Indonesia Bantu Palestina Donasi Bersama Yayasan Rumah Infaq Amanah

Rumahinfaq.or.id – Perseteruan wilayah antara Israel dan Palestina terus berlanjut. Sering sekali sudah terjadi gencatan senjata tetapi akhirnya memanas kembali. Dan seringnya pihak Palestina lah yang banyak mengalami kerugian. Inilah yang memotifasi Indonesia bantu Palestina, apalagi Palestina – Indonesia sudah seperti saudara.

Indonesia Bantu Palestina
Indonesia Bantu Palestina

Perseteruan antara Israel dan Palestina sudah berlangsung sangat lama. Biasanya bila sudah mulai berdamai nanti jarak beberapa waktu memanas kembali. Bukan hanya saling pukul tetapi sampai saling mengangkat senjata. Dan saling meluncurkan serangannya.

Konflik ini terjadi karena salah satunya perbedaan agama dan keyakinan. Tapi di luar itu secara sederhananya terjadi karena antara negara Palestina dan negara Israel sama-sama ingin mendirikan negara masing-masing di dalam wilayah yang sama.

Kalau kita kembali ke sejarah sebenarnya konflik ini bermula sejak tahun 1900an awal. Wilayah tersebut merupakan kekuasaan Arab yaitu kekaisaran Ottoman waktu itu. Tetapi setelah perang dunia II usai, liga bangsa bangsa atau sekarang PBB memberi mandat Inggris untuk membantu mendirikan negara Yahudi di wilayah tersebut.

Akhirnya ribuan orang Yahudi pindah ke wilayah tersebut untuk menjadi negara Israel yang disebut gerakan Zionisme. Bagi orang Yahudi, Zionisme adalah suatu upaya untuk melarikan diri dari kekerasan dan perbudakan, atau pindah karena diusir paksa. Dan mereka mendirikan negara sendiri.

Negara tersebut diberi nama Israel yang menduduki wilayah yang dianggap sebagai wilayah leluhur mereka. Akhirnya di tahun 1947 PBB menyetujui wilayah itu dibagi menjadi dua yaitu Palestina dan Israel. Orang Yahudi di Israel dan orang Arab di Palestina.

Sedangkan Yerusalem yaitu kota suci baik pihak Arab dan Yahudi dianggap sebagai wilayah Internasional khusus. Tetapi hal ini tidak pernah terwujud, akibatnya perang di tahun 1948 terjadi dan dimenangkan oleh Israel.

Dan Israel pun menduduki wilayah sebagian wilayah Palestina. Akhirnya ribuan orang Palestina sampai diusir dan mengungsi. Konflik terjadi lagi di tahun 1967 yang mana militer Israel menduduki wilayah Palestina. Sampai sekarang ini konflik tersebut belum menemukan titik terang.

Sampai sekarang militer Israel menduduki wilayah Palestina bahkan di google maps pun wilayah tersebut sudah ditandai sebagai wilayah Israel. Terkadang militer Israel melakukan serangan di wilayah Palestina dengan membabi buta.

Orang Palestina yang berada di perbatasan khususnya Gaza juga bergerak sebagai Hamas dengan menyerang balik demi mempertahankan wilayahnya. Hal ini terjadi berulang terus-menerus. Yang mengakibatkan terjatuhnya korban jiwa sampai anak-anak dan wanitapun menjadi korban.

Terutama bagi negara Palestina lah yang paling banyak timbul kerugian. Banyak warganya yang berjatuhan gugur dalam peperangan. Banyak wanita dan anak-anak menjadi korban. Termasuk gedung-gedung dan bangunan hancur.

Karena dari segi alat perang Israel jauh lebih unggul bila dibanding Palestina. Israel menggunakan kekuatan militer penuh dengan persenjataan lengkap. Sedangkan pihak Palestina hanya para pembela dan pejuang dengan senjata yang seadanya.

Jasa Palestina Terhadap Indonesia

Lalu kenapa Indonesia bantu Palestina, apakah memiliki alasan yang kuat. Jawabannya karena Palestina dan Mesir lah yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia. Padahal negara lain belum bisa menerima kemerdekaan Indonesia. Tetapi Palestina dan Mesir menjadi yang pertama dengan tegas mengakui kemerdekaan Indonesia.

Bahkan saat tahun 1944 sebelum Indonesia merdeka saat kaisar Jepang menyatakan akan memberikan kemerdekaan Indonesia di lain waktu. Saat itu juga Palestina dan Mesir sudah mengakui kemerdekaan Indonesia.

Inilah jasa terbesar Palestina terhadap negara kita. Sudah sepentasnya bukan kita negara Indonesia bantu Palestina dalam konflik yang terjadi saat ini. Bahkan saat Padang terjadi gempa dahsyat beberapa tahun lalu Palestina termasuk negara pertama yang memberikan bantuannya.

Apalagi kalau dilihat dari segi kemanusiaan atau Hak Asasi Manusia apa yang dilakukan Israel sudah sangat melewati batas kemanusiaan. Mereka membabi buta melakukan penyerangan, pembunuhan, dll yang sangat keji.

Sudah saatnya Indonesia bantu Palestina untuk melakukan pergerakan nyata bukan hanya sekedar kecaman dan kutukan semata. Indonesia bantu Palestina bisa dengan mendesak OKI, PBB, dan organisasi lain yang diikuti Indonesia untuk segera membebaskan Palestina.

Dan agar seluruh negara di dunia segera mengakui kemerdekaan Palestina. Sehingga tidak terjadi konflik lagi. Sehingga baik dari pihak Palestina dan Israel bisa segera hidup damai berdampingan. Tidak terjadi lagi saling serang dan pembantaian.

Adapun dari kita sebagai warga negara bisa juga ikut andil membantu Palestina. Kita bisa ikut berdonasi menyalurkan bantuan. Kita bisa meringankan kesusahan mereka. Karena mereka juga saudara kita.

Baca juga: Program Yayasan Rumah infaq

Wujud Indonesia Bantu Palestina

Termasuk wujud nyata Indonesia bantu Palestina diantaranya yaitu :

  • Indonesia telah mendirikan masjid Istiqlal di Palestina yang letaknya berada di Khan Yunis, Gaza. Dibangun sejak Januari 2019 dan dikerjakan sampai sekarang. Dan akan diresmikan di tanggal 17 Agustus 2021 bertepatan kemerdekaan Indonesia. Ini wujud cinta kasih Indonesia Palestina. Dengan adanya masjid bisa untuk tempat beribadah dan pusat pendidikan serta kegiatan sosial lainnya.
  • Indonesia bantu Palestina dengan membangun Rumah Sakit Indonesia, ini juga wujud perhatian Indonesia terhadap rakyat Palestina. Mengingat tiap kali Israel menyerang Palestina pasti banyak korban berjatuhan. Ini sangatlah membantu sekali bagi warga di sana.
  • Termasuk Indonesi bantu Palestina dengan mendirikan Dapur Umum Indonesia yang mana sangat membantu bagi rakyat Palestina di pengungsian. Sehingga mereka tidak kelaparan atau kekurangan di tempat pengungsian.
  • Ada juga dana untuk anak-anak yatim di Palestina. Mengingat di sana pasti banyak anak yatim maupun yatim piyatu. Karena serangan kejam yang terus dilakukan Israel pasti banyak menimbulkan korban meninggal dunia dari pihak Palestina.
  • Termasuk banyak juga bantuan yang telah diberikan Indonesia pada Palestina. Baik berupa uang, barang, dll.

Meskipun telah banyak kita membantu Palestina, tetapi kita jangan sampai menyerah untuk terus membantu Palestina. Kita harus terus membantu bahkan meningkatkan bantuan kita untuk membantu saudara kita.

Karena negara Palestina sendiri telah berjasa untuk Indonesia. Selain itu kita sebagai negara yang berprinsip “Kemerdekaan itu ialah haq segala bangsa, maka oleh sebab itu penjajahan di atas dunia harus dihapuskan..”. Kita harus terus berjuang membebaskan semua bangsa yang terjajah.

Apalagi mayoritas negara kita adalah muslim yang tentunya prinsip orang muslim adalah membantu sesama saudara muslimnya baik di belahan dunia manapun. Makanya tidak ada alasan lagi kita tidak mau membantu Palestina.

Kita jangan sampai menyerah membantu saudara kita. Wujud bantuan kita bisa berupa apapun. Baik dukungan moril bisa melalui sosial media. Bisa kita membantu langsung berupa uang dengan menyalurkan ke rekening resmi.

Atau bisa juga bila diberi kesempatan langsung kesan baik berupa medis, dll. Itu juga merupakan wujud cinta kita terhadap saudara kita. Terutama untuk pemerintah kita bisa membantu dengan melakukan banyak diskusi dengan OKI, PBB, dan organisasi lain untuk memperjuangkan Palestina.

Kami dari Yayasan Rumah Infaq, menerima, menghimpun dan menyalurkan dana dari berbagai sumber. Kami memegang amanah yang sangat kuat agar hasil donasi bisa sampai kepada target sesuai tujuan.

Semua wujud bantuan kita pasti akan di balas yang lebih baik oleh Tuhan YME. Demikian tadi artikel tentan Indonesia bantu Palestina. Semoga Palestina bisa segera diberikan kebebasan dan kemerdekaan yang sejati, Aamiin.

Donasi Sekarang



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?