Keutamaan Infaq Subuh Langsung Mendapatkan Doa Mustajab Oleh Dua Malaikat

Rumahinfaq.or.id – Rasulullah selalu memerintahkan para sahabat untuk mendirikan shalat di dua waktu, yaitu subuh dan ashar, dan memperbanyak zikir serta memperbanyak berbuat kebaikan. Salah satu kebaikan itu ialah berinfaq. Lalu apa saja keutamaan infaq subuh dan keutamaan waktu ashar sehingga dianjurkan untuk berinfaq?

Jika menurut Ahmad Mudzaki waktu subuh itu setelah shalat subuh dilaksanakan dan kurang lebih satu jam sebelum matahari terbit. Sedangkan waktu ashar dimulai tepat panjang bayangan suatu benda menjadi sama panajangnya dengan panjang benda itu sendiri.

keutamaan infaq subuh
keutamaan infaq subuh

Dan Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. berkata bahwa Rasulullah telah meberitahukan batas berakhirnya waktu ashar yaitu sebelum terbenamnya matahari. Hal ini ditegaskan di dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Ada begitu banyak kesempatan untuk melakukan kebaiakan dalam jarak dimulai sampai akhir dari kedua waktu tersebut, seperti berinfaq. Karena keutamaan infaq subuh dan keutamaan yang dimiliki oleh kedua waktu tersebut menjadikan infaq istimewa untuk dilakukan dibandingkan dengan waktu lainnya.

Apa saja keutamaan kedua waktu tersebut, yaitu subuh dan ashar sehingga istimewa untuk berinfaq? Berikut ini pemaparannya;

Keutamaan Waktu Subuh

Jika berbicara waktu subuh, maka kita akan kembali mengingat pernyataan Ahmad Mudzaki mengenai waktu yang katanya adalah waktu bermulanya suatu hari, sehingga beliau dalam buku “Sapu Jagat Keberuntungan” menyarankan untuk memperbanyak kebaikan di dalamnya.

Sedangkan Rasulullah Sallallahu Alaihi Wassalam mendoakan keberkahan untuk waktu subuh dan untuk mereka yang memulaikan harinya dengan melakukan kebaikan seperti mengeluarkan sebagian harta untuk berbagi dengan sesama, contohnya berinfaq dan bersedekah.

Dan tahukah kamu bahwa di waktu itu ada yang menyaksikan kebaikan yang sedang kamu kerjakan? Apalagi jika kamu berinfaq di waktu subuh, ‘saksi ini’ akan langsung mendoakanmu loh. ‘Saksi ini’ sudah dipastikan doanya diterima oleh Allah.

Siapakah ‘saksi itu’ ?

Kembali sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, meyampaikan berita dari Nabiyyallah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits yang diriwayatkan oleh shahihain. Berita apa itu, apakah berkaitan dengan ‘saksi itu’?

Tentu saja berkaitan sebab Rasulullah bersabda bahwa ada dua malaikat yang turun untuk mendoakan mereka yang mau mengeluarkan harta mereka di jalan Allah dan mendoakan pula golongan yang enggan. ‘Saksi itu’ ialah dua malaikat yang disebutkan dalam hadits di atas.

Kata مُنْفِقًا dalam hadits no. 1442 Bukhari & Muslim no. 2383 berarti ‘subjek dari kata kerja infaq’ atau dengan kata lain mereka yang berinfaq. Sehingga sangat jelas bahwa ada dua malaikat yang akan menyaksikan kebaikan berupa berinfaq di waktu subuh.

Tidak hanya disaksikan, tapi juga didoakan keberkahan untuk yang mau berinfaq dan kehancuran bagi mereka yang kikir. Hanya saja hadits tadi tidak khusus ditunjukan untuk infaq di waktu subuh tapi bisa juga dengan sedekah subuh atau kebaikan-kebaikan lainnya.

Syekh Ali Jaber menguatkan pemaparan hadits di atas beliau dengan berkata bahwa malaikat diturunkan di waktu subuh hanya untuk melakukan satu tugas yaitu mendoakan mereka yang berinfaq sebagai keutamaan infaq subuh.

Keutamaan Waktu Ashar

Tahu kah kamu bahwa malaikat yang bertugas mencatat segala amal perbuatan kita akan melakukan penggantian tugas di waktu ashar dan subuh?

Iya, hal ini sampaikan oleh Rasulullah dalam hadits Bukhari No. 6878 yang diriwayatkan dari Malik dari Abu Az Zinad dari Al A’raj dari Abu Hurairah. Dan dalam hadits ini Allah akan menanyakan keadaan kita kepada mereka (Para malaikat) walau sebenanrnya Allah Maha Tahu.

Bagaimana jadinya jika di waktu subuh kita didatangi dan di waktu ashar kita ditinggalkan dalam keadaan melakukan kebaikan, terutama shalat di dua waktu tersebut. Maka, para malaikat akan melaporkan keadaan kita yang dalam melakukan kebaikan seperti halnya berinfaq.

Baca juga: Penjelasan Lengkap Tentang Profile Lembaga Manajemen Infaq Indonesia

Ustadz Rikza yang merupakan seorang Dai dan juga Dewan Pengawas Syariah Rumah Zakat mengutip pernyataan yang selaras dengan hadits di atas. Sehingga jika kita berinfaq di waktu ashar atau subuh maka malaikat akan melaporkan kepada Allah demikian adanya.

Maka, benarlah apa yang diberitakan Rasulullah dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu bahwa matahari tidak akan terbenam matahari kecuali digiring oleh 2 malaikat dan mereka berdoa dengan doa yang hanya bisa didengar oleh penduduk bumi kecuali jin dan manusia.

Doa itu terekam dalam hadits Ahmad 21721 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth. Lagi-lagi kata مُنْفِقًا terdapat dalam doa itu.

Nah, tunggu apalagi. Kenapa kita termasuk dari mereka yang didoakan oleh malaikat yang akan naik dan melaporkan kepada Allah, sungguh suatu keistimewahan yang tiada duanya. Kita ditinggalakan sedangkan kita dalam keadaan berinfaq.

Selain itu, waktu ashar juga memiliki keutamaan sebagai salah satu tiket masuk syurga. Bagaimana jika untuk mendapatkan tiket itu selain dengan shalat ashar juga disertai dengan infaq di waktu ashar.

Keutamaan waktu Ashar akan menghilang jika kita meninggalkan shalat ashar, sehingga sudah seharusnya kita melaksanakannnya yang diikuti dengan dzikir dan berinfaq di waktu ashar.

Sebab Rasulullah memerintahkan dalam al-Bukhari dari jarir radhiyallahu ‘anhu, untuk tidak meninggalkan shalat bardain, yaitu shalat subuh dan ashar agar kelak dapat melihat Allah sebagaimana mata dapat melihat bulan purnama, kemudia beliau membacakan ayat 39 surah Qaf.

Hal itu disebabkan juga karena pendapat jumhur ulama’ bahwa Shalat wustha atau shalat ashar dalam firman Allah dalam surah al-Baqarah ayat 238 untuk dijaga.

Dan ‘kabar baik’ ini juga disampaikan oleh Rasulullah untuk orang kafir yang menghambat muslim melaksanakan shalat ashar dalam hadits Muslim dengan doa dipenuhi hati dan rumah mereka dengan api.

‘Ancaman’ serupa juga akan diperoleh oleh orang yang meninggalkan shalat ashar dengan kehilangan keluarga dan hartanya dalam hadits Bukahari dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhu.

Rasulullah juga memperingati juga dengan hilangnya amal baik bagi mereka yang meninggalkan shalat ashar dalam hadits Bukhari dari Buraidah.

Jika amal kebaikan di waktu subuh akan membawa keberkahan di hari itu, maka amal kebaikan seperti infaq di waktu ashar akan mendatangkan keberkahan serta akan memberi pengaruh untuk kehidupan kita di malam harinya.

Kesimpulan_maka dari itu, seyogianya kita memanfaatkan waktu ashar dan waktu subuh untuk memperbanyak amal kebaikan seperti infaq dan sedekah, dzikir dan yang pasti menegakkan shalat di dua waktu itu, yaitu shalat subuh dan ashar.

Sebab, dua waktu ini, yaitu waktu subuh dan ashar ialah waktu yang memiliki keutamaan besar di sisi Allah ‘Azza wa Jalla. Sebagaimana sudah di paparkan panjang lebar di atas.

Dan semogalah kita bukan bagian dari mereka yang dimaksudkan oleh Ustadz. Rikza dalam pernyataannya ketika para malaikat melaporkan keadaan kita kepada Allah Yang Maha Tau, ialah kami (Para malaikat) berkata;

“kami datangi mereka di waktu ashar dalam keadaan tertipu akan dunia dan aku tinggalakan di waktu subuh, sedangkan mereka masih terbuai dalam alam mimpi alias terlelap tidur.”

Baca juga: Ini Dia Penjelasan Paling Lengkap Tentang Keutamaan Sedekah Subuh Setiap Hari

“Na’udzubillahi min dzalik” Demikian ujar Ustadz. Rikza mengakhiri pernyataannya.

Untuk menghindari kerugian dan catatan amal yang akan kita terima kelak dan yang pasti untuk memberi ‘catatan’ baik pada laporan kita oleh para malaikat kepada Allah di dua waktu itu. Marilah kita perbanyak melakukan kebaikan-kebaikan, seperti berinfaq.

Walau, pada dasarnya waktu berinfaq tidak hanya di waktu subuh dan ashar. Sehingga, kita bisa melakukan infaq kapan saja dan diamana pun dan tentunya dalam kadar atau jumlah yang tidak ditentukan dan seikhlas atau sesukarela pemberi infaq.

Mari kita meraih keutamaan waktu subuh dan ashar dengan bersemangat terus untuk berinfaq…!!!

Donasi



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?