Cara Sedekah Subuh Secara Online Dari Rumah Bersama Yayasan Rumah Infaq

Rumahinfaq.or.id – Walau semua waktu baik untuk bersedekah, tapi mayoritas ulama berpendapat bahwa waktu terbaik bersedekah ialah waktu subuh atau setelah solat subuh, sebelum terbitnya matahari. Bukankah itu terlalu kepagian? Masih gelap. Gimana tuh cara sedekah subuhnya?

Cara sedekah subuh
Cara sedekah subuh

Tenang saja! kita sudah merangkup beberapa cara sedekah subuh, berikut penjelasannya’

Cara Sedekah Subuh Menurut Ahmad Mudzaki

Ahmad Mudzaki telah membagikan beberapa cara sedekah subuh dalam bukunya “Sapu Jagat Keberuntungan (2018)”. Apa saja tuh? Yuk, kita simak penjelasan berikut;

Dari segi pandang Ahmad cara sedakah subuh yang pertama ialah dengan cara mengisi kotak amal yang ada di masjid setelah salat Subuh berjemaah, sebelum terbit matahari.

Jika, para lelaki bisa langsung memasukan uangnya ke dalam kotak amal yang sudah disediakan oleh masjid. Maka, para perempuan bisa melakukan sedekah subuh dengan cara menitipkannya lewat suaminya atau pun anak laki-lakinya yang akan melaksanakan solat di masjid.

Ahmad menuliskan cara sedakah subuh yang kedua dalam buku “Sapu Jagat Keberuntungan (2018)”, yaitu; mengirimkan sedekah kita via transfer.

Maksud dari cara via transfer ialah kita mentransfer uang dari rekening kita ke rekening mereka yang membutuhkan, baik itu orang-orang terdekat kita maupun orang lain yang kita kenal. Sperti orang tua. Saudara, sahabat dan teman-teman kita.

Selain itu kita juga bisa melalui lembaga sosial yang bergerak dalam bidang amal sosial, seperti Rumah Infaq yaitu lembaga yang siap menyalurkan dana sedekah subuh kita. Salah satu bentuk penyalurannya ialah ke program tahfidz di Markadz Huffaz.

Bukankah kita hanya melakukan transfer? Itu tidak sulit bukan? Apalagi sekarang sudah serba online. Jadi tidak ada lagi yang beralasan masih kepagian, masih gelap, apalagi yang namanya masih ngantuk, atau mager (malas gerak).

Jika setelah adanya cara sedakah subuh yang kedua itu pun masih ada celah untuk kita memprotes, maka Ahmad kembali menguraikan cara ketiga yang bisa kita lakukan untuk bersedekah sebelum terbitnya matahari, setelah solat subuh.

Dalam lingkungan keseharian kita, kita pasti punya yang namanya tetangga, bukan?

Nah, cara sedekah subuh yang ketiga yang dituliskan oleh Ahmad ini berkaitan dengan tetangga yaitu memberi makanan atau sembako ke tetangga. Karena mereka adalah orang terdekat kita setelah keluarga.

Tidak hanya sebatas tetangga saja, kita juga bisa memberi makanan ke panti asuhan, pondok pesantren, dan lain-lain. Dan semua itu bisa kita lakukan dengan cara mengirimkannya secara langsung.

Bukankah cara sedakah subuh yang ketiga ini, jauh lebih mudah dan menyenangkan?

Menurut Ahmad, cara sedekah subuh masih ada satu lagi, bisa dikatakan ini adalah cara keempat yang ia kemukan dalam bukunya “Sapu Jagat Keberuntungan (2018)”, yaitu mengantarkan donasi atau bantuan kepada mereka yang membutuhkannya.

Nah, itulah keempat cara sedekah subuh yang dituliskan Ahmad Mudzaki dalam buku yang ia mulai di terbitkan pada tahun 2018 dengan judul “Sapu Jagat Keberuntungan”.

Ternyata Ahmad tidak hanya mengeluarkan pendapatnya tentang cara sedekah subuh saja, masih di buku yang sama, Ahmad juga berpendapat jarak waktu antara setelah solat subuh dan sebelum terbitnya matahari itu kurang lebih satu jam.

Maksudnya, jika kita sedekah subuh antara waktu itu, maka kita akan memperoleh keutamaan-keutamaannya, yaitu Allah memerintahkan kepada malaikat turun hanya untuk mendoakan orang-orang yang melakukan sedekah di waktu subuh.

Bukan berarti sedekah selain waktu itu dilarang, melainkan waktu mustajabnya akan terlewati. Sehingga dalam kurung waktu itu dianjurkan untuk menyegerakan sedekahnya. Dan setelah itu, kita sebaiknya tidak langsung tidur tapi, melakukan kebaikan-kebaikan lainnya

Cara Sedekah Subuh Menurut syekh Ali Jaber

Begitulah paparan cara shodaqoh subuh menurut Ahmad, lalu bagaimana menurut yang lain. Dalam hal ini, Syekh Ali Jaber mengemukakan bagaimana cara agar kita tetap bisa bersedekah di waktu subuh, waktu yang sangat mustajab menurut kebanyakan ulama.

Syekh Ali Jaber berkata “ Tak diharuskan mencari anak yatim atau orang yang tak mampu untuk menjadi orang yang kita sedekahkan setelah solat subuh, cukup membuat kotak amal dari kaleng atau botol”.

“Dan isilah kotak setelah selesai solat, sebelum kita melakukan aktifitas sehari-hari. Dianjurkan ketika kita memasukkan sedekahnya disertai dengan doa atau permintaan”, demikian tuturnya yang dilansir di laman Baznas NTB.

Beliau juga membagi rahasia bahwa sedekah di waktu subuh adalah resep dari semua amalannya.

Pendapat Lain dari Cara Sedekah Subuh

Namun, muncul lagi pertanyaan, bagaimana cara kita bersedekah subuh terutama di masa pandemi ini? kan, kita boleh keluar rumah!

Sebenarnya, kita tidak usah bingung lagi soal itu. Sebab, sekarang teknologi sudah sangat membantu. Kita tidak harus ke bank untuk mentransfer, cukup kita gunakan pembayaran online yang tersedia dari beragam aplikasi yang ditawarkan oleh kecagihan teknologi sekarang.

Dan soal cara sedekah subuh dengan mengirimkan makanan atau sembako ke pondok pesantren, panti asuhan dan lain-lain, tidak harus dibikin pusing. Karena sekaranng 90.85% dari kita sudah menggunakan adroid yang juga menyediakan berbagai jenis aplikasi untuk jasa pengiriman. Seperti; Gojek, Grab, dan lain-lain.

Bukankan kita semakin dimudahkan? Dan kenapa tidak kita memanfaatkan semua kemudahan yang sudah tersedia sebagai salah satu cara kita melakukan sedekah subuh?

Rupanya cara shodaqoh subuh itu bermacam-macam, tidak hanya berupa memberikan uang saja, tapi juga bisa dengan memberikan makanan kepada mereka yang membutuhkannya. Misalnya, membagikan makanan ketika dalam perjalan pulang dari masjid kepada pengamen, pengemis dan lain-lain.

Menjenguk saudara atau orang yang kita kenal yang sedang sakit, bisa juga menjadi salah satu cara sedekah subuh yang bisa kita ambil, sebab bisa jadi pada saat kita menjenguknya kita membantunya dengan meringankan beban keluarganya atau biaya pengobatannya.

Waktu subuh, bukannya tidak mugkin. Sebab, kesibukan kita dengan kehidupan kita yang begitu padat akan sangat sulit menemukan waktu untuk menjenguk mereka yang sakit. Bukankah akan lebih sempurna jika kita mengawali hari dengan sedekah di waktu subuh dengan cara ini?

Karena jenis-jenis sedekah itu banyak, tidak hanya berupa materi tapi no-materi juga bisa. Maka, zikir sambil menunggu waktu dhuha di masjid juga termasuk cara shodaqoh subuh. Bukankah itu juga mudah? Sebab Rasulullah telah bersabda bahwa zikir itu adalah sedekah.

Tidak hanya itu saja, senyum kepada suadara sesama juga termasuk sedekah bukan.? Nah, karena adanya keadaan yaitu kurang dalam hal harta, bukankah kita juga bisa menjadikan senyum sebagai salah satu dari cara sedekah subuh kita.

Baca juga: Ini Dia Penjelasan Paling Lengkap Tentang Keutamaan Sedekah Subuh Setiap Hari

Dalam artian, kita bisa menemukan beragam cara shodaqoh subuh, selama itu dalam hal kebaikan dan tidak melanggar aturan syariat, dan yang pasti masih dalam waktu mustajab yang telah sepakati oleh mayoritas ulama, yaitu setelah solah subuh, sebelum matahari terbit.

Dan yang ngak kalah penting ialah motivasi dari melakukan itu. Apa sih motivasinya? Bukankah karena kemustajaban waktu subuh saja?

Eits, tenyata tidak hanya itu keutamaan-keutamaan dari sedekah subuh. Ada keutamaan-keutamaan lainnya dari sedekah subuh. Tapi pembahasannya akan ada di bagian selanjutnya ya!

Setelah cara shodaqoh subuhnya dipaparkan dengan jelas, sekaranglah waktu kita untuk mengamalkannya. Ayo, gencarkan sedekah anda dan kita dengan cara sedekah subuh!!

Donasi



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?