaat Wakaf Uang Dalam Hukum Islam

Berikut ini 5 keutamaan wakaf;

1. Mendapatkan Amal Jariyyah

Seperti yang kita ketahui bahwa wakaf sama seperti infaq dan shodaqoh yang berhukum sunah dalam pelaksanaannya. Begitu juga, dalil-dalil tentang perintah ketiga amalan sunah tersebut.

Kadang satu dalil ditunjukan untuk ketiga amalan tersebut, kadang juga disebutkan sendiri-sendiri dalam dalil-dalilnya masing-masing. seperti halnya dalil berikut ini.

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Terputuslah amalan seseorang ketika meninggal dunia, kecuali 3 perkara, yaitu sedekah jariyyah, ilmunya yang bermanfaat dan doa dari anak-anaknya yang sholeh.

Dalam hadits yang diriwayartkan oleh Musli tersebut disebutkan 3 amalan, yaitu shodaqoh jariyyah, ilmu yang memberi manfaat, dan anak-anak yang sholeh.

Sebebagaimana pembahasan kita sebelukmnya, bahwa dalam hadits ini terdapat 2 wakaf, yaitu di bagian shodaqoh jariyyah dan doa anak yang sholeh. Tapi kita belum membahas wakaf dalam ilmu yang bermanfaat.

Kita mengetahui bahwa pahala wakaf seperti pahala infaq dan shodaqoh, sama-sama tidak akan terputus bahkan setelah pelaksananya sudah meninggal dunia alias mengalir terus.

Sedangkan wakaf dalam ilmu yang bermanfaat dan doa anak-anak yang sholeh, bisa dikatakan sama, yaitu biaya.

Maksudnya?

Iya, biaya pendidikan untuk mendapatkan ilmu dan pendidikan untuk mendidik anak-anak sehingga menjadi anak-anak yang sholeh. Karena biaya pendidikan termasuk bagian dari jeni wakaf itu sendiri.

Sehingga ketika ilmu yang sudah didapatkan di ajarkan atau diamalkan kepada orang lain, dan orang tersebut mengajarkan ilmu tersebut dan seterusnya.

Maka, ketika si pemberi ilmu yang pertama meninggal dunia, dia tetap mendapatkan pahala ilmu tersebut dan pahala wakaf berupa biaya pendidikan untuk mendapatkan ilmu itu sebelumnya.

Begitu pula dengan biaya pendidikan untuk mendidik anak-anak sampai mereka menjadi anak-anak sholeh. Selain amal ibadah mereka akan didapatkan pahala, doa mereka juga akan menjadi pahala untuk orang tuanya.

Sehingga dapat dikatakan bahwa keutamaan wakaf sangatlag besar, walau pada dasar pengamalannya berhukum sunah. Sunah yang dicintai dan dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam.

2. Menjalin tali silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan

Katanya kita makhluk sosila, makhluk yang tidak bisa hidup sendiri. Bila dipikir, pernyataan tersebut juga benar dan tidak bisa dikatakan salah. Bahkan dalam islam diajarkan untuk menjalin hubungan satu sama lainnya.

Bahkan Rasulullah juga mengajarkan untuk mencintai sesama Muslim ataupun selain Muslim. Banyak saranan yang dicontohkan oleh Rasulullah untuk menjalin tali silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan.

Salah satunya dengan amal ibadah sunah wakaf. Yah, keutamaan wakaf juga sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam kehidupan bersosial.

Karena ketika wakaf diaplikasikan, maka pada saat itu antara pewakaf atau penerima wakaf sama-sama menikmati manfaat dari wakaf yang dilakukan.

Sehingga tidak heran jika wakaf memiliki keutamaan dalam kehidupan bersosialnya makhluk sosial yang tak lain adalah kita sendiri.

3. Membantu dalam pembangunan Negara

Saranan umum merupakan asset untuk suatu Negera terutama dalam pembangunannya. Saran umum seperti Masjid, sekolah, rumah sakit atau saranan kesehatan lainnya atau beberapa saranan umum lainnya.

Saranan umum tersebut bisa juga berasal dari dana wakaf, misalnya Masjid. Wakaf untuk masjid pasti sudah sangat biasa didengar dan diketahui.

Bahkan wakaf ini bisa berupa wakaf tanah untuk dibangunakan masjid di atasnya atau bahan-bahan untuk pembangunan masjidnya atau apa saja yang berkaitan dengan masjid.

Sehingga keutamaan wakaf dalam hal sarana umum ini tidak hanya untuk masyarakat, tapi juga berdampak pada pembangunan Negera.

Kok bisa??

Tentu saja bisa, bukankah saranan umum adalah salah satu bagian dalam pembangunan Negara atau bisa dikatakan sebagai asset Negara walau bukan pemerintah yang membangunnya.

4. Membangun jiwa sosial yang tinggi

Adanya wakaf tidak hanya membantu dalam menjalin silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan atau menghapus kesenjanganan dalam kehidupan sosial, tapi keutamaan wakaf dapat berupa membantu untuk membangunan jiwa sosial yang tinggi.

Sebab, tanpa kita ketahui wakaf yang kita keluarkan membantu orang yang menerima manfaat wakaf tersebut untuk keluar dari kondisi dan keadaannya atau beban yang sulit.

Sehingga jiwa sosial yang ada pada masing-masing individu akan terbangun bahkan bisa mencapai puncaknya ketika wakaf itu dilakukan demi mengharapkan “Wajah” Allah Subhanahu Wa Ta’ala semata,

5. Belajar bahwa Harta tidak akan kekal

Harta yang kita miliki sekarang adalah rezeki dari Allah atau bisa jadi hanya titipan Allah semata. Sehingga suatu saat titipan itu akan diambil dikemudian waktu.

Sehingga sifat dari harta itu tidak kekal dan yang pasti tidak bisa dibawa sampai mati.

Ketidakkekalan harta tersebut harus kita sikapi dengan benar dan tepat, supaya tidak salah dalam mengambil langkah, salah satunya yaitu dengan pemahaman tersebut dapat memberi kesadaran kepada kita.

Kesadaran yang membawa kepada kebaikan ya, seperti mewakafkan harta tersebut dan ini termasuk dari keutamaan wakaf loh….

Walau wakaf bukan satu-satu pilihan, sebab selain wakaf ada juga shodaqoh, infaq atau penyaluran dana sosial lainnya. Selama itu sebagai bentuk dari pembelajaran, maka tidak ada salahnya bukan?

Dari keutamaan wakaf yang sudah kita bahas di atas, dapat dilihat bahwa pelaksanaan wakaf dalam kehidupan sehari-hari memiliki banyak manfaat baik untuk pewakaf atau penerima manfaat wakaf tersebut.

Sehingga, amal ibadah sunah ini tidak hanya menjamin akan pahala yang akan menyalir terus menerus walau sudah wafat atau biasa dikenal dengan istilah amal jariyyah.

Tapi juga akan sangat memberi manfaat dalam kehidupan bersosial. Sehingga kesenjangan sosial di tengah kehidupan bermasyarakat akan berkurang.

Tapi yang paling penting untuk diingat ialah mala ibadah ini adalah bentuk kepatuhan atas anjuran dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam.

Sehingga, untuk meraih keutamaan-keutamaan wakaf diharuskan untuk benar-benar meniatkan semuanya karena Allah atau ikhlas sehingga akan amal wakaf menjadi sarana mendekatkan diir kepada Allah.

Demikianlah pemaparan dan penjelasan kami mengenai keutamaan wakaf dalam kehidupa sehari-hari.

Semoga artikel ini bermanfaat

Donasi



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?