Ayo Qurban Online di Hari Raya Bersama Rumah Infaq!!!

Rumahinfaq.or.id – Jika Idhul Fitri dilaksanakan sebagai penanda berakhirnya kewajiban puasa Ramadhan, maka sunah yang dianjurkan pada hari Idhul Adha ialah berqurban. Berqurban sekarang bisa dilakukan dengan beragam cara, salah satunya yaitu qurban online.

Qurban online adalah salah satu pemanfaatan terhadap perkembangan tekhnologi. Dalam berqurban online ini, seseorang yang hendak melakukan qurban tidak lagi harus bersusahpayah untuk melalui proses qurbannya.

qurban online
qurban online

Proses qurban ialah dari memberi hewan qurban langsung kepada penjualnya, dan menyerahkannya kepada panitian qurban dan beberapa hal lainnya. Proses-proses tersebut dapat dipersingkat ketika melakukan qurban secara online.

Singkatnya, qurban online adalah suatu wadah yang disediakan oleh suatu yayasan yang berbasis online yang berisi tentang penawaran melakukan qurban. Dalam hal ini, yang melakukan semua proses qurban adalah yayasan yang menawarkan qurban online.

Qurban online selain lebih praktis karena sang pemiliki qurban hanya menyerahkan dana sejumlah harga hewan qurban yang hendak diqurbannyakannya sedangkan yang melakukan semua prosesnya adalah yayasan yang bersangkutan, dan juga lebih mencapai target qurban itu sendiri.

Tentu saja, karena yayasan yang menyadakan qurban online akan memberikan pilihan daerah yang benar-benar tepat untuk pendistribusian hewan qurbannya.

Baca juga: Daftar Harga Kambing Qurban Idhul Adha 2022 dari Rumah Infaq

Salah satu yayasan qurba online terpecaya di Tambun, Bekasi yang menyediakan wadah untuk pelaksanaan qurban online adalah Yayasan Rumah Infaq. Untuk mendukung gerakan qurban ini, Yayasan Rumah Infaq menjalin kerjasama dengan beberapa platform lembaga lain.

Di antara lembaga yang menjadi berhasil menjadi wadah perantara Yayasan Rumah Infaq menyebarkan campaignnya tentang qurban online adalah benihbaik.com dan amalsholeh.com Untuk lebih jelasnya, #sahabatrumi dapat langsung mengunjungi link berikut;

  1. https://m.benihbaik.com/campaign/qurban-rumah-infaq
  2. https://www.amalsholeh.com/tebar-qurban-pedalaman#fundraiser

Sedangkan untuk Yayasan Rumah Infaq sendiri telah menyebarkan ajakan qurban onlinenya lewat media sosialnya, website atau bisa langsung mendatangi kantor pusat rumah infaq yang terletak di Metland Tambun, Bekasi.

Tapi yang menjadi pertanyaanya sekarang adalah apa itu qurban dan bagaimana hukumnya ???

A. Pengertian Qurban

Qurban atau yang lebih dikenal dengan kurban merupkan kata serapan dari bahasa Arab dalam kata yang sama yaitu “(قربان)” yang memiliki arti dekat. Qurban dalam Islam juga dikenal dengan istilah al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah.

Al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah diartikan sebagai binatang sembelihan, seperti unta, sapi, kerbau, dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan 3 hari tasyriq, yaitu 11-13 Dzul Hijjah.

Penyembelihan hewan-hewan tersebut adalah bentuk taqarrub atau bentuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

B. Dalil Disyari’atkannya Qurban

Qurban tidak hanya sekedar suatu kebiasaan yang dilakukan ketika hari raya Idhul Adha, melainkan adalah syari’at yang sudah diperintahkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala kepada hamba-Nya.

Hal itu terbukti dari firman Allah dalam al-Quran surah al-Kautsar ayat 1-3 dan ayat ke-36 surah al-Hajj.

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ)١ (فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ )٢ (اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ ࣖ )٣(

“Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus.”

وَالْبُدْنَ جَعَلْنٰهَا لَكُمْ مِّنْ شَعَاۤىِٕرِ اللّٰهِ لَكُمْ فِيْهَا خَيْرٌۖ فَاذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلَيْهَا صَوَاۤفَّۚ

“Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagai syiar Allah. Kamu banyak memperoleh kebaikan dari padanya, maka sebutlah nama Allah ketika kamu menyembelihnya.”

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda;

“Barangsiapa yang memiliki kelapangan (rezeki) dan tidak berqurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami.”

Baca juga: Bagaimana Hukum Shalat Jum’at bagi Wanita?

C. Hukum Berqurban

Sebagai salah satu ibadah dalam islam, qurban memiliki hukum sunnah muakkadah atau sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Tapi, dalam hal kemampuan, qurban sama dengan sedekah yaitu kelebihan dari harta yang dimilikinya.

Sehingga, bagi orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan qurban, tapi dia meninggalkan sunnah tersebut, maka orang tersebut dihukumi dengan makruh. Demikian itu didasari oleh sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Rasulullah shallallahu ‘alahi wa salam melakukan qurban dengan dua kambing kibasy yang sama-sama berwarna putih kehitam-hitaman dan bertanduk. Beliau sendiri yang menyembelih kurban tersebut, dan membacakan nama Allah serta bertakbir ketika memotongnya.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Ummu Salamah radhiyyallahu ‘anhaa, Rasulullah bersabda;

“Dan jika kalian telah melihat hilal (tanggal) masuknya bulan Dzul Hijjah, dan salah seorang di antara kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia membiarkan rambut dan kukunya.”

Hukum qurban terdapat pada kalimat ” ingin berkorban”. Kalimat tersebut menunjukkan bahwa qurban buka ibadah yang diwajibkan tapi ibadah uang disunnahkan. Hal ini juga ditunjukkan dengan tindakan yang diambil oleh Abu Bakar dan Umar.

Keduanya belum pernah melakukan qurban untuk keluarga mereka berdua, sebab keduanya takut jika perihal qurban menjadi dan dianggap wajib oleh orang-orang yang mengikuti mereka.

Nah, udah taukan apa itu qurban dan bagaimana hukumnya!

So, jangan lupa untuk berqurban bersama Yayasan Rumah Infaq, ya #sahabatrumi.

Donasi



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?