Doa Sedekah Subuh Langsung Dikabulkan Karena Tidak Ada Penghalang

Rumahinfaq.or.id – Masih ingat dengan manfaat kedua dari sedekah subuh. Iyah, cepatnya terkabulnya doa. Lalu apa hubungannya doa dengan manfaa sedekah subuh yang kita telah bahas. Apakah ada doa untuk sedekah subub sendiri. Sebelum kita lanjut, sebaiknya kita mengenal apa itu doa ?

Pengertian doa

Doa ialah inti ibada. Itulah yang disabdakan oleh Rasulullah Sallahu Alaihi Wassalam yang telah diberitakan oleh at-Tirmidzi No.2969. Ialah yang dilakukan dengan maksud hanya semata-mata karena Allah.

doa sedekah subuh
doa sedekah subuh

Dalam buku doa-doa pilihan karya KH. Akmadi Isa, dikatakan bahwasanya doa berasal dari kata ad-dua’a yang berarti pemohonan dan permintaan.

Sedangkan menurut istilah ialah yang dimana seorang hamba menyerahkan dirinya kepada Allah dalam memohon harapannya dan meminta untuk dihindarkan dari apa yang tidak disukainya.

Dan dalam al-Quran, ada beberapa makna doa itu sendiri, yaitu doa itu ibadah dalam surah Yunus ayat 106 dan al-Kahfi ayat 14. Dalam surah al-Baqarah dikatakan sebagai bentuk permintaan akan pertolongan istighatsah yang tercantum di ayat ke 23.

Adapun berarti panggilan tercantum dalam surah al-Isrya ayat 110 dan ali Imran ayat 61. Dan dalam ayat 10 surah Yunus dan al-A’raf ayat 5 disebut sebagai bentuk perkataan. Sedangkan dalam surah Fathir ayat 18 berarti ath-Thalab atau permintaan dan permintaan secara umum dalam ayat 69 surah al-Baqarah.

Ada makna yang unik dari doa dalam al-quran yang lebih tepatnya dalam ayat 5 surah Nuh, yaitu al-Hats-tsu ‘alasya-syai’I atau motivasi untuk mengerjakan sesuatu. Selain itu, masih ada 203 arti yang beragam dari doa dalam al-Quran.

Tujuan Berdoa

Ada beberapa tujuan dari berdoa, yaitu sebagai berikut;

 Doa untuk memohon agar hidup selalu dalam bimbingan Ilahi Rabb Allah.
 Doa yang dilakukan guna memohon untuk keselamatan dunia akhirat
 Berdoa untuk meminta perlindungan Allah dari godaan dan muslihat setan.
 Berdoa sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wa Taa’ala

Keutamaan Doa dalam Ajaran Islam

Dalam doa ada beberapa keistimewahan, sehingga doa bisa dikatakan sebagai inti dari sebuah ibadah. Apa saja keutamaan-keutamaan itu?

Mari kita simaka keutamaan-keutamaan doa yang dismapaikan oleh Syekh Kholid Al-Husainan yang dirangkum dalam kitabnya dengan judul Aktsaru min Alfi Da’wah f al-Yaumi wa al-Laili. Yaitu sebagai berikut;

Ialah bentuk ketaatan dan penghambaan seseorang kepada Rabbnya Allah Subhanahu Wa Ta’ala, ini merupakan keutamaan pertama dari doa sebagaimana tercantum dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud, No. 1481.

Adapun doa sebagai perantara untuk menghalau musibah sebelum terjadi merupakan bentuk keutamaan yang kedua dari doa. Atau sebagai sebab dari musibaha itu terangkat, jika sudah terjadi. Hal ini telah dicantumkan oleh at-Tirmidzi, No.2139.

Ketiga, hasil dari setelah melakukan doa ialah sudah aman di sisi Allah. Dengan arti bahwa setiap doa yang dipanjatkan tidak akan bernilai sia-sia. Ada yang dikabulkan segera, ada yang simpan sebagai investasi di akhirat ataupun doa itu sebagai penghalau dari keburukan.

Keutamaan ketiga ini telah direkam oleh Iman Ahmad dalam haditsnya No.11149 dalam kitab Maktabah Syamilah. Sedangkan keempat doa ialah sebagai bentuk guna menmperoleh pertolongan dari Allah dari hal-hal yang tidak diharapkan terjadi.

Doa merupakan asas keimanan seseorang ketika ia meminta kepad Allah adalah keutamaan kelima doa yang tertulis di halaman 5-6 dalam buku Aktsaru min Alfi Da’wah f al-Yaumi wa al-Laili.

Adapun keutamaan keenam doa ialan sebagai tanda ketunduka seseorang, dengan artian jika sesorang harus menyerahkan segala hal yang ia minta kepada ketetapan Allah akan buah dari doanya.

Dan yang menjadi keutamaan ketujuh menurut Syekh Kholid al-Husainan ialah ia pengakuan diri seseorang akan kemampuannya dan keterbatasannya di hadapan Allah. Hingga ia gantungkan seluruh takdir hidupnya kepada Allah.

Inilah bentuk dari keutamaan doa sebagai permintaan akan terhalau dari kemukaran Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Selain tujuh keutamaan yang telah dikemukan oleh Syekh Kholid di atas, ada juga yang menfatakan bahwasanya doa memiliki keutamaan sebagai metode terbaik untuk mendapatkan kedamaian.

Hal ini disebabkan oleh adanya kepercayaan akan terkabulnya doa kita karena Allah sudah menjamin hal itu seperti yang dikalamkan-Nya dalam ayat ke 60 surah Ghafir.

Ternyata Allah telah menjanjikan hal tersebut tidak hanya seklai saja melaikan juga dalam Surat Al Baqarah ayat 186.

Waktu untuk Berdoa

Dari sekian banyak waktu yang mustajab atau waktu terbaik terkabulnya doa. Ada salah waktu yang menurut mayoritas ulama sebagai waktu terbaik untuk melakukan segala kebaikan. Begitupun untuk berdoa, ialah waktu subuh.

Lalu, apa itu waktu subuh serta apa yang menjadikan waktu subuh sehigga disepakati sebagai waktu terbaik untuk melakukan kabaikan-kebaikan. Termasuk kedalamnya berdoa dan bersedekah.

Mari kita simak penjelasan berikut;

Waktu Subuh

Waktu subuh ialah permulaan waktu untuk suatu hari. Ahmad Mudzaki menyatakan bahwa waktu subuh ia setelah solat subuh, sebelum terbitnya matahari.

Dalam buku “Sapu Jagat Keberuntungan (2018)” Ahmad Mudzaki kembali menegaskan bahwa waktu subuh ialah kurang lebih satu jam setelah melaksanakan solat subuh, sebelum terbitnya matahari.

Dalam hal ini, Rasulullah bersabda dalam hadits Abu Daud Tirmidzi dan Ibnu Majah untuk memberkati mereka yang terbangun untuk memulai harinya dalam waktu subuh dan tidak tidur lagi.

Keutamaan Waktu Subuh

Dalam hal ini kami www.rumahinfaq.or.id akan menyampaikan dua keutamaan dari waktu subuh yang berkiatan dengan pembahsan kita sekarang, yaitu;

Pertama, waktu terkabulnya doa. Hal ini disebabkan oleh adanya salah satu berita yang kabarkan oleh Rasulullah dalam hadits Syarh Shahih Muslim 6;36 bahwasanya pada waktu itu ‘banyak permintaan yang dikabulkan dan diberikan’.

Dan keutamaan yang kedua ialah disebutkan dalam surah al-Isra ayat 78, yaitu bagi mereka yang menjalankan solat subah akan mendapatkan keistimewahan berupa di doakan oleh banyak malaikat.

Mengapa demikian?

Hal itu dikarenakan pada waktu itu para malaikat malam berkumpul untuk melaporkan langsung kepada Allah apa saja yang telah dikerjakan oleh hamba-Nya di waktu itu serta mendoakan kebaikan bagi mereka yang menjalankan solat subuh.

Bagaimana halnya jika diwaktu subuh kita berdoa dan setelahnya kita melakukan sedekah subuh? Apakah ada doa sedekah subuh.

Untuk lebioh jelasnya mari kita sama-sama memahami penjelasan berikut;

Doa Sedekah Subuh

Dalam hal ini, kita tidak menemukan refensi yang tepat untuk doa sedekah subuh. Tapi sebaiknya perbuatan baik ini yaitu berupa sedekah subuh menjadi salah satu saranan untuk mempercepat terkabulnya doa selain dari pada keutamaan waktu subuh itu sendiri.

Atau bisa dikatakan juga bahwa sebelum melakukan sedekah subuh, kita dianjurkan untuk berdoa sebelum melakukan sedekah subuh atau sedekah secara umumnya. Hal ini bertujuan agar apa yang kita lakukan diterima oleh Allah.

Ada doa yang bisa kita coba praktekkan sebelum melakukan sedekah subuh. Doa ini dapat ditemukan di potongan akhir ayat 127 surah al-Baqarah.

Mengenai hal ini Syekh Ali Jaber pernah menegaskan bahwa ‘waktu subub adalah waktu yang paling baik untuk bersedekah dan salah satu manfaat sedekah subuh ialah cepatnya terkabul permintaan atau hajat kita pada waktu itu.;

Dengan kata lain, bahwa doa sedekah subuh itu tergantung dari apa yang hendak yang diminta atau yang menjadi hajat seseorang atau pelaku dari sedekah subuh itu.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Syekh Ali Jaber bahwa kita dianjurkan untuk melakukan sedekah subuh dengan disertai satu hajat atau permintaan atau apa-apa yang menjadi doa kita

Sehingga, tanpa kita sadari bahwa sedekah subuh membantu cepatnya terkabul doa kita. Baik itu untuk urusan dunia maupun untuk perihala akhirat kita.

Dari pernyataan Syekh Ali Jaber di atas kita dapat menarik kesimpulan, bahwasanya dengan bersedekah subuh akan mempercepat terkabulnya doa. Jadi mari, kita tinggikan doa kita di waktu subuh sebab inilah waktu terbaik yang telah disepakati oleh mayoritas ulama.

Dan dikatakan juga bahwa setiap kegiatan yang dimulakan dengan doa akan diridhoi oleh Allah atas apa yang dilakukannya.

Oleh karena itu, panjatkan doamu dengan sungguh-sungguh dengan melakukan sedekah subuh. Sebab, dua amalan ini adalah bentuk kebaikan yang akan memberi keberkahan untuk memulai awal harimu.

Donasi



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?