Membantu Saudara Kita di Palestina dengan Gerakan Infaq Gandum!

Rumahinfaq.or.id – Kelaparan adalah hal yang tidak terpisahkan lagi dari saudara kita di Palestina saat ini. Asas persaudaraan antara rakyat Indonesia dan palestina menjadi semangat untuk rakyat Indonesia membantu dengan membentuk gerakan infaq gandum.

Gerakan infaq gandum dibentuk oleh rakyat Indonesia dengan tujuan utama membantu mengatasi masalah kelaparan yang dialami oleh rakyat Palestina semenjak kebebasan mereka direnggut oleh Israel.

gerakan infaq gandum
gerakan infaq gandum

Walau memiliki tujuan yang mulia, gerakan infaq gandum ini yang dibentuk oleh rakyat Indonesia karena rasa kepedulian akan derita rakyat Palestina, masih saja dicurigakan oleh beberapa orang sebagai ajang yang dibentuk untuk laju peduli penipu.

Tidak diherankan adanya kekhawatiran dan kecemasan tersebut beredar di tengah masyarakat, sebab sudah banyak kasus yang mengatas namakan suatu lembaga yang bergerak dalam asas kepedulian melakukan kasus penipuan.

Karena keraguan tersebut juga menahan sebagian orang untuk menginfaqkan sebagian harta mereka dalam gerakan infaq gandum. Dan hal tersebut wajar saja, karena mereka tidak mau tujuan baik mereka tidak sampai kepada yang seharusnya menerima.

Hal demikian bukan karena tidak ada keikhlasan sebagaimana yang dibincangkan oleh sebagian lainnya. Mereka bertindak demikian dikarenakan bentuk kekecewaan mereka sebab tidak tersampaikan maksud niat infaq mereka.

Karena alasan itu juga, kami Yayasan Rumah Infaq ingin meluruskan kesalahpahaman tersebut. Berikut ini akan kami paparkan tentang gerakan infaq gandum yang sebenarnya.

Sejarah Gerakan Infaq Gandum

Lima puluh tahun yang lalu, adalah awal mula masa tanah suci yang menjadi kiblat pertama umat islam, Palestina direnggut kebebasannya oleh blockade yang dilakukan oleh zionis Israel.

Masalah pun bermunculan semenjak blockade yang dilakukan oleh Israel tersebut. Mereka tidak mau mengakui kedaulatan negeri Palestina tersebut. Diantaranya masalah yang muncul ialah kemiskinan, kelaparan, pendidikan, sampai pada aspek kesehatan.

Palestina memiliki wilayah yang menjadi penjara terbesar menurut Perserikatan Bangsa Bangsa, yaitu, Gaza. Gaza disebut sebagai penjara terbesar di Dunia.

Pada tahun lalu tepat pertengahan tahun 2018, dilaporkan dari Media Lokal di Gaza bahwa ada lebih 70% rakyat Jalur Gaza mengalami hidup dalam kelangkaan bahan makanan atau ketahanan pangan.

Data tersebut juga didukung oleh data dari Lembaga Ghazi Distrik Turky, yaitu kekurangan bahan pangan di jalur Gaza mencapai 80%.

Karena blockade juga menyebabkan rakyat Palestina sulit untuk mengakses bahan makanan. Karena kesulitan tersebut membuat mereka kadang menahan lapar hanya dengan air putih, jika itu pun mereka mendapatkan air bersih.

Gaza Palestina diperingatkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa bahwa warga Palestina yang berjumlah satu juta kepala tersebut berada di ambang ‘Bencana kamanusian’.

Kompas.com memberitakan bahwa anggaran Badan Pengungsi Palestina atau yang disingkat UNRWA akan habis ‘dalam waktu satu bulan’, sebagaimana yang diungkapkan oleh pejabat Perserikatan Bangsa Bangsa tersebut.

Pejabat Perserikatan Bangsa Bangsa juga menyatakan bahwa mereka dalam keadaan yang darurat dan membutuhkan dana tambahan sesegara mungkin, sebelum kelaparan melanda rakyat Gaza Palestina semakin lebih luas.

Hal demikianlah yang melatar belakangi dan menggerakkan rakyat Indonesia untuk membentuk Gerakan Infaq Gandum atau yang disingkat menjadi GIG. Gerakan ini adalah bentuk khidmat rakyat Indonesia untuk Palestina.

Dengan gerakan ini juga, Indonesia hendak menunjukkan rasa cinta, keperdulian, kasih sayang dan sebagai tindakan nyata rakyat Indonesia untuk sebuah persaudaraan dengan rakyat Palestina.

Gerakan infaq gandum dilakukan oleh rakyat Indonesia untuk memberi tahu dunia bahwa Indonesia bisa bergerak, dan berinfaq untuk membantu rakyat Palestina merebut kembali kebebasan mereka yang direnggut oleh zionis Israel.

Rakyat Indonesia membentuk gerakan infaq gandum dengan tujuan membantu rakyat Palestina mananggulangi dan mengatasi kelaparan yang melanda negeri yang memberi ucapan pertama kali atas kemerdekaan Indonesia, Palestina.

Dasar Hukum

Gerakan infaq gandum ini terbentuk tentunya didasarkan oleh rasa kepedulian sesama saudara. Jeritan mereka yang menyayat hati dan memilukkan jiwa membuat kita rakyat Indonesia tidak bisa tinggal diam.

Karena kita, rakyat Indonesia tahu bahwa Rasulullah mencintai mereka yang mau meringankan beban saudaranya. Dan bentuk kesegeraan rakyat Indonesia ialah dengan membentuk gerakan infaq gandum.

Hadits yang dikatakan hasan oleh Syekh Al-Albani adalah hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi No.1984. Dalam hadits tersebut, Rasulullah menyampaikan bahwa mereka yang memberi makan akan mendapatkan kamar di syurga.

Kamar di syurga tersebut adalah kamar yang bagian luarnya dapat dilihat dari bagian dalam dan bagian dalam kamar tersebut terlihat dari bagian luar kamar tersebut. Itulah ciri-ciri kamar yang akan didapatkan oleh mereka yang memberi makan.

Bisa dibayangkan, jika memberi makan tersebut ditujukan untuk saudara kita. Palestina adalah saudara kita yang sedang membutuhkan uluran tangan kita.

Gerakan infaq gandum ini juga dibentuk oleh karena rakyat Indonesia memahami dengan benar maksud dan makna dari firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala dalam surah al-Ma’un ayat 1-3.

Untuk mendapatkan kamar di syurga sebagaimana kabar gembira dari Rasulullah untuk menghindari sifat yang dicekam oleh Allah dalam Kalam-Nya tersebut yang memotivasi rakyat Indonesia untuk membentuk gerakan infaq gandum.

Tentang GIG

Gerakan infak gandum adalah bentuk kerjasama antara Umma dan Yayasan Langkah Maju Peduli (Laju peduli). Gerakan yang dibentuk dengan tujuan utama untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina menghadapi krisis kelaparan.

Gerakan ini juga bertujuan mengumpulkan dana untuk membantu mereka mengatasi krisis kelangkaan bahan makanan. Dalam penggalangan dana, gerakan infak gandum berkerjasama dengan gerakan infaq nutrisi Palestina.

Gerakan infak gandum adalah bentuk indsutri manajemen organisasi nirlaba dengan 1-10 karyawan. Kantor pusatnya gerakan yang terbentuk pada tanggal 31 Agustus 2019 ini terletak di Bintaro Trade Center Tangerang.

Untuk memajukan diri, gerakan infak gandum berkolaborasi dengan beberapa gerakan. Diantara patnernya ialah semangatbantu.com, amalsholeh.com dan melalui kitabisa.com juga, mereka mengirim platform untuk mengumpulkan donasi.

Selain itu, gerakan infak gandum juga mengikuti perkembangan zaman yaitu memanfaatkan kemajuan dan kecanggihan tekhnologi. Gerakan ini menyuarakan semangatnya melalui media yang digemari oleh anak remaja sekarang.

Siapa yang tidak mengenal facebook dan instagram. Nah, gerakan infaq gandum juga memanfatkan 2 media sosial yang sangat akrab dengan generasi sekarang, yaitu Facebook dan Instagram.

Agresi infak gandum hanya menyuarakan infaq dengan nominal Rp. 35.000,- perorang untuk siapa yang mau menyulurkan tangan dan bantuannya untuk rakyat Palestina.

Usaha mereka juga membuahkan hasil, ternyata pengikut instagramnya sudah mencapai ribuan orang, begitu pun dengan facebooknya.

Demikianlah pemaparan kami mengenai gerakan infaq gandum untuk rakyat Palestina. Semoga dengan penjelasan singkat tersebut, tidak menahan diri kita untuk ikut mengambil andil dalam meringankan beban saudara kita yang sedang kelaparan.

Uluran tangan kita sangatlah dibutuhkan oleh mereka. Mari kita bergerak dan berinfaq. Diam kita adalah derita mereka!

Donasi



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?