Berinfaq untuk Mewujudkan Program Amal Rumah Infaq

Rumahinfaq.or.id – Dalam pengabdiannya untuk umat tentunya Yayasan Rumah Infaq memiliki beberapa program amal. Diharapkan dengan adanya program amal Rumah Infaq, semakin menambah semangat Yayasan Rumah Infaq untuk menyebar kebaikan.

Yayasan yang bergerak dalam penghimpunan dan penyaluran dana sosial seperti infaq ini terus mencetuskan program amal Rumah Infaq yang berusaha menggapai daerah yang tertinggal dan perdalaman.

Program amal rumah infaq
Program amal rumah infaq

Iya, berdirinya Yayan Rumah Infaq tersebut didasari dengan keprihatinan foundernya akan daerah yang masih belum terjangkau oleh bantuan pemerintah, daerah yang masih minim akan tekhnologi.

Semangat itulah yang menggerakan Ustadz Yusman Dawolo untuk mendirikan Yayasan Rumah Infaq dan menjadi pembinanya, yang sekarang sudah memiliki kantor pusat di Metland Tambun dengan beragam program amalnya.

Rumah infaq tidaknya mengumpulkan dan menyalurkan dana sosial seperti infaq saja sebagaimana namanya, tapi juga dana zakat, shodaqoh dan wakaf.

Seperti kata huruf A dalam budaya Rumah Infaq AKHIRAT, aitu amanah maka laporan keuangan Rumah Infaq akan dilakukan secara transparan kepada para donaturnya.

Sehingga donatur yang sudah mendonaturkan sebagian hartanya tahu untuk apa saja dana-dana tersebut digunakan dan kemana saja dana tersebut disalurkan oleh pihak Yayasan Rumah Infaq.

Untuk mengenal apa saja program amal Rumah Infaq, maka berikut ini pemaparannya.

Program Amal Rumah Infaq

Sahaat RUMI, Rumah infaq secara garis besar memiliki 3 program, yaitu;

Program Pertama

Sahabat RUMI, Rumah Infaq memiliki cita-cita untuk membangun 1000 masjid, yang masjid-masjid tersebut tersebar dan menyebar di seluruh daerah Indonesia, terutama daerah terpencil dan perdalam.

Pembangunan masjid ini sudah dilakukan oleh Yayasan Rumah Infaq di beberapa daerah seperti Nias, Flores, Aceh, Maluku, Maluku Tengah, Mentawi, Sumatra Utara dan Kab. Bogor.

Sehingga secara keseluruhan , Yayasan Rumah Infaq sudah membangun 12 Masjid di daerah-daerah yang sudah disebutkan tadi. Adapun lebih detailnya, berikut ini adalah daftar masjid-masjid yang sudah dibangun;

1. Masjid Al Furqan Nias (Gunung Sitoli Nias)
2. Masjid Jou Umar (desa lewopulo , Flores)
3. Masjid Al Falaq (Funa Kec. Witihama , Seram bagian Timur )
4. Masjid Quba (Desa Pangwa, Kec. Pringgading, Pidie Jaya Aceh )
5. Masjid Muallaf Al Hidayah Lolozasai (Desa Mbozihona Kab.Nias)
6. Masjid Ponpes Al-Anshor (Desa Liang Kec. Salahutu Kab. Maluku Tengah)
7. Masjid Al Ansor (desa Dak , Kec. Witihama Kab. Seram bag. Timur – Maluku)
8. Masjid AL- Huffadz (Pulau siberut – Mentawai)
9. Masjid AL-Ikhlas (Kp. Cibereum Kec. Sukamakmur – Kab.Bogor )
10. Mushola AL – Hikmah (Desa mbozihona, Kab. Nias)
11. Masjid Baitul Makmur (Karo, Sumatera Utara)
12. Masjid Al-Muhajirin (Desa Lele, Pulau Buru – Maluku)

Dan sekarang, Yayasan Rumah Infaq sedang dalam proses atau tahap penyelesai dari pembanguna masjid Jami’ul Jama’ah, masjid yang merupakan akibat dari goncangan gempa bumi yang menimpa Lombok di tahun 2018.

Masjid tersebut terletak di daerah Kab. Lombok Utara atau lebih tepatnya, masjid yang tinggal 30 % berada di tahap penyelesain tersebut akan berdiri di atas tahan yang terletak di desa Pemenang Barat, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara Lombok, NTB

Program Kedua

Yayasan Rumah Infaq menjadikan Beasiswa sebagai bagian dari program yayasannya. Program beasiswa Rumah Infaq terperuntukkan golongan yatim, mualaf dan kaum dhuafa.

Tentunya ke-3 golongan tersebut merukapan penerima beasiswa yang berasal dari keluarga yang tinggal diperdalaman dan tepencil. Karena daerah itulah yang menjadi target utama Yayasan Rumah Infaq.

Untuk saat ini, program itu sudah diterima oleh kebanyakan anak-anak dari daerah perdalam dan terpencil Nias, daerah yang merupakan minioritas Islamnya.

Program Ketiga

Program terakhir yang dimiliki oleh Yayasan Rumah Infaq ialah pemberdayaan ekonomi yang dikhususkan untuk kaum mualaf atau mereka yang dilembutkan hatinya untuk menyucapkan 2 kalimat syahadat.

Program Amal Rumah Infaq Lainnya

Selain ke-3 program utama itu, Yayan Rumah Infaq juga memiliki program lain, program yang dapat ditemukan di beranda website resmi Rumah Infaq.

Apa saja itu?

1. Program bantuan untuk bencana alam, ya Rumah Infaq akan bergerak dalam membantu korban bencana alam yang sedang terjadi pada saat itu dengan mengumpulkan dana donasi dari para donaturnya.

Seperti yang sedang terjadi sekarang, yaitu bencana alam Gunung Semeru.

1. Program untuk membangunan asrama santri penghafal al-Quran untuk Yatim dan Dhuafa, yang sekarang berdirilah Ponfok Tahfidz Gaza Indonesia di Bogor.

2. 200 paket lebaran untuk penghafal al-Quran

Ada beberapa program amal Rumah Infaq yang khusus dilalakukan ketika bulan suci Ramadhan, yaitu

1. Program 1.000 paket Ramadhan yang dikhsusukan untuk anak Muslim Palestina
2. Program 1.000 paket lebaran untuk anak Yatim
3. Program 1.000 paket lebaran untuk marbot masjid
4. Tebar Qurban untuk Yatim, Dhuafa dan Mualaf perdalaman

Tidak hanya itu, sekarang Rumah Infaq sedang menggemakan program amal Rumah Infaq di media sosial instagramnya @RumahInfaq. Program-program tersebut adallah sebagai berikut;

1. Program beasiswa untuk remaja masjid
2. Program Markaz huffadz
3. Pekat sembako yang diperuntukkan bagi masyakat yang membutuhknya, program ini menarget untuk setiap paket sembokanya bersekitaran harga Rp. 102.500,- per paket. Program ini sebenarmya menggantikan program sembako untuk masyarakat yang terdampak pandemic Covid-19.
4. Program paket beras yang diperuntukkan bagi masyarakat perdalaman
5. Program penggalian sumur bor yang diperuntukkan bagi masyarakat perdalaman
6. Program terakhirnya masih berkaitan dengan pembangunan Masjid Jami’ul Jama’ah Lombok yang sedang dalam masa tahap penyelesaian.

Untuk mencapai target dari program-programnya tersebut, Yayan Rumah Infaq menyiarkan hastag #infaq10.000 yang dianjurkan untuk dilakukan di setiap hari Jum’at. Dan terbukti hastag tersebut menarik perhatian masyarakat.

Karena jumlah infaq yang disiarkan oleh Rumah Infaq untuk program amal Rumah Infaqnya, termasuk nominal yang dapat dijangkau oleh setiap individu yang ingin berinfaq atas sebagian harta yang dimilikinya.

Tidak mau ketinggalan, masyarakat atau individu yang ingin menyinfaqkan harta bukan dalam bentuk uang, maka mereka akan memberikan dalam bentuk makanan untuk para penghafal al-Quran yang berada di Markaz Hufadz.

Biasanya itu terjadi di hari-hari puasa sunah, yaitu senin dan kamis. Selain 2 hari tersebut, munfiq juga menjadikan hari Jum’at yang penuh berkah sebagai hari mereka untuk menyambut ajakan hastag #infaq10.000,- dan infaq Jum’ah berkah dari Rumah Infaq.

So, sahabat RUMI, jika ingin berinfaq di Rumah Infaq, kamu bisa menggunakan 3 cara, yaitu;

1. Mengunjungi langsung website resmi Rumah Infaq
2. Menggunakan transfer bank yang tersebar di akun sosial media instagram rumah infaq atau akan sosial media lainnya
3. Melalui scan QRIS yang disediakan oleh Yayasan Rumah Infaq atau yang berada di masji-masjid yang sudah pernah bekerjasama dengan Rumah Infaq dalam bidang Fundraising.

Demikianlah pemaran kami mengenai program amal Rumah Infaq. Semoga artikel ini bermanfaat.

Donasi



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?