Darurat! Erupsi Gunung Semeru Awan Gelap Tutupi Daerah Sekitar dan Warga Harus Mengungsi

Aktivitas vulkanik Gunung Semeru Dusun Poncosumo, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro kembali mengalami peningkatan. Hal itu ditandai dengan terjadinya guguran panas awan panas sejak pukul 15.20 WIB, Sabtu (4/12/2021).

Sebagaimana dilansir dari siaran pers BNPB, gugur awan panas atau getaran banjir lahar tercatat mulai pukul 14.47 WIB dengan amplitudo maksimal 20 milimeter. Cacatan tersebut didapat pengamatan yang dilakukan di Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Semeru, di Pos Gunung Sawur.

Darurat! Erupsi Gunung Semeru Awan Gelap Tutupi Daerah Sekitar dan Warga Harus Mengungsi
Darurat! Erupsi Gunung Semeru Awan Gelap Tutupi Daerah Sekitar dan Warga Harus Mengungsi

Tepat pada pukul 15.10 WIB, PPGA Pos Gunung Sawur kemudian melaporkan visual abu vulkanik dari guguran awan panas yang beraroma belerang dan teramati dengan sangat jelas mengarah ke wilayah Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Guguran lavar pijar tersebut sebagaimana yang diamati dari Catatan yang dihimpun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memiliki jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah.

Pada Rabu (8/12/2021) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang melaporkan jumlah korban meninggal dunia mencapai 34 orang dan 16 orang yang masih dalam masa pencarian.

Sedangkan korban yang mengalami luka yang diakibatkan oleh aliran awan panas ada sebanyka 69 orang dan korban yang meninggal dapat bertambah dari korban yang mengalami luka bakar serisu tersebut. Begitulah yang disampaikan oleh Joko Sambang melalui pesan tertulis pada Rabu (8/12/2021).

Selain korban jiwa, BPBD juga mencatat sebanyak 31 unit fasilitas umum yang rusak termasuk Jembatan Gladak Perak. Tidak hanya itu, ada 3.021 ekor ternak warga yang juga ikut terkena dampak dari aliran awan panas Gunung Semeru, yang terdiri sapi potong sebanyak 764 ekor, kambing atau domba sebanyak 684 ekor, dan unggas sebanyak 1.578 ekor.

Mengamati keadaan saudara-saudara kita di Kabupaten Lumajang dan Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro, Jaw Timur yang benar-benar memerlukan bantuan. Maka kami mengajak sahabat Rumah Infaq untuk mendonasikan sebagian hartanya guna menolong korban bencana awan panas Gunung Semeru, Jawa Timur. Berapa saja sumbangan sahabat akan benar-benar berarti bagi warga korban bencana awan panas Gunung Semeru, Jawa Timur.

Jatah sumbangan akan diprioritaskan pada poin-poin ini, tetapi penyalurannya akan menyesuaikan keperluan yang urgent di lokasi musibah, sesuai dengan hasil informasi di lapangan.

Yuk, kita sama-sama bantu saudara kita dengan cara berdonasi untuk meringankan beban warga NTT yang terdampak banjir, dengan cara:

1. klik tombol Donasi sekarang
2. Pilih atau ketik nominal donasi
3. Klik tombol Continue
4. Pilih metode pembayaran (Bank)
5. Lalu ikuti langkah selanjutnya

Jangan lupa bantu juga sebarkan informasi galang dana ini agar semakin banyak orang yang berdonasi. Segera donasi sekarang untuk bantu warga korban bencana awan panas Gunung Semeru, Jawa Timur.

Call Center: 021-2213 7777 | 08 111 96 1234
Instagram: @rumahinfaq

Bantu share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan bantuan yang terkumpul.

    Tidak ada update baru belum

Belum ada kontributor
Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?