Cara Infaq Online untuk Bersihkan Harta Agar Menjadi Berkah dan Melimpah

Rumahinfaq.or.id – Semakin canggihnya tekhnologi juga diikuti oleh semakin maraknya segala hal yang bernama online, begitu pula dengan infaq. Infaq sekarang tidak harus mendatangi suatu lembaga tertentu, cukup hanya dengan mengetahui cara infaq online yang benar, anda sudah bisa berinfaq.

Terobasan yang dipilih oleh beberapa lembaga untuk memperkenalkan infaq melalu media sosial online ini mendapat sambutan hangat di tengah Masyarakat. Terbukti dengan hadirnya aplikasi yang siap menerima dan menyalurkan infaq online.

Cara infaq online
Cara infaq online

Tidak hanya aplikasi yang mereka pilih untuk memperkenalkan infaq kepada masyarakat, tapi ada juga beberapa lembaga sosial lainnya yang menggunakan website resmi mereka untuk menggaungkan infaq online tersebut secara online.

Salah satu lembaga yang menyediakan aplikasi dan website resmi yang akan menerima dan menyalurkan infaq online adalah dompet dhuafa. Infaq atau sedekah online dompet dhuafa, insyaAllah menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk infaq online.

Walau demikian, tidak sedikit orang yang masih mengalami kesulitan untuk mengakses aplikasi atau website resmi infaq online tersebut. Maka dari itu, perlunya untuk mengetahui cara infaq online yang benar agar terhindar dari modus penipuan.

Sebab, tidak sedikit sindikat yang memanfaatkan ketidaktahuan dan kesulitan masyarakat tersebut untuk melakukan penipuan yang mengatasnamankan infaq online yang dikeluarkan oleh beberapa lembaga melalui website atau aplikasi resmi mereka.

Baca juga: Penjelasan Paling Lengkap Tentang Perbedaan Infaq dan Sedekah Dalam Islam

Untuk menghindari kemungkinan tersebut, tidaklah salah jika mempelajari cara infaq online sebelum mengeluarkan infaq secara online. Karena amal tanpa ilmu sama saja bohong namanya.

Tips Berinfaq dengan Aplikasi Infaq Online

Kami akan membagikan beberapa tips yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pemahaman infak online sebelum beinfak dengan aplikasi atau website resmi infak online yang disediakan oleh beberapa lembaga sosial;

• Mengenal aplikasi infaq online dari lembaga yang diinginkan sebelum mendownload aplikasinya di App Store atau Google Play Store,
• Download aplikasi yang diiinginkan,
• Masuk ke aplikasi infaq online,
• Memamahami dan menyepakati ketentuan-ketentuan yang diberikan oleh aplikasi yang dipilih,
• Mempelajari penghimpunan dana yang ditawarkan oleh aplikasi. Perlu diperhatikan apakah dana tersebut atas nama lembaga atau pribadi,
• Mempelajari cara penyerahan dana yang ditawarkan oleh aplikasi yang sudah didownload.
• Mempelajari dan mengenal tujuan penyaluran dana yang diinfaqkan,
• Selamat berinfaq!!!

Cara infaq online dengan website dan aplikasi infak online sedikit ada perbedaan. Berikut ini cara jika menggunakan website resmi lembaga sosial yang disediakan, yaitu;

1. Calon danotur masuk ke website resmi yang disediakan oleh lembaga yang dipilih.
2. Setelah masuk ke halaman website resmi, calon danotur bagian donasi yang disediakan.
3. Memilih tujuan penyaluran dana infaq online.
4. Melakukan pembayaran secara online atau offline.
5. Selesai, anda sudah berinfaq secara online melalui website resmi yang disediakan oleh lembaga yang telah anda pilih untuk mengeluarkan infak anda.

Baca juga: Keutamaan Infaq Subuh Langsung Mendapatkan Doa Mustajab Oleh Dua Malaikat

Aplikasi Pembayaran Infaq Online

Berbicara tentang aplikasi infak online, maka ada beberapa aplikasi yang dipercaya oleh masyarakat untuk menerima dan menyalurkan infak yang dikeluarkan oleh munfiq.

Salah satu aplikasi yang berada di top list yang menerima dan menyalurkan infak secara online dan paling utama dipilih dan digemari oleh banyak masyarakat adalah fitur pembayaran infak online go-pay yang disediakan oleh aplikasi Gojek.

Go-pay menerima dan siap menyalurkan dana zakat, infak dan sedekah online terutama di bulan Ramadhan. Tapi, perlu diingatkan untuk memastika saldo Go-paynya sebelum beirnfaq melalui QR code yang disediakan oleh lembaga yang dipilih.

Data tersebut disampaikan oleh Muhammad Arifin Purwakananta selaku Direktur Utama Baznas sebagaimana tertulis di artikel resmi CNN Indonesia.com. tidak hanya infak saja yang ada dalam ranah Go-pay, melainkan juga zakat, sedekah dan wakaf.

Beliau juga menuturkan bahwa fitur Go-pay yang merupakan salah satu fitur dari Gojek telah melakukan kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) pada tahun 2018 untuk menggala dana donasi digital.

Dan pada saat ini, kode QR Go-pay sudah digunakan oleh sekitar 300 lembaga amal zakat dan yayasan sosial lainnya yang menerima dan menyalurkan infak online.

Ternyata tidak hanya Baznas yang menjalin kerjasama dengan Go-pay. Go-pay juga berkerjasama dengan Lazismu (lembaga zakat, infak, sedekah Muhammadiyah), yang sudah kita ketahui bahwa Lazismu memiliki 500 cabang yang tersebar di Indonesia.

Direktur Utama Lazismu Hilman Latief menyebut bahwa kerjasama antara Lazismu dan Go-pay memberi kemudahan kepada Masyarakat. Selain itu, kerjasama ini memberi efek transparant untuk Lazismu.

Baca juga: Ini Dia Penjelasan Paling Lengkap Tentang Prioritas Utama Urutan Penerima Infaq

Pernyataan Hilmi Latief tersebut juga didukung oleh Direktur Utama Baznas Muhammad Arifin Purwakananta. Sebab, data pengelolaan infak online lembaga Baznas juga lebih transparant ketika melakukan kerjasama dengan Go-pay.

Go-pay adalah salah satu cara infak online yang sudah terjamin keamanan dan keprofesionalismenya dalam menerima dan menyalurkan dana infak secara tepat dan akurat.

Sehingga para munfiq bisa mengetahui laporan dana infak secara transparan dan terbuka. Infak online yang ditawarkan Go-pay memberi kepercayaan kepada lembaga sosial seperti Baznas dan Lazismu untuk melakukan kerjasan dengan mereka.

Tapi, seiring berjalannya waktu, semakin banyak aplikasi yang memberi kemudahan untuk menerima dan menyalurkan dana infak online terutama pada proses pembayarannya.

Seperti sekarang telah hadir Dana, LinkAja, Ovo dan beberapa aplikasi lainnya yang berbasis online. Ada pun yang masih berbasis manual, bisa menggunakan Bank transfer atau Kartu kredit.

Sistem yang ditawarkan oleh Go-pay, Dana, LinkAja, Ovo dan yang lainnya adalah sistem pembayaran infak online yang dalam bentuk QR code. Bentuk sistem yang mempermudah infak online yang semakin hari semakin marak.

Terbukti, infak online yang ditawarkan ini lebih memudahkan dan memberi kenyamanan tersendiri untuk kita yang sudah membaur dengan hal-hal yang bersifat online.

Dengan adanya metode pembayaran yang memudahkan infak, tidak ada lagi menjadi alasan untuk tidak berlomba dalam infak online, bukan?

Aplikasi Lembaga Infaq Online

Jika sebelumnya kita sudah menbahas kerjasama antara alat pembayaran infak online Go-pay dengan lembaga sosial Baznas dan Lazismu. Maka kita kita akan sedikit memperkenalkan beberapa lembaga sosial yang memiliki aplikasi dan website resmi.

Berikut beberapa aplikasi dan website resmi yang dibentuk oleh lembaga sosial untuk menerima dan menyalurkan infak secara online, yaitu:

1. Dompet Dhuafa
2. Badan Zakat Nasional (Baznas)
3. Rumah Zakat
4. Kitabisa
5. Sedekah Online
6. DT Peduli
7. Cermati.com
8. Beramalajariyyah.org
9. Rumah Infaq

Selain lembaga sosial di atas, ada beberapa aplikasi seperti Gojek yang menyediakan Go-pay untuk metode pembayaran infak online yang memberi kemudahan dalam infak.

Tapi, fitur dari beberapa aplikasi ini bukan untuk membayar, tapi untuk menerima dan menyalurkan infak onlie, yaitu;

1. Bukalapak dengan fitur BukaZakat
2. Tokopedia dengan fitur Tokopedia salam
3. Gojek dengan fitur Gogive

Demikianlah pemaparan kami untuk tata cara infaq online yang baik dan benar, sehingga bisa menghindari kemungkinan dimanfaatkan oleh sindikat penipuan selain dari memberi kemudaha kepada masayarakat pada umumnya.

Infak online, tentu menjadi trend di tengah masyarakat yang semakin marak dengan segala hal yang berkaitan dengan media sosial online. mari gunakan media sosial online ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan benar,

Mari kita pilih aplikasi dan website resmi dalam memenuhi infak dalam penerimaan dan penyaluran infak yang tepat dan akurat. Serta pengelolaan dana infaknya bisa kita ketahui karena sifatnya yang transparant.

Semoga cara infaq online bermanfaat dan dapat digunakan oleh anda dalam berinfaq online atau menyalurkan dana sosial lainnya.

Wallahu ‘Alam

Donasi



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?