Inilah Penjelasan Paling Lengkap Tentang Keutamaan dan Keberkahan Infaq Ramadhan

Rumahinfaq.or.id – Sebagaimana yang sudah dimaklumi bahwa infaq dapat dikeluarkan kapan saja. Jika biasanya kita mendengar istilah sedekah subuh atau sedekah jum’at, maka sekarang kita akan memperkenalkan infaq Ramadhan.

Infaq Ramadhan adalah infaq yang dikeluarkan ketika kita berada di bulan sucinya umat islam yaitu tak lain bulan Ramadhan. Bulan yang dikenal sebagai bulan terbaik dalam 12 bulan islam, bulan hijriyyah.

Infaq Ramadhan
Infaq Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana umat islam diwajibkan untuk berpuasa, puasa Ramadhan dan memperbanyak beramal sholeh. Salah satu diantaranya adalah infaq Ramadhan.

Infaq Ramadhan akan mendapatkan pahala yang lebih besar dari infaq yang sering kita keluarkan di bulan lainnya sebagaimana kemulian infaq atau sedekah yang dikeluarkan di hari jum’at.

Begitu pula bersedekah di bulan Ramadhan pahalanya seperti sedekah di hari jum’at, yaitu sedekah yang lebih baik dari sedekah pada bulan lainnya. Pernyataan demikian telah dikemukkan oleh Ibnul Qayyim dalam Zaadul Ma’aad (I/407).

Keutamaan-keutamaan Infaq Ramadhan

Berikut ini keutamaan-keutamaan yang akan didapatkan ketika seseorang mengeluarkan infaq Ramadhannya, yaitu;

1. Bertepatan dengan Bulan yang Mulia

Sebagaimana kita ketahui bahwa segala amal perbuatan baik di bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda, begitu pun dengan infaq Ramadhan. Sebab Allah telah menjanjikannya dalam ayat 18 surah al-Hadid.

Infaq adalah cara menunjukkan kasih sayang terhadap sesama yang diwujudkan dengan memberi atau berderma. Sehingga ketika dilakukan di bulan yang mulia yaitu Ramadhan akan mendapatkan keistimewaan bulan suci bagi umat islam tersebut.

Selain dari pada itu, keutamaan infaq Ramadhan akan mendatangkan kebaikan-kebaikan lainnya. Dikarenakan kita di bulan yang diwajibkan untuk menahan lapar dan haus tetap mau berbagi atas harta yang dimiliki kepada sesama atau orang lain.

Infaq Ramadhan juga bisa menjadi ajang ujian untuk kita, terutama tentang keikhlasan. Sebab, tidak jarang seseorang yang akan menahan dri dari memberi ketika juga berada dalam kondisi yang sedang menahan lapar dan haus.

Hal demikian telah diingatkan oleh Ibnu Qayyim bahwa infaq Ramadhan mendatang pahala yang lebih baik dari ketika berinfaq di bulan lainnya.

2. Mendapat Rahmat dari Allah

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dipenuhi dengan rahmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang besar. Allah menaungi hamba-Nya dengan rahmat-Nya ketika mereka mau mengundang rahmat tersebut dengan berbuat kebaikan.

Infaq Ramadhan adalah salah satu bentuk kebaikan yang bisa diperbanyak untuk dikerjakan di bulan yang suci lagi nan-mulia ini. Infaq juga adalah perwujudan dari kadih sayang antara sesama.

Demikian terjadi akan rahmat Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan mendatangi mereka yang membelanjakan sebagian hartanya dalam infaq ramadhan.

3. Sebab Masuk Surga

Tirmidzi meriwayatkan sebuah hadist yang berbicara tentang kamar yang akan di dapatkan oleh mereka yang memberi makan. Kamar tersebut dapat dilhat dari dalam bagian luarnya, bagian dalamnya dapat dilihat dari luarnya.

Kamar tersebut adalah rumah yang akan didapatkan di syurga yang diperuntukkan untuk mereka yang mengeluarkan sebagian hartanya dalam bentuk mmeberi makan kepada orang lain.

Jika di syurga sudah disediakan rumah, maka insya Allah mereka yang memberi makan orang lain juga akan menjadi sebab masuk syurga. Apalagi jika kita memberi makan untuk orang yang berbuka puasa dan diberikan dalam bulan suci Ramadhan.

Janji Allah berupa syurga tersebut juga telah Allah Subhanahu Wa Ta’ala sampaikan melalui lisan as-shidiq Rasulullah Shallallahu ‘Alahi Wassalam yang tercantum dalam hadits Bukhari no. 3666, Muslim no. 1027.

4. Menghapus Dosa

Ibadah puasa juga tidak bisa melepas seseorang dari yang namanya berbuat kesalahan dan tidak memiliki kekurangan. Sehingga demikian Allah menjadikan Ramadhan sebagai bulan pengampunan.

Allah juga menyediakan solusi untuk mendapatkan pengampunan di bulan pengampunan, Ramdhan. Salah satunya yaitu infaq Ramadhan, infaq di bulan Ramadhan berguna menyuscikan jiwa dan diri dari perbuatan sia-sia.

Disucikan pula bagi orang yang berpuasa dengan infaq Ramadhan dari kata-kata kotor. Sehingga semua kebaikan dan amal ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan seperti infaq diterima dan mendapatkan pengampunan yang Allah janjikan.

5. Upaya Memperbaiki Diri

Ada 3 perkara yang disukai oleh Imam Asy Syafi’i yaitu, mengikuti Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, memperbaiki kemaslahatan sebagai perkara yang dibutuhkan manusia dan juga tidak sedikit manusia tidak mencari nafkah karena disibukkan berpuasan di bulan Ramadhan.

Bersebab ke-3 perkara tersebut Imam Syafi’i menyukai orang-orang yang menambah kedermawaannya di bulan suci Ramadhan. Yang dimaksud dengan berderma dalam pernyataan Imam Syafi’i tersebut ialah infaq Ramadhan atau sedekah.

Sedangkan yang kemaslahatan dalam pernyataan guru Imam Ahmad tersebut ialah bentuk perbaikan diri yang dilakukan oleh seseorang atau pun kepentingan untuk suatu tujuan bersama.

Sudah menjadi hal yang biasa jika seseorang mencarai penghasilan untuk dirinya sendiri, namun akan menjadi lebih bermakna dan mulia ketika mereka mau membagi pendapatan atau rezekinya tersebut dalam bentuk infaq Ramadhan.

6. Amalan yang Dicintai Allah

Allah, sabda Rasulullah dalam hadits yang diriwayatkan oleh al-Baihaqi menyukai orang yang berderma. Hadits tersebut dishahihkan Al Albani dalam Shahihul Jami’ no.1744

Kecintaan Allah tersebut akan bertambah dan berkali-kali lipat, jika kedermawanan atau membantu sesama dengan berbagi sebagian dari harta yang dimiliki dilakukan di bulan yang nan-mulia, Ramadhan.

7. Ciri Orang Mukmin

Dalam kitabnya kedua periwayat hadits yang disebut muttfaqun ‘alaih atau shahihain, Bukhari no.1429, Muslim no.1033 menuliskan sebuah hadits yang menggambarkan ciri seorang mukmin.

Seseorang yang mandiri dan bekerja keras dalam mendapatkan rezeki yang halal, dan menyadari babhwa rezeki tersebut hanya sebagai titipan. Kesadaran tersebut menjadikan dirinya untuk mengeluarkan infaq.

Sebab, tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah. Perumpamaan tersebut ditunjukkan kepada mereka yang memberi memiliki kelebihan atau kemulian dari mereka yang menerima.

Itulah ciri yang dimiliki oleh seorang mukmin. Hal tersebut akan bertambah mulia jika dilakukan infaq Ramadhan atau membelanjakan atas sebagian harta untuk diberikan kepada orang lain yang membutuhkannya.

8. Kedudukan Hamba yang Terbaik

Jenis hamba yang pertama dalam hadits hasan shahih yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, no.2325 ialah berbicara tentang hamba yang paling baik kedudukannya, yaitu mereka yang menyadari hak Allah pada harta yang dimilikinya.

Kesadaran tersebut ia wujudkan dengan menyambung silaturahmi dalam bentuk infaq. Terutama jika hal tersebut ialah infaq Ramadhan atau infaq yang dikeluarkan di bulan Ramadhan.

Infaq Ramadhan juga dapat meningkatkan keimanan kepada Allah atas hak-Nya dalam rezeki yang dititipkan-Nya yang akan diminta pertanggung jawabnnya kelak. Infaq tersebut juga dapat meruntuhkan kesombongan.

9. Menyempurnakan Rangkaian Ibadah Ramadhan

Infaq Ramadhan dapat menyempurnakan serangkain ibadah di bulan Ramadhan, sebab ibadah di bulan Ramadhan tidak hanya sebatas puasa saja melainkan juga infaq.

Infaq Ramadhan juga akan mendatangkan pahala yang sempurna dan dapat membersihkan diri mereka yang berpuasa dari dosa dan maksiat yang dilakukan. Itulah keutamaan yang akan didapatkan bagi mereka yang infaq Ramadhan, sebagaimana infaq atau sedekah dapat menghapus dosa seperti api yang dipadamkan oleh air.

Demikianlah makna dari hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan tercantum dalam Shahih At Tirmidzi, no.614 yang dishahihkan oleh al-Albani.

10. Memiliki Hati yang Lapang dan Tenang

Ketika seseorang berpuasa pasti mengharapkan kelapangan dan ketenangan hatinya, maka infak Romadhon adalah salah satu kebaikan yang dapat mendatangkan keduanya.

Kerena demikian hadits yang oleh Bukhari no. 1443 menggambarkan orang yang suka berinfaq terutama infak Romadhon yang akan memperoleh kebahagianan dan ketenangan.

Demikian yang akan ia raih dikarenakan kedermawanannya yang memberi kebahagian dan pertolongan kepada orang lain atau mereka yang membutuhkannya.

11. Menambah Keberkahan Harta

Sebagaimana sudah kita ketahui bahwa bulan suci Ramadhan adalan bulan yang penuh berkah, sehingga setiap amal atau perbuatan baik yang dikerjakan di bulan tersebut akan menambah keberkahan amal kebaikan tersebut.

Begitu pula infak Romadhon yang akan menberi keberkahan pada harta yang dikeluarkan untuk berinfaq. Dan keberkahan tersebut akan bertambah ketika dilakukan di bulan yang penuh berkah Ramadhan.

Infaq yang mendatangkan keberhakan pada harta telah disampaikan oleh Rasul dalam sebuah hadits Muslim, no. 2588.

12. Dijauhkan dari Siksaan Kubur dan Api Neraka

Bulan Ramadhan terbagi menjadi 3 fase, yaitu fase pertama yang terdiri dari hari 1-10 Ramadhan adalah dimana terdapat rahmat Allah. Fase kedua ialah 10 hari kedua yang menjadi fase yang dipenuhi dengan pengampunan dari Allah.

Fase ketiga ini adalah sepuluh hari terakhir Ramadhan yang terdapat pembebasan dari siksaan api neraka. Akan tetapi, bulan Ramadhan itu terpenuhi dengan rahmat, pengampunan jika bertaubat dan pembebasan dari siksaan api neraka.

Dengan kata lain, bulan Ramadhan juga Allah janjikan adanya pembebasan dari siksaan api neraka jika diikuti dengan amal sholeh yang dilakukan di bulan tersebut. Seperti infak Romadhon, maka dijauhkan dari siksaan kuburpun akan diraih.

Sebab itu adalah keutamaan infaq itu sendiri, hal demikian telah diriwayatkan oleh Thanrani, al-Albani telah menshahihkannya dalam Shahih At Targhib no.873. Sehingga dapat dimaknakan bahwa infak Romadhon dapat menjauhkan dari siksaan kubur dan api neraka.

Dijauhkan dari siksaan kubur juga memberi pengertian dilapangkan dan diteranginya kubur.

Selain dari pada keduanya, mereka yang berinfaq akan mendapatkan syaf’at di akhirat kelak sebagaimana yang tercantum dalam hadits Bukhari no. 1421.

Demikianlah pemaparan kami tentang infaq Ramadhan, semoga bermanfaat. Mari kita berlomba berbuat kebaikan dan raih keutamaan infaq di bulan Ramadhan.

Wallahu ‘Alam……

Donasi



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?