5 Rahasia Manfaat Wakaf Uang Dalam Hukum Islam

Rumahinfaq.or.id – Motivasi yang paling mendasar dalam melakukan sesuatu ialah mendapatkan manfaatnya, baik manfaat di dunia atau di akhirat kelak. Seperti halnya dalam wakaf uang untuk mendapatkan manfaat wakaf uang.

Seperti yang kita ketahui bahwa wakaf uang adalah sejumlah uang tunai yang diserahkan untuk kepentingan umum, baik oleh perorangan, kelompok, lembaga maupun oleh badan hukum dalam tujuan wakaf.

manfaat wakaf uang
manfaat wakaf uang

Wakaf uang sendiri sudah dikenal di awal abad ke-2 Hijriyyah dan mulai dipraktekan secara umum di Turki di abad ke-15 Hijriyyah. Sedangkan di Indonesia direalisasikan dengan Gerakan Nasional Wakaf Uang.

Walaupun wakaf uang belum mencapai potensi yang ditargetkan, hal itu tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkan manfaat dari wakaf uang yang dilakukan.

Baik itu manfaat yang akan di dapatkan di dunia, maupun manfaat dari wakaf dalam bentuk uang akan di dapat di akhirat kelak. Semua itu pasti dapat memotivasi dalam berwakaf.

Sebelum kita mengetahui apa saja manfaat wakaf uang, kita akan membahas tata cara dalam melakukan wakaf dalam bentuk uang ini serta bagaimana pengelolaan wakaf uang ini dan keunggulannya.

Baca juga: Mengenalkan Rukun Wakaf dan Kriteria Waqif Kepada Masyarakat

A. Tata Cara Wakaf Uang

Jika diamati secara sekilas, wakaf uang termasuk wakaf yang mudah dan praktis karena dilakukan dengan uang, yang dominannya merupakan alat tukar dalam bertransaksi.

Nah, tapi tidak sedikit yang tidak mengetahui tata cara wakaf dalam bentuk uang ini loh. Untuk #sahabatrumi yang belum tau dan penasaran, berikut ini tata cara dalam melakukan wakaf uang, yaitu;

  1. Menyiapkan uang dengan minimal nominal RP. 1 Juta, sebagaimana syarat nominal minimal dalam wakaf uang.
  2. Melakukan transfer sesuai ketentuan yang berlaku di laman wakafuang.bwi.go.id atau dengan menghubungi LKS PWU (Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang) setempat.

Langkah kedua di atas dapat dilakukan dengan lebih alternative, yaitu dengan menghubungi Badan Wakaf Indonesia (BWI) melalui bwi.go.id. setelah itu melakukan transfer secara online atau daring.

Setelah semua prosedur di atas dilewati dan terpenuhi, #sahabatrumi akan memperoleh sertifikat wakaf yang merupakan bentuk dari apresiasi wakaf uang dilakukan.

Sudah paham kan, langkah-langkah dalam melakukan wakaf uang??? Gampang bukan???

Nah, setelah mengetahui tata cara melakukan wakaf dalam bentuk uang, kita akan membahas tata cara pengelolaan wakaf uangnya dan keunggulan wakaf uang sebelum membahas manfaat wakaf uangnya.

Baca juga: Yuk, Kita Cari Tau Cara Menghalalkan Uang Haram Agar Hidup Kita Berkah

B. Skema Pengelolaan

Kementerian Agama yang langsung mengawasi pengelolaan uang dari wakaf dalam bentuk uang tersebut, kemudian uang wakaf tersebut akan dilakukan penyaluran berrdasarkan syari’ah yang berlaku dalam Islam.

Salah satu cara pengelolaan uang wakaf tersebut ialah dengan investasi untuk produk keuangan yang bertaraf syari’ah.

Sedangkan untuk pengelolaan sendiri atau langsung ditangani oleh pemberi wakaf ialah dengan wakif memberi amanat wakaf kepada nadzir pengelola wakaf yang dilakukan melalui LKS-PWU.

Itupun harus mendapatkan izin dari Menteri Agama. Adapun penyaluran dana wakaf uang atau wakaf tunai akan disalurkan dalam beberapa bentuk.

Bentuk-bentuk penyaluran dana wakaf tunai atau wakaf uang ialah deposito mudharabah, musyarakah, sukuk, SBSN (Surat Berharga Syariah Negara), dan badan-badan usaha ekonomi yang berbasis syariah produktif,.

Bentuk penyaluran dana wakaf uang tersebut jug dapat dugunakan untuk pelayanan kesehatan secara gratis.

Untuk lebih mudah memahami skema pengelolaan wakaf dalam bentuk uang ini, perhatikan skema berikut ini;

Skema Pengelolaan Wakaf uang

C. Keunggulan Wakaf Uang

Wakaf dalam bentuk uang ini memiliki beberapa keunggulan, yaitu sebagai berikut;
1. Wakaf uang memberi ruang partisipasi bagi masyarakat untuk berwakaf yang lebih luas daripada wakaf yang dilakukan dalam bentuk tanah dan bangunan.

Selain itu, wakaf dalam bentuk uang juga dilakukan dengan nilai yang relatif jauh lebih kecil daripada wakaf dengan jenis harta lainnya.

2. Pokok wakaf dalam bentuk uang bisa berperan untuk sumber pembiayaan dalam pembangunan aset Negara.

Sedangkan manfaat dari wakaf uang bisa digunakan guna mendanai kebutuhan pendanaan sosial masyarakat secara luas.

3. Wakaf dalam bentuk uang memberi peluang dalam mendorong sektor keuangan syariah menjadi lebih kuat dan maju.

D. Manfaat Wakaf Uang

Nah, akhirnya kita sampai pada pembahasan tentang manfaat wakaf uang. Ternyata manfaat #sahabatrumi berwakaf ditunjukan kepada beberapa sector, yaitu;

1. Memperkuat perbankan syariah

Wakaf uang dilakukan dengan bank yang berbasis syari’ah sehingga penyaluran dana wakaf uang dalam kegiatan perbankan syariah meliputi 3 hal, yaitu;

  • Berdasarkan akad wadiah uang wakaf diberikan kepada
    Bank,
  • Uang wakaf ditempatkan pada deposito atau tabungan mudharabah,
  • Adanya pembiayaan atas proyek yang dikelola bank.

Sehingga semakin banyak orang yang memberi wakaf dalam bentuk uang, maka akan semakin banyak pula pengguna layanan yang berbasis syariah tersebut.

Dengan demikian, kedudukan perbankan yang berbasis syariah dalam tingkatan perekonomian nasional akan semakin kuat dan kokok.

2. Mengembangkan produk keuangan syariah

Dana uang wakaf atau wakaf tunai yang dikelola oleh nadzir bisa digunakan untuk investasikan untuk produk keuangan yang berbasis syariah.

Seperti deposito mudharabah, musyarakah, dan sukuk. Sehingga dapat dikatakan bahwa wakif telah turut memberi kontribusinya dalam meningkatkan penggunaan produk keuangan yang berbasis syariah.

3. Memberi dukung terlaksananya orogram-program sosial

Nadzir atau pengelola uang wakaf atau wakaf tunai bisa juga melakukan penyaluran atas dana wakaf tersebut untuk biaya pembangunan masjid, fasilitas kesehatan gratis, lembaga perlindungan kaum dhuafa, dan sebagainya.

Hal demikian itu adalah bentuk manfaat dari uang wakaf yang diwakafkan untuk kepentingan dan kesejahteraan sosial dalam kurung waktu jangka panjang.

4. Menunaikan wakaf dengan nominal yang lebih kecil

Jika banyak orang yang melakukan wakaf dengan tanah dan bangunan, lalu tidak sedikit pula mereka yang tidak memiliki keduanya akan mengalami kesulitan dalam berwakaf.

Sehingga dapat dikatakan bahwa wakaf dalam bentuk uang adalah solusi untuk mereka. Sebab wakaf dalam bentuk uang tetap bisa dilakukan walaupun hanya mempunyai asset yang sedikit.

Karena wakaf dalam bentuk uang juga merupakan wakaf yang dilakukan dengan nominal yang lebih kecil dari wakaf dalam bentuk jenis harta lainnya.

5. Investasi Akhirat

Ini dia, manfaat wakaf yang merupakan sesuatu yang sangat didambakan olehn semua pemberi wakaf yaitu manfaat yang berbicara tentang akhirat.

Ketahuilah bahwa pada dasarnya, wakaf dalam segala jenis dan khususnya wakaf dalam bentuk uang ini tidaklah mengurangi harta, bahkan harta yang dimiliki tidak akan berkurang sepeserpun.

Justru uang yang diwakafkan tersebut akan menjadi investasi atau tabungan di akhirat kelak. Apalagi jika dikelola dengan amanat, maka wakaf uang tersebut akan menjadi pahala yang terus mengalir.

Iya, pahala jariyyah, pahala yang akan terus mengalir bahkan setelah meninggal dunia dan itulah bekal akhirat kelak.

Demikian pembahasan dan pemaparan kami mengenai tata cara melakukan wakaf dalam bentuk uang, skema pengelolaannya serta keunggulan dari wakaf uang itu sendiri.

Dan yang paling penting ialah manfaat dari wakaf dalam bentuk uang tersebut.

Semoga artikel ini dapat memberi manfaat untuk #sahabatrumi.

Donasi



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?