Ini Dia Penjelasan Paling Lengkap Tentang Keutamaan Sedekah Subuh Setiap Hari

Rumahinfaq.or.id – Dalam salah satu pengajiannya, syekh Ali Jaber menyampaikan keutamaan dari sedekah di waktu subuh yang telah disepakati oleh mayoritas ulama sebagai waktu terbaik untuk bersedekah, yaitu sedekah subuh.

Apa itu keutamaan sedekah subuh yang disampaikan Syekh Ali Jaber dalam video ceramahnya yang disebar luaskan oleh media sosial yang berasal dari postingan Daarut Tauhid Jakarta?

keutamaan sedekah subuh
keutamaan sedekah subuh

Sebelum menyampaikan keutamaan sedekah subuh beliau bertanya, “ kenapa sedekah subuh itu begitu dahsyat?”.

“Sebab di setiap waktu subuh, Allah memerintahkan malaikat turun untuk menjalankan satu tugas saja, yaitu mendoakan orang-orang yang bersedekah subuh.” Lanjut beliau menjawab sendiri pertanyaan yang beliau lontarkan sebelumnya.

Selanjutnya kami Yayasan Rumah Infaq akan membahas beberapa keutamaan sedekah subuh sebagaimana penjelasan berikut ini;

Keutamaan Sedekah Subuh ala Syekh Ali Jaber

Dalam cuplikan ceramahnya, Syekh Ali Jaber menyampaikan keutamaan lain sedekah subuh selain yang telah dibahas di atas. Berikut ini keutamaan sedekah subuh menurut Syekh Ali Jaber;

Menurut Syekh Ali Jaber keutamaan sedekah subuh ada tiga, yaitu menyembuhkan penyakit. Ini merupakan keutamaan yang pertama sedekah subuh yaitu dapat menyembukan penyakit yang sedang atau sudah lama diderita.

Tidak hanya untuk penyakit yang ada pada diri sendiri saja tapi juga untuk keluarga dan orang yang kita kenal dan sayangi.

Selain dari dapat menyembuhkan penyakit sebagai keutamaan sedekah subuh, mengabulkan hajat juga merupakan keutamaan yang kedua dari sedekah subuh yang dikeluarkan.

Doa yang kita panjatkan pada saat sholat subuh atau hajat yang yang kita miliki akan mudah terkabul dengan melakukan sedekah subuh setelah melaksanakan sholat subuh, sebelum terbitnya matahari. Karena waktu subuh telah disepakati kemustajabannya oleh mayoritas ulama.

Syekh Ali Jaber juga menyebutkan keutamaan sedekah subuh yang ketiga, yaitu memudahkan urusan. Kenapa bisa sedekah subuh dapat memudahkan urusan?

Bukankah waktu subuh yang menurut Ahmad Mudzaki dalam bukunya “Sapu Jagat Keberuntungan” ialah setelah sholat subuh dan sebelum terbitnya matahari memiliki jarak waktu kurang lebih satu jam.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sedekah subuh yang dilakukan pada waktu itu ialah permulaan dari aktifitas harian. Bagaimana tidak memperoleh keutamaan sedekah subuh yang ketiga, jika kita telah memulai hari dengan kebaikan berupa sedekah subuh.

Dalam ceramahnya juga Syekh Ali Jaber juga menyampaikan poin penting agar kita bisa meraih keutamaan-keutamaan sedekah subuh. Apa itu?

Poin penting yang diusulkan oleh penceramah asal Madinah yang memiliki mimpi untuk melahirkan 1 juta penghafal al-Quran di Indonesia ini ialah ketika kita melakukan sedekah subuh sebaiknya kita menfokuskan satu kali sedekah dengan satu hajat saja.

“Bukan karena Allah tidak bisa. Allah Maha Bisa mengabulkan hajat kita, tapi kita malu. Masa kita sedekah koin tapi permintaan banyak sekali sampai matahari terbit. Tolong sesuaikanlah!” Imbuhnya dengan nada tegas.

Syekh Ali Jaber menyampaikan sebuah cerita untuk melengkapi pemahaman tentang keutamaan sedekah subuh. Cerita yang mengisahkan sepasang suami istri yang belum memiliki keturunan setelah 17 tahun menikah. Beliau memberikan amalan ini kepada keduanya.

“Alhamdulillah enam bulan kemudian, saya dikabarkan bahwa istrinya positif hamil” Ceritanya mengenang. “Luar biasa dahsyatnya!!!” Lanjutnya dengan semangat.

Beliau juga mengungkapkan bahwasanya banyak jama’ahnya yang sudah mengikuti kegiatan rutin sedekah subuh dan membuktikan keutamaan sedekah subuh itu sendiri. Sedekah subuh dapat dilakukan guna dilapangkannya rezeki, dikaruniakan keturunan, dan sebagainya.

Keutamaan Sedekah Subuh menurut Ahmad Mudzaki

Kembali berbicara tentang buku “Sapu Jagat Keberuntungan” yang ditulis oleh Ahmad Mudzaki. Dalam buku cetakan tahun 2018, dituliskan keutamaan sedekah subuh.

Keutamaan sedekah subuh yang dimaksud dalam buku ini ada di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Dalam hadits ini diceritakan bahwa Allah menurunkan dua malaikat untuk mendoakan untuk orang-orang yang melakukan sedekah subuh.

Baca juga: Doa Malaikat Subuh Bagi yang Rutin Infaq dan Sedekah Setiap Hari

Salah satu malaikat berdoa agar orang-orang yang telah mengeluarkan hartanya untuk berinfaq untuk digantikan dengan yang lebih dan yang satunya lagi berdoa untuk kebinasaan bagi mereka yang enggan berinfaq.

Demikian makna dari hadits tersebut yang dijadikan oleh Ahmad Mudzaki dalam bukunya “Sapu Jagat Keberuntungan” sebagai dari kefadholan sedekah subuh.

Setelah kita membahas dua pendapat tentang kefadholan sedekah subuh di atas, maka kami Yayasan Rumah infaq akan memaparkan keutamaan-keutamaan lain dari dahsyatnya sedekah subuh;

Keutamaan-keutamaan Sedekah Subuh yang Lain

Taukah kamu jika kefadholan sedekah subuh bisa tertuju untuk diri kita, seperti menyucikan jiwa.

Yah, dengan sedekah terutama sedekah subuh , dosa-dosa kita akan dihapuskan. Tentu saja harus disertai dengan taubat akan dosa yang diperbuat dan melakukan kabaikan-kebaikan serta menghindari larangan-Nya.

Setelah dosa-dosa terhapus maka jiwa secara otomatis akan kembali kedalam keadaan sucinya (fitrahnya). Selain jiwa yang perlu disucikan, hati pun perlu untuk ditenangin. Maka, sedekah terutama sedekah subuh menjadi salah satu kunci untuk meraih keutamaan itu.

Bagaimana bisa sedekah memberi ketenangan pada hati?

Tentu saja bisa! Karena kita tidak tau, apakah di hari dimana kita melakukan sedekah subuh ada orang yang benar-benar membutuhkan sedekah yang kita keluarkan.

Dan sebagai balasannya kita memperoleh kefadholan sedekah subuh berupa hati yang tenang, senang karena di awal hari kita bisa berbagi bersama dengan mereka yang membutuhkan.

Selanjutnya, kefadholan sedekah subuh yang satu ini adalah bentuk rezeki yang tidak dapat dihitung dengan materi. Dengan sedekah yang kita lakukan di awal hari, para pelaku sedekah subuh memperoleh jaminan Allah berupa rasa aman dari marabahaya dan menolak bala.

Di salah satu hadits, Rasulullah menyampaikan bahwa sedekah dapat menutup 70 pintu kejahatan/keburukan. Hadits lain juga menyatakan bahwa sedekah juga akan menolak bala dan memanjangkan umur. Semua keutamaan sedekah ini juga termasuk dari kefadholan sedekah subuh.

Baca juga: Pengelolaan Infaq Zakat dan Sedekah Oleh Lembaga Terpercaya Yayasan Rumah Infaq

Dengan kata lain, hal itu juga berarti kita juga akan memperoleh kefadholan sedekah subuh yaitu keberkahan di hari sedekah subuh mengawalinya. Karena hari akan berkah ketika pintu-pintu keburukan tertutup dan segala bentuk bala tertolak dengan sedekah subuh yang dikeluarkan.

Selain dari jaminan di dunia, jaminan hari akhir yang merupakan kefadholan sedekah subuh juga akan diperoleh oleh para pelaku sedekah subuh.

Tidak sampai disitu saja, di alam kubur pun mereka yang bersedakah subuh akan mendapatkan jaminan Allah berupa terbebaskan dari siksa kubur. Pernyataan ini dipertegas oleh sabda Rasulullah Shallahu Alaihi Wassalam dalam hadits Thabrani.

Setelah jaminan yang diperoleh dari Allah akan sedekah subuh yang dilakukan, maka sudah saatnya kita membahas bagian dari harta yang telah dikeluarkan.

Apa sedekah subuh yang kita lakukan akan memberi dampak pada harta yang telah kita sedekahkan?

Tentu saja ada dampak yang begitu besar dari sedekah subuh yang telah dilakukan terhadap harta yang telah dikeluarkan. Harta yang telah dikeluarkan untuk sedekah tidak akan berkurang, akan tetapi harta itu akan digantikan dengan yang lebih baik dan berlipatganda oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Kefadholan sedekah subuh terakhir yang akan dibahas ialah berkaitan dengan akhir daripada hidup seseorang. Setelah murka Allah dapat dipandamkan dengan sedekah terutama sedekah subuh, dan beberapa keutamaan yang diperoleh dari sedekah subuh maka akan meperoleh kematian yang tenang dan damai.

Kita melakukan semua kebaikan terutama sedekah apalagi sedekah subuh hanya untuk memperoleh penutup catatan kehidupan yang baik, tenang, tentram, damai dan khusnul khotimah. Karena itulah harapan yang selalu didambakan.

Bagaimana?

Apa dengan paparan keutamaan sedekah subuh kembali memompa semangat kita untuk bersedekah terutama sedekah subuh. Waktu dimana sebagian mereka yang tidak memahami keutamaan-keutamaan yang akan diperoleh dari sedekah subuh disibukkan dengan dunia mereka.

Donasi



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?