Kefadholan dan Manfaat Sedekah Subuh Serta Cara Terbaik Dalam Mengamalkannya

Rumahinfaq.or.id – Tak lengkap rasanya, jika kita membahas sedekah subuh dan caranya tanpa mengetahui manfaat darinya. Oleh karena itu, perlu rasanya membahas manfaat sedekah subuh agar kita lebih termotivasi untuk terus melakukan sedekah subuh.

Lalu, apa saja manfaat sedekah subuh? Subuh adalah waktu yang telah disepakati oleh mayoritas ulama sebagai waktu yang terbaik dan salah satu waktu yang mustajab untuk melakukan segala kebaikan, terutama sedekah subuh.

Manfaat sedekah subuh
Manfaat sedekah subuh

Manfaat Sedekah Subuh di Dunia

Untuk memenuhi keingintahuan anda, kami Yayasan Rumah Infaq telah merangkum beberapa manfaat sedekah subuh, yaitu sebagai berikut;

Dari Abu Hurairoh, Rasulullah menyampaikan bahwa ada dua malaikat yang akan turun di setiap awal hari, sebelum matahari terbit. Ini adalah manfaat sedekah subuh yang pertama. Dikatakan bahwa kedua malaikat akan mendoakan orang yang berbuat kebaikan pada waktu itu.

Lalu bagaimana dengan mereka yang bersedekah di waktu subuh?

Sebagaimana yang tercantum dalam hadits riwayat bukhari dan Muslim, bahwa salah satu malaikat itu akan mendoakan orang yang membelanjakan hartanya pada waktu subuh agar rezekinya diperlancar dan berkah.

Manfaat sedekah subuh ini tidak akan didapatkan oleh mereka yang enggan mengeluarkan hartanya pada waktu itu untuk bersedekah, bahkan malaikat yang satunya akan meminta kebinasaan untuknya dan mendoakan agar rezekinya ditahan.

Syekh Ali Jaber menyatakan bahwa malaikat akan diturunkan oleh Allah pada waktu ini, yaitu setelah sholat subuh, sebelum terbitnya matahari hanya untuk mendoakan orang-orang yang bersedekah. Betapa istimewanya itu?

Adapun yang kedua dari manfaat sedekah subuh ialah segala apa yang kita pinta atau permintaan kita akan dikabulkan. Jika kita menyertai doa kita dengan sedekah subuh, maka akan mempermudah terkabulnya permintaan atau apa-apa yang menjadi bagian dari doa kita.

Pernyataan ini juga diperkuat oleh syekh Ali Jaber, ‘waktu subuh adalah waktu yang paling baik untuk bersedekah dan salah satu manfaat sedekah subuh ialah cepatnya terkabul permintaan atau hajat kita pada waktu itu’ Demikian tuturnya.

Pernah dengar hadits yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi?

Hadits yang menyatakan bahwa sedekah dapat menghapus dosa. Ya, manfaat sedekah subuh yang ketiga ialah menghapus dosa, sebagaimana air dapat memadamkan api. Setelah api padam, biasanya apa yang akan terjadi?

Betul, sejuk bukan? Yah, begitu pula suasana yang akan kita dapatkan. Setelah kita bersedekah di waktu subuh maka kita akan memperoleh ketenangan hati sebagai bentuk dari manfaat sedekah subuh.

Selanjutnya, ridho Allah akan selalu menyertai mereka yang telah secara ikhlas mengeluarkan hartanya untuk sedekah. Apalagi itu dilakukan di awal hari, maka ia akan mendapatkan hari yang penuh berkah dan dalam naungan ridho-Nya.

Keadaan itu termasuk daripada manfaat sedekah subuh yang keempat. Jadi, tidak akan sia-sia sedekah subuh kita untuk memulai aktifitas di hari itu. Karena kita akan melewati hari yang baik sebagaimana ridho Allah untuk orang-orang yang bersedekah di waktu subuh.

Manfaat Sedekah Subuh terhadap Harta

Keempat manfaat shodaqoh subuh di atas akan kita rasakan dan dapatkan di dunia. Namun itu berwujud nyata, sesuatu yang dapat dilihat. Maka dari itu keutamaan yang kelima ini berupa keberkahan akan harta.

Maksud dari manfaat shodaqoh subuh yang bisa dilihat ialah tidak hanya memberi manfaat yang bisa dirasakan tapi juga bisa dilihat dampaknya. Yang kelima ini ialah ketika kita bersedekah maka harta yang keluar itu akan mengalami keberkahan.

Terus apa bukti yang bisa kita lihat?

Iya, ketika harta itu berkah maka ia akan terus mengalami penumbuhan dan perkembangan serta dilipatgandakan. Tidak harus banyak dan melimpah tapi cukup ketika pemilik harta itu mendapatkan kemanfaatan dari harta itu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Manfaat shodaqoh subuh yang kelima ini juga dapat dilihat dan dipahami dari keluarga yang selalu merasa cukup, dan ia bisa membantu orang-orang terdekat dan disekitarnya dengan hartanya itu serta kemanfaatan harta yang lainnya.

Ternyata tidak hanya sampai disitu saja, harta yang telah dikeluarkan untuk sedekah terutama sedekah subuh maka akan membersihkan harta itu sendiri. Ini juga bisa termasuk dari manfaat shodaqoh subuh yang keenam.

Janji Allah dalam Manfaat Sedekah Subuh

Setelah keenam manfaat yang akan diperoleh bagi mereka yang bersedekah di waktu subuh di atas, maka kami kembali menguraikan manfaat shodaqoh subuh selanjutnya, mungkin manfaat berikut ini akan lebih mengarah kepada manfaat di kemudian masa, yaitu akhirat.

Manfaat shodaqoh subuh yang pertama pada bagian ini dan termasuk yang ketujuh dari keseluruhan ialah dilipatgandakan pahala bagi orang yang bersedekah setelah solat subuh, sebelum terbitnya matahari.

Harta yang dikeluarkan untuk sedekah akan menjadi penaung kita pada hari kiamat, inilah manfaat dari sedekah.

Lalu apa hubungannya dengan sedekah subuh?

Tentu saja ada, sebab hanya waktunya saja yang membedakan sedekah subuh dengan sedekah yang lain bukan karena perbuatannya. Dengan kata lain, semua manfaat sedekah akan didapatkan juga bagi mereka yang melakukan sedekah subuh.

Siapa yang tidak menginginkan syurga? Pasti semua orang menginginkannya, apalagi mereka yang mengimaninya.

Oleh karena itu, Allah memberi salah satu cara untuk mendapatkan kunci syurga dan didekatkan ke pintu syurga, yaitu dengan bersedekah. Jadi, manfaat shodaqoh subuh yang akan didapatkan ialah kunci syurga dan didekatkan ke pintu syurga bagi para pelakunya.

Sebagaimana yang tercantum dalam shohihain (HR. Bukhari dan Muslim) bahwa setiap orang akan dipanggil dari beberapa pintu syurga. Jika dia ahli sholat, maka babush sholat akan memanggilnya. Dan babur royyan akan memanggil mereka yang ahli sedekah. Inilah manfaat dari sedekah terutama sedekah subuh.

Selain didekatkan pada syurga, mereka yang bersedekah di waktu subuh juga akan mendapatkan manfaat shodaqoh subuhnya berupa dijauhkannya dari siksaan api neraka. Bukankah ini juga yang menjadi doa di akhir sholat setiap individu muslim.

Maka, bersedekah terutama sedekah subuh akan menjadikan kita bagian dari mereka yang memperoleh manfaat itu. Sebagaimana Rasulullah telah meminta kita dalam hadits Bukhari dan Muslim.

Jika kita menginginkan agar kita terhindar dari api neraka, maka hendaklah kita bersedekah walau sebiji kurma, jika tidak mampu pun maka kalimat thayyibah juga bisa. Maka, manfaat shodaqoh subuh yang kesepuluh akan kita peroleh.

Semakin banyak harta yang kita keluarkan untuk bersedekah, maka akan semakin tebal dinding yang akan melindungi kita dari api neraka. Nah, ayo kita berlomba mengeluarkan harta terbaik kita, agar dinding yang melindungi kita dari neraka tebal.

Walau begitu banyak manfaat dari sedekah subuh, kita bisa jadi tidak akan mendapatkannya sama sekali, jika tidak disertai dengan keikhlasan dan dilakukan secara sukarela tanpa mengungkit-ungkit pemberian dan tidak menyakitin hati penerima sedekah kita.

Jangan sampai kita merugi!

Maka dari itu, mari kita perbaiki niat sebelum melakukan sedekah di waktu subuh agar kita memperoleh manfaat shodaqoh subuh yang telah kita lakukan. Niatkan karena Allah semata, sucikan hati dengan keikhlasan.

Motivasikan diri dalam bersedekah di waktu terbaik dengan terus menggemakan manfaat sedekah subuh!!!

Donasi



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?