Donasi Online Bersama Yayasan Rumah Sedekah Metland Tambun Bekasi

Rumahinfaq.or.id – Lembaga yang terbentuk dan berdiri untuk menyelesaikan masalah zakat, infaq, shodaqoh dan wakaf sudah sangat beragam dan banyak di Indonesia, seperti halnya Rumah sedekah atau rumah infaq.

Seperti rumah zakat, Rumah sedekah juga berusaha untuk memberi solusi yang kerap ditemukan pada proses penghimpunan, pengelolaan dan penyaluran zakat, infaq, shodaqoh dan wakaf.

rumah sedekah
rumah sedekah

Sehingga sudah dipastikan bahwa lembaga ini juga memiliki sejarah yang melatarbelakangi berdiri dan terbentuknya, program-program yang disediakan dan lain halnya.

Sejarah Rumah Sedekah

Berdirinya Rumah sedekah tidak lepas dari semangat yang dimiliki oleh sebagian asatidz yang pada waktu itu membentuk sebuah program yang bergerak dalam penggalangan dana.

Kegiatan yang rutin dilakukan tiap bulannya itu guna membantu beberapa lembaga seperti lembaga pendidikan pesantren tahfidz, yatim dan dhuafa’. Dan kegiatan pengelolaan dana yang meliputi dana sedekah dan zakat.

Kegiatan tersebut terus berlanjut sehingga terbentuklah yayasan resmi di tahun 2014, lembaga khusus yang bergerak dalam pengumpulan dan penggalangan dana sedekah dan zakat.

Rumah sedekah memiliki hastag S2L (Sehari seribu atau lebih) dari infaq yang rutin dilakukan setiap bulannya. Penyebaran kotak juga ditempuh oleh Rumah sedekah dalam mengumpulkan dana.

Ternyata semangat para asatidz itu memiliki latarbelakang atas keprihatinan tentang kondisi sebagian masyarakat Muslim yang bertempat tinggal di sekitar daerah Bekasi.

Perjuangan para asatidz tersebut membawa hasil, terbukti sekarang Rumah sedekah sudah memiliki ratusan donatur yang siap menyisihkan sebagian hartanya untuk mereka yang berhak menerimanya.

Sekarang yayasan yang diberi nama dengan Yayasan Rumah Sedekah yang biasa disingkat dengan YRS sudah lebih banyak memberi manfaat untuk masyarakat.

Baca juga: Cara Galang Donasi Online Bersama Yayasan Rumah Infaq Amanah

Yayasan Rumah sedekah memiliki Fatkhur R R sebagai ketua yayasan dan Ust. Yahya, Sabardi dan chaerul Anwar yang duduk di kursi dewan Pembina YRS.

Seperti halnya lembaga lain, Rumah sedekah juga memiliki akta notaris atas nama Hargiyanto no 15 yang disahkan pada tanggal 27 november 2014. Tidak hanya itu, rumah sedekah juga memiliki Sk Menteri Hukum dan HAM.

AHU-0009833-50-80-2014— adalah Surat Keputusan Menteri Hukum & HAM yang dimiliki oleh rumah sedekah. Rumah sedekah juga memiliki rekening listrik kantor atas nama Yayasan Rumah shodaqoh , yaitu 86026706977.

Logo Rumah Sedekah

Visi Misi Rumah Sedekah

Yayasan Rumah shodaqoh memiliki visi dan misi dalam gerakannya, yaitu sebagai berikut;

Visi

Melakukan pengelolaan dana Sedekah Zakat & Wakaf supaya memiliki nilai barokah dengan tindakan yang bersifat amanah dan professional

Misi

  • Membentuk sistem manajeman kelembagaan yang bersifat amanah, profesional, dan Innovatif
  • Mengelola Zakat, Infaq dan Shodaqoh secara transparan dan tertib administrasi guna kesejahteraan umat dan membantu muzakki menjalankan ibadah sesuai dengan syariat Islam
  • Membentuk asset-asset ummat dalam beragam sector seperti sektor ekonomi, pendidikan dan dakwah.
  • Membantu dalam mewujudkan kaum dhuafa’ dan yatim menjadi muzakki secara bertahap agar dapat bangkit dari kemiskinan dan menjadi mandiri.

Brand Value Rumah Sedekah

Rumah shodaqoh juga memiliki 3 brand value yaitu amin, barokah dan insaniyah. Amin adalah bran value dalam menjalankan usaha yang dilakukan secara professional, transparan dan amanah.

Senantiasa dalam melakukan amalan untuk mendapatkan barokah ilahi dengan cara menyalurkan dana yang didapatkan dengan tepat, itulah makna brand value barokah.

Sedangkan untuk nilai brand insaniyah ialah memberi fasilitas dengan tulus dalam semua upaya yang berkaitan dengan kemanusiaan kepada umat Islam secara keseluruhan tanpa mengenal kelompok.

Budaya Kerja Rumah Sedekah

Menurut Drs. Gering Supriyadi, MM dan Drs. Tri Guno, budaya kerja ialah sebuah falsafah yang dilihat berdasarkan pandangan hidup sebagai bentuk dari nilai-nilai yang diubah menjadi sifat, kebiasaan dan bentuk dorongan.

Bentuk dorongan yang dimaksud dalam budaya kerja ialah suatu dorongan yang dibudayakan di sebuah kelompok dan akan menjadi cerminan dalam sikap dalam bentuk prilaku, cita-cita, pendapat, pandangan serta suatu tindakan.

Dan semua itu akan menjadi sebuah wujud yang bernama kerja. Budaya kerja juga memiliki tujuan dalam mengonversikan sikap dan perilaku yang ada pada sumber daya manusia (SDM).

Langkah tersebut dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja dalam menyambangi beragam tatangan yang akan datang di masa depannya. Hal inilah yang juga mendasari Rumah shodaqoh untuk memiliki budaya kerja.

Lalu, apa saja budaya kerja Rumah shodaqoh ?

Ada 5 budaya kerja yang dimiliki oleh Rumah Sedekah, yaitu;

1. Customer Satisfaction

Budaya kerja Rumah shodaqoh yang pertama ialah memberi kepuasan kepada pengguna jasanya, yaitu dengan cara memberikan perlayanan terbaiknya kepada muzakki dan memberi kepuasaan kepada mustahiq dengan membantunya.

2. Achievement Orientation

Rumah shodaqoh ingin mengerjakan pekerjaannya denagn baik dan melebihi standar prestasi yang sudah ditentukan serta menciptkan dan meraih keunggulan secara terus menerus.

3. Visionary

Rumah shodaqoh bekerja dengan kemampuannya dalam menentukan sasaran jangka panjang dan setiap perubahan yang terjadi di dalam lembaganya akan mudah diterima, sesuai dengan budaya kerjanya yang ketiga ini.

4. Integrity

Integritas yang dimiliki oleh Rumah shodaqoh merangkup sikap terbuka, jujur, adil dan disiplin yang dibentukkan dalam tindakan atau dengan perbuatan.

5. Teamwork = Kerjasama

Sebagai suatu lembaga tentunya Rumah shodaqoh harus mampu melakukan kerjasama yang terjadi di dalam institusi.

Program Rumah Sedekah

  1. Ramadhan Berbarokah
  2. Sawah berkah
  3. Peduli pendidikan
  4. Peduli kesehatan
  5. Peduli Yatim dan Dhuafa

Santunan kebutuhan hidup
Pendidikan anak fakir miskin
Pengembangan ekonomi fakir miskin
Pengembangan potensi

6. Peduli mandiri
• Bantuan wirausaha

7. Peduli lingkungan
• Air sehat
• Kampong sehat
• Masjid Net
• Masjidku merdu
• Kavling pembangunan rumah di syurga (KPRS)

Selain itu ada program yang dilakukan hanya 1 tahun sekali, yaitu program Ramadhan Berkah, yang meliputi;

1. Sedekah buka puasa (SERBUK)
2. Santunan lebaran anak yatim (SALAY)
3. Sedekah perlengkapan bagi pra sejahtera (SEPERPRA)
4. Sebar al-Quran

Hubunan Rumah Sedekah dengan Pesantren Darul Fitrah

Rumah shodaqoh memiliki hubungan dengan pesantren tahfidz dan IT Darul Fitrah yang terletak di desan Grajegan, Kec Tawangsari Kab Sukoharjo. Pesantren Darul Fitrah berdiri di bawah naungan Yayasan Al-Fithrah Sukoharjo.

Nah, sebaguan asatidz yang mencetus pergerakan penggalangan dana sampai terbentuknya Yayasan Rumah shodaqoh secara resmi pada tahun 2014 adalah asatidz yang mengajar di pesantren ini.

Hal demikianlah yang menyebabkan kedua lembaga ini menlakukan kerjasama secara resmi. Walau memiliki ikatan yang kuat, tapi kedua lembaga ini tidak saling menaungi tapi saling menguatkan.

Bisa dikatakan juga keduanya saling memberi bantuan tapi tetap memiliki manajemen yang berbeda. Sehingga sudah dipastikan bahwa Yayasan Rumah shodaqoh bukanlah bagian dari pesantren atau yayasan yang menaungi pesantren dan begitu juga sebaliknya.

Dikarenakan juga Yayasan Rumah shodaqoh lebih memfokuskan diri kepada penyaluran dana zakat dan infaq kepada mustahiq zakat dan mereka yang membutuhkannya serta lembaga pendidikan lainnya, termasuk juga pesantren Darul Fitrah.

Demikianlah pemaparan kami mengenai Rumah Sedekah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Donasi



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?