Doa untuk Para Donatur Sedekah Agar Allah Ridho Kepada Keduanya

Rumahinfaq.or.id – Doa adalah cara yang paling sederhana yang dapat dilakukan oleh seseorang. Terutama dalam masalah sedekah, bagi penerima manfaat sedekah doa untuk donatur sedekah yang diterimanya adalah cara membalas kebaikan orang tersebut.

Tapi, tidak dapat dipungkiri bahwa doa juga harus dipanjatkan oleh pemberi sedekah, agar apa yang diberinya atas sebagian harta yang dimilikinya di terima amalnya dan memberi manfaat untuk penerimanya.

Doa untuk para donatur sedekah
Doa untuk para donatur sedekah

Oleh karena itu, doa untuk orang yang telah bersedekah juga diperlukan bahkan harus. Agar mendapatkan dan memiliki nilai ibadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam amalan sedekah yang dilakukan.

Doa ketika Bersedekah

Ketika seseorang memberikan sebagian dari harta yang dimilikinya kepada mereka yang jauh membutuhkannya adalan bentuk ketaatan dalam anjuran yang diserukan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam.

Harta yang telah diberikan tidak bermakna mengurangi atau harta tersebut dirasakan tidak dibutuhkan, melainkan tindakan tersebut adalah bentuk kesadaran diri akan tujuan dari harta yang diamanahkan kepadanya.

Kesadaran diri bahwa dalam harta tersebut ada hak mereka yang memhutuhkannya. Sehingga, tindakan tersebut dapat dikatakan juga sebagai bagian dari bentuk syukurnya kepada pemberi amanah Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Jika dilihat secara kasatmata, maka harta yang telah diberikan untuk sedekah akan berkurang, tapi pada kenyataanya harta itu tidaklah berkurang melainkan bertambah dan berkah.

وَآَتُوهُمْ مِنْ مَالِ اللَّهِ الَّذِي آَتَاكُم
……dan berilah mereka dari harta yang Allah titipkan kepada kalian

Tentu saja perintah ini ditunjuk kepada umat Islam secara keseluruhan, tapi diutamakan kepada mereka yang memiliki kelebihan atas harta yang dimilikinya.

Sebab, bagi mereka yang ada dalam memiliki tetapi juga memiliki tanggung jawab lain, maka diharuskan untuknya mendahulukan kewajibannya tersebut. Dalam contoh tanggungjawab menafkahi keluarganya.

Nah, ketika seseorang yang ingin memberikan sebagian hartanya untuk bersedekah, diharuskan untuk meniatkan semua itu karena Allah semata, yaitu ikhlas. Sebab, jika tidak maka amalan sedekah tersebut akan bernilai sia-sia.

Selain itu, dianjurkan untuk menyertainya dengan doa. Doa agar sedekah yang dikeluarkan tersebut diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan bernilai ibadah di sisi-Nya.

Lalu, apa lafadz doa yang dilafadzkan oleh mereka yang akan dan ketika bersedekah?

رَبَّنَاتَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ
Ya Allah, Engkau yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui segala urusan kami, terimalah amalan yang telah kami lakukan.

Amalan apapun kita lakukan, yang dalam hal ini sedekah pasti diharapkan untuk mendekatkan diri kepada Allah atau biasa disebut dengan bentuk taqarrub kepada Allah Subhanhu Wa Ta’ala.

Doa untuk Donatur Sedekah

Tidak hanya pemberi sedekah yang menyertai sedekah yang dilakukannya dengan doa, penerima sedekah juga ada doanya untuk donatur atas sedekah yang diterimanya. Doa ini adalah bentuk ‘Terima kasih’ mereka kepada donatur sedekah.

Ada sebuah doa yang dituliskan dalam kita Fathul Bari yang dianjurkan utnuk diucapkan ketika menerima sedekah atau bantuan orang lain. Doa tersebut didapatkan dari hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari.

Doa tersebut ialah;
بَارَكَ اللهُ لَكَ فِيْ أَهْلِكَ وَمَالِك

Semoga Allah memberi keberkahan kepada keluargamu dan atas harta yang kamu miliki.

Doa di atas, selain sebagai tanda terima kasih, juga dapat dikatakan sebagai sebauh balasan yang ikhlas dari penerima sedekah yang dilakukan, baik keberkahan dalam harta yang telah dikeluarkan dan juga keluarga pemberi sedekah.

Ada juga doa lain, doa ini adalah doa yang akan disampaikan oleh pihak Yayasan Rumah Infaq kepada Donatur yang sudah memberi infaq kepada Yayasan tersebut. berikut ini adalah lafadznya, yaitu;
ﺁﺟَﺮَﻙ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﻋْﻄَﻴْﺖَ، ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﺑْﻘَﻴْﺖَ ﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُ ﻟَﻚَ ﻃَﻬُﻮْﺭًﺍ

Semoga engkau mendapatkan pahala dari apa yang sudah engaku berikan dan memperoleh keberkahan atas harta yang engkau simpan dan menjadikan harta yang dikeluarkan tersebut sebagai pembersih untukmu dan harta yang engkau miliki

Ada 3 hal yang menjadi doa penerima sedekah atau bantuan dalam doa di atas untuk mereka yang menjadi donatur sedekah, yaitu;

1. Pahala

Tentu saja, dalam melakukan segala amal kebaikan seseorang mengharapakan pahala dari amalan yang dilakukannya selain berharap amalan tersebut diterima oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan bernilai amal ibadah di sisi-Nya.

Pahala yang selalu diharapkan oleh setiap pelaku amal kebaikan, yang dalam hal ini pelaku sedekah atau donatur sedekah yang telah mengeluarkan sedekah atas harta yang dimilikinya.

2. Keberkahan harta yang ditinggalkan

Sedekah tidaklah mengurangi harta yang dimiliki, tapi sejatinya menambah harta itu. Selain itu, keberkahan akan masuk dalam harta tersebut.

Harta yang dimaksud ialah harta yang ditinggalkan atau bagian yang tersisa dari harta yang sudah diinfaqkan. Keberkahan tidak semata semakin banyaknya harta atau tumbuh atau berkembangnya harta tersebut.

Tapi ini berbicara keberkahan ketika kamu merasa cukup dengan apa yang dimiliki. Juga dapat dikatakan keberkahna tersebut akan menjadikan dirimu untuk mendapatkan harta dengan cara yang benar dan sesuai syariat yang diajarkan dalam Islam.

Keberkahan juga bisa menyebar tidak hanya untuk harta saja, melainkan dimudahkannya untuk mendapatkan atau menghasilkan harta tersebut serta keluarga yang menikmatinya akan diselimuti dengan keberkahan dari harta yang sudah diinfaqkan.

Itulah sebabnya, banyak para sahabat dahulu yang berlomba untuk menyedekahkan harta mereka. Karena mereka tau keberkahan dalam bersedekah terhadap harta dan kehidupannya.

3. Harta yang dikeluarkan sebagai pembersih

Dikatakan juga bahwa harta yang disedekahkan akan menjadi pembersih untuk orang yang melakukannya. Dalam hal ini dapat dipahami 2 hal, yaitu; harta yang tersebut akan membersihkan pemiliki dari dosa kecil yang dilakukan sebelumnya.

Harta juga akan dibersihkan oleh harta yang sudah dikeluarkan untuk sedekah, maksudnya adalah dari sesuatu yang menjadikan harta tersebut tidak berkah. Mungkin dulu didapatkan dengan cara yang tidak baik dan benar sesuai dengan syariat.

Sehingga, setelah sebagian harta disedekahkan, harta tersebut akan membersihkan pelaku sedekah dari cara mendapatkan hartanya dengan cara yang salah menjadi mendapatkan hartanya dengan cara yang halal dan thoyyib.

Jadi, pembersih tersebut berarti membersihkan orangnya dalam cara mendapatkan hartanya dan harta dari didapatkan dengan cara yang salah menjadi sesuai dan baik dan benar yang sesuai dengan syariat.

Setelah dipaparkan sebagaimana penjelasan di atas dapat dipahami bahwa doa adalah sesuatu yang penting dalam suatu amalan, bagi pelakunya agar diterimanya amalan tersebut dan bagi penerima manfaatnya sebagai bentuk tanda terima kasihnya.

Demikianlah pemaparan kami mengenai doa ketika seseorang bersedekah dan doa untuk donatur sedekah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Donasi



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?