Daftar Harga Kambing Qurban Idhul Adha 2022 dari Rumah Infaq

Rumahinfaq.or.id – Yayasan Rumah Infaq juga menyediakan harga hewan qurban 2022 juga. Oleh karena itu, mengetahui harga kambing qurban 2022 ini sangat perlu. Apalagi kambing juga merupakan salah satu hewan yang dapat digunakan dalam qurban di Indonesia.

Selain itu ada juga sapi atau kerbau yang sudah kita bahas sebelumnya. Dengan mengetahui harga hewan-hewan qurban 2022 ini agar kita memiliki kesiapan ketika hendak melakukan qurban di tahun ini.

Harga hewan qurban 2022
Harga hewan qurban 2022

Sedangkan hari raya Idhul Adha sendiri jatuh pada hari Sabtu, 9 Juli 2022 yang bertepatan dengan tanggal 10 Dzul Hijjah 1444.

Nah, mari #sahabatrumi persiapkan qurban terbaikmu!!

Qurban bisa dengan kambing atau sapi, loh!

Nilai qurbannya sama saja, yang paling penting itu niat qurbannya, ya #sahabatrumi!

Seperti daftar sapi qurban 2022, Yayasan Rumah Infaq juga membagi daftar harga kambing qurban 2022 ini menjadi 3 tipe, yaitu
1. Kambing qurban tipe A = Rp. 2.650.000,-
2. Kambing qurban tipe B = Rp. 3.150.000,-
3. Kambing qurban tipe C = Rp. 4.750.000,-

Jika melihat daftar harga di atas, sudah pasti daftar harga tersebut jauh dari daftar harga sapi kemarin, bukan?

Dengan demikian, sudah dipastikan bahwa qurban dengan menggunakan kambing sebagai hewan qurbannya, maka tidak dapat dilakukan secara patungan ya, #sahabatrumi alias satu kambing atas nama satu orang saja.

Baca juga: Tebar Qurban untuk Dhuafa, Yatim dan Mualaf Pedalaman

A. Dalil Disyari’atkan Qurban

Qurban dalam istilah ilmu fikih juga dikenal dengan istilah Udhhiyah. Sehingga dalam menjelaskan pengertian ini dari kitab Al-Jaami’ Liu Ahkaamil Quran, Imam al-Qurtubi mendefinisikan istilah udhhiyah secara bahasa;

“Kambing yang disembelih pada waktu dhahwah (waktu dhuha).”

Makna udhhiyyah menurut Imam Ibnu Abdiin secara syara’ yang dijelaskan dalam kitab Hasyiah Ibnu Abdiin;

“Hewan yang disembelih dengan tujuan bertaqarrub kepada Allah subhanahu wa ta’ala di hari Nahr dengan syarat-syarat tertentu.”

Kedua makna itu juga merujuk kepada perintah qurban yang sudah ditetapkan dalama surah Al-Kautsar ayat 1-3.

Hukum qurban juga terdapat juga terdapat dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda:

“Saya diperintah untuk menyembelih qurban dan qurban itu sunnah bagi kamu.”

Selain dalil di atas, ada beberapa dalil lainnya yang membicarakan tentang perintah disyari’atkannya qurban dalam Islam. Sebagaimana dilansir dalam buku ‘Fiqih Qurban Perspektif Madzhab Syaafi’iy’ karya Muhammad Ajib, Lc., MA, berikut ini beberapa dalil tersebut;

1. Hadits Muslim

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, dikatakan bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam menyembelih 2 ekor kambing kibash yang bertanduk.

Beliau menyembelihnya dengan tangan beliau sambil menyebut nama Allah dan bertakbir, serta meletakkan kaki beliau di atas pangkal lehernya.

2. Hadits Imam Ahmad dan Imam al-Hakim

Rasulullah bersabda dalam sebuah dihadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Imam al-Hakim;

“Tiga perkata yang bagiku hukumnya fardhu tapi bagi kalian hukumnya tathawwu’ (sunnah), yaitu sholat witir, menyembelih udhiyah dan sholat dhuha.”

3. Hadits Imam Ahmad, Ibnu Majah dan Imam al-Hakim

Hadits shahih yang dishahihkan oleh Ibnu Majah dan al-hakim, diriwayatkan dari Abu Hurairah Dalil oleh Imam Ahmad, Ibnu Majah dan Imam al-Hakim, Rasulullah berkata;

“Siapa yang memiliki kelapangan tapi tidak menyembelih qurban, janganlah mendekati tempat sholat kami.”

Baca juga: Adakah Kewajiban Shalat Jum’at bagi Musafir?

4. Hadits Imam at-Tirmidzi dan Imam Ibnu Majah

Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi dan Imam Ibnu Majah dari Aisyah radhiyyalhu anhaa;

“Tidaklah seorang anak Adam melakukan pekerjaan yang paling dicintai Allah pada hari nahr kecuali mengalirkan darah (menyembelih hewan qurban). Hewan itu nanti pada hari kiamat akan datang dengan tanduk, rambut dan bulunya. Dan pahala qurban yang menetes pada suatu tempat sebelum menetes ke tanah.

Maka hiasilah dirimu dengan ibadah qurban.”

B. Syarat Kambing Qurban

Secara umum, hewan yang akan digunakan dalam qurban harus memenuhi syarat yanga sudah kita bahas sebelumnya. Dalam kita bulugh marom, ada sebuah hadits yang ditulis oleh Ibnu Hajar, yaitu;

وَعَنِ اَلْبَرَاءِ بنِ عَازِبٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَامَ فِينَا رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – فَقَالَ: – “أَرْبَعٌ لَا تَجُوزُ فِي اَلضَّحَايَا: اَلْعَوْرَاءُ اَلْبَيِّنُ عَوَرُهَا, وَالْمَرِيضَةُ اَلْبَيِّنُ مَرَضُهَا, وَالْعَرْجَاءُ اَلْبَيِّنُ ظَلْعُهَا وَالْكَسِيرَةُ اَلَّتِي لَا تُنْقِي” – رَوَاهُ اَلْخَمْسَة ُ . وَصَحَّحَهُ اَلتِّرْمِذِيُّ, وَابْنُ حِبَّان َ

Dari Al Bara’ bin ‘Azib RA berkata, Rasulullah SAW pernah berdiri di tengah-tengah kami dan berkata, “Ada empat cacat yang tidak dibolehkan pada hewan kurban: buta sebelah dan jelas sekali kebutaannya, sakit dan tampak jelas sakitnya, pincang dan tampak jelas pincangnya, sangat kurus sampai-sampai tidak punya sumsum tulang.”

Qurban akan dianggap tidak sah jika sesuai dengan ciri-ciri di atas. Atau bisa dikatakan, jika terdapat salah satu cirinya saja, maka qurban yang dilakukan dianggap tidak sah

Sebab hewan qurban haruslah hewan yang benar-benar sehat dan bugar, besar, gemuk, banyak dagingnya, dan memiliki fisik yang sempurna.

Hal demikian dikarenakan hewan yang akan diqurbankan adalah sebagai bentuk dari pendekatan atau bertaqarrub kepada Allah subhanahu wa ta’ala.

Masa’ mau pendekatan dengan sesuatu yang cacat?

Emang, kamu juga mau gitu ada yang PDKT dengan yang cacat-catat gitu???

Nah, begitu juga dalam berqurban!! Apalagi ini PDKT nya sama yang Maha Memiliki Segalanya, loh!!

Oleh karena itu #sahabatrumi, mari kita PDKT nya dengan hewan yang paling sempurna yang bisa kita siapkan, baik itu kambing atau sapi/kerbau atau bisa juga dengan onta dari Negeri Padang Pasir itu.

Selain syarat umum di atas, jika berqurban menggunakan kambing, maka harus memperhatikan umur kambing, ya!

Terus umur berapa kambing bisa digunakan untuk berqurban?

Sebagaimana yang disyari’atkan dalam Islam, kambing yang dapat digunakan untuk berqurban ialah kambing yang sudah berumur antara 12-18 bulan. Umur ini juga berlaku untuk domba.

Demikianlah pemaparan kami mengenai kambing qurban serta daftar harga kambing qurban 2022nya.

Semoga bermanfaat ya, #sahabatrumi

Donasi



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?