Keutamaan Sedekah dan Doa Malaikat untuk Orang yang Sedekah Subuh

Rumahinfaq.or.id – Dalam ajaran agama Islam mengajarkan banyak hal yang berupa perbuatan sholih atau perbuatan baik. Termasuk bisa menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Apalagi yang diberi kelebihan dan kemudahan rezeki. Kita bisa selalu infak, sedekah, meringankan kesulitan sesama, dll. Termasuk ada salah satu amalan sedekah yang baik yaitu sedekah subuh.

Sedekah Subuh
Sedekah Subuh

Dari sebutannya kita sudah bisa mengartikan bukan?. Ya sedekah subuh adalah sedekah yang kita lakukan di waktu subuh. Karena kita sebagai umat muslim tahu ada sebuah hadist shohih yang menyatakan setiap hari setelah sholat subuh akan selalu ada dua malaikat yang mendoakan kita.

Salah satu malaikat berdoa “Ya Alloh berikanlah ganti bagi orang-orang yang bersedekah”. Dan malaikat satunya juga berdoa “Ya Alloh berikanlah kerusakan orang-orang yang menahan harta miliknya”. Dari hadist itulah kita menjadi tahu waktu yang utama untuk bersedekah, yaitu sedekah subuh.

Baca juga: Sedekah Online Bersama Yayasan Rumah Infaq

Adapun sedekah sendiri sebenarnya merupakan cara kita untuk membersihkan harta atau rezeki yang telah diberikan Alloh SWT kepada kita. Karena dalam harta yang kita miliki itu ada hak orang lain yang perlu untuk kita sedekahkan. Keutamaan yang dapat kita dapatkan adalah bisa semakin meluaskan rezeki.

Ada hadist menjelaskan sedekah tidak akan mengurangi harta, bahkan justru memudahkan rezeki. Lebih utamanya lagi kita pasti akan mendapatkan pahala yang besar di sisi Alloh, asalkan dengan niat yang benar bukan diniatkan untuk pamer atau mencari muka.

Untuk hukumnya sendiri sebenarnya sedekah itu sunah, berbeda dengan zakat yang hukumnya wajib. Tetapi merupakan sunah yang kuat, untuk sedekah sendiri bisa kita lakukan kapanpun dan dimanapun. Baik sedekah subuh, sedekah di waktu ashar, saat di jalan, di masjid, dll.

Yang perlu kita tahu bahwa sedekah itu bukan hanya berupa uang semata. Karena sedekah itu bisa berupa kita mengajarkan ilmu yang bermanfaat terhadap orang lain, sedekah dengan senyum terhadap orang lain, salam, membantu kesulitan orang lain, dan masih banyak lagi.

Tetapi memang lebih terkenalnya bahwa kita sedekah itu menggunakan uang. Karena dengan uang juga bisa membantu meringankan orang-orang yang membutuhkan atau sedang kesusahan. Untuk lebih utamanya sedekah yang kita lakukan adalah sedekah subuh. Kita bisa merutinkan amalan sedekah subuh ini dengan menyisihkan harta diniatkan untuk sedekah tiap selesai mengerjakan sholat subuh.

Keutamaan Sedekah Subuh dan Prakteknya

Sedekah subuh ini menjadikan memulai hari-hari kita selalu diawali dengan berbuat baik. Bahkan saat sebagian orang masih banyak yang tidur kita sudah mngawali hari dengan kebaikan. Dan langsung mendapatkan doa dari malaikat untuk disampaikan kepada Alloh SWT.

Sungguh amalan yang luar biasa bukan

Kita yakin bahwa sesuatu yang diawali dengan kebaikan insya Alloh akan selalu diberikan keberkahan untuk selanjutnya sampai selesai. Coba kita renungkan bila setiap hari kita memulai aktifitas pagi dengan sedekah subuh, Insya Alloh hari-hari kita bisa selalu dinaungi kebarokahan dari Alloh SWT.

Untuk mempraktekan amalan yang luar biasa ini, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kita bisa menyediakan celengan untuk setiap hari selesai sholat subuh. Mengisi dengan uang sampai terkumpul banyak lalu uang tersebut bisa kita berikan kepada yang membutuhkan seperti anak-anak yatim piyatu, dhuafa dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Galang Donasi Online Bersama Yayasan Rumah Infaq

Atau bisa juga bila kita memang memiliki ilmu yang bermanfaat seperti ilmu agama selesai subuh mengajarkan ilmu tersebut kepada anak kita, atau anak-anak yang lain bahkan bisa dengan kultum secara umun kepada semua jamaah sholat subuh di masjid. Bisa juga kita selalu mengisi kotak infak di masjid selesai sholat subuh.

Dan masih banyak lagi praktek kita untuk selalu bisa mengerjakan sedekah subuh ini. Kita tidak perlu berkecil hati karena mungkin sedekah kita jumlah uang nya tidak banyak, atau ilmu yang kita sampaikan tidak banyak. Sedekah itu bukan hanya dilihat dari segi jumlah atau kuantitas saja.

Tetapi juga dilihat dari kualitas, maksutnya dilihat dari niat awal kita melakukan sedekah. Walaupun kecil tapi bisa rutin tiap hari dengan di awali niat yang baik pasti akhirnya pahala yang didapatkan juga sangat besar. Apalagi bisa sedekah dalam jumlah yang besar secara rutin dengan di awali niat yang baik.

Keutamaan Sedekah

Semua itu dengan tujuan kita ingin menggapai surga-Nya dengan derajat setinggi-tingginya. Perlu kita pahami juga bahwa sedekah yang kita lakukan memiliki berberapa manfaat yang luar biasa diantaranya :

  • Dengan memperbanyak sedekah bisa menghapuskan dosa-dosa yang telah kita perbuat. Syaratnya dengan dibarengi bertaubat dari kesalahan tersebut secara taubatan nasuha. Jangan sampai salah mengertikan kita maksiat dulu baru sedekah ini jelas salah besar.
  • Dengan memperbanyak sedekah maka harta yang kita miliki akan semakin Barokah. Sebab kita telah melaksanakan atau memberikan hak harta tersebut terhadap orang yang membutuhkan.
  • Dengan memperbanyak sedekah, maka Alloh SWT akan melipat gandakan pahala yang kita dapatkan dengan lipatan yang lebih besar. Bahkan balasannya bisa berupa surga, apalagi dikerjakan saat bulan Ramadhan.
  • Dengan memperbanyak sedekah maka akan membuat hati kita semakin lapang, akan timbul rasa syukur, qonaah dalam diri karena menjadikan ketenangan dalam diri kita.
  • Dengan sedekah kita akan terhindar dari siksaan kubur dan terhindar dari siksaan neraka yang sangatlah pedih.
  • Dengan sedekah akan semakin menguatkan keimanan dalam diri kita.
  • Dengan banyak bersedekah kita mempunyai jaminan naungan di hari kiamat. Yang mana di hari itu matahari hanya satu jengkal dari kepala dan bumi berganti menjadi timah, sungguh sangat panas. Maka sangatlah beruntung orang yang mendapat naungan di hari itu.
  • Yang terakhir keutamaan sedekah adalah kita bisa memasuki pintu surga yang diberikan khusus oleh Alloh SWT hanya untuk hambanya yang senang bersedekah.

Sungguh sangat luar biasa bukan keutamaan sedekah bagi kita umat muslim khususnya. Ini menunjukkan bahwa amalah sedekah merupakan amalan yang sangat disenangi oleh Alloh SWT. Buktinya Alloh memberikan keutamaan yang luar biasa bagi hambanya yang selalu bersedekah.

Maka dari itu kita sebagai umat muslim khususnya jangan memiliki sifat pelit terhadap harta atau rezeki yang telah diberikan oleh Alloh kepada kita. Ingat harta kita itu hanyalah titipan semata semua akan kembali kepada Alloh.

Sebenarnya harta yang betul-betul harta kita adalah harta yang telah kita sedekahkan, karena akan kita nikmati nanti di surgaNya. Marilah kita bisa selalu istiqomah untuk memperbanyak sedekah sebanyak-banyaknya. Khususnya sedekah subuh yang memiliki keutamaan lebih.

Alloh lebih senang terhadap amalan hambanya yang dikerjakan secara rutin atau berulang kali. Daripada amalan yang hanya dikerjakan sekali saja lalu setelah itu tidak pernah lagi dikerjakan. Ingat pepatah sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

Sama halnya sedekah sedikit-sedikit asalkan rutin tiap hari lama-lama menjadi pahala yang besar di sisi Alloh SWT. Sampai akhirnya kita kaget di akhirot nanti karena mendapat derajat surga yang sangat tinggi karena rajin bersedekah.

Selagi kita masih ada kesempatan, mari perbanyak sedekah dengan cara klik tombol donasi di Website ini. Semoga kita selalu dimudahkan rezeki kita sehingga bisa selalu bersedekah. Aamiin…

Donasi Sekarang



8 Komentar

Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Sudahkan infaq hari ini?