Penjelasan Paling Lengkap Tentang Wakaf Uang di Indonesia

Rumahinfaq.or.id – Kita sudah sering mendengar yang namanya wakaf tanah. Lalu, apakah #sahabatrumi pernah mendengar wakaf uang, atau mungkin ada yang sedang berencana melaksanakan wakaf menggunakan uang.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa wakaf ialah penyerahanan atas sebagian harta yang dimiliki oleh seseorang secara syari’ah guna diambil manfaatnya untuk kepentingan umum.

manfaat wakaf uang
manfaat wakaf uang

Harta yang diberikan tersebut dapat berupa tanah, bangunan, dan begitu juga uang yang merupakan bagian dari harta yang dimiliki oleh seseorang.

Dan rupanya, wakaf uang ini sedang hangatnya diperbincarakan di tengah masyarakat. Mungkin karena baru atau baru tahu, tidak seperti wakaf tanah yang sudah merakyat dan sudah diaplikasikan secara luas.

Ternyata wakaf uang bukan baru dipraktekkan loh, sebab wakaf dalam bentuk uang ini sudah dikenal di awal abad kedua Hijriyyah dan di Turki pada abad ke 15 Hijriyyah mulai dipraktekkan secara umum.

Sehingga dapat dikatakan bahwa wakaf uang menurut Islam ada dan termasuk bagian dari jenis-jenis wakaf itu sendiri. Karena uang juga merupakan harta, yaitu harta yang bergerak.

Bahkan, baru-baru ini Presiden Joko Widodo merencanakan GNWU atau Gerakan Nasional Wakaf Uang, loh!!!

Dan prencanaan ini mendapatkan persetujuan dari MUI atau Majelis Ulama Indonesia. Sebab wakaf uang sudah dianggap sesuai dengan prinsip dalam ajaran Islam.

Wow,,,, bukan???

Baca juga: Penjelasan Paling Lengkap Tentang Wakaf dan Jenisnya

Daripada tambah penasaran, yuk simak pemaparan berikut ini.

A. Pengertian

Sejumlah uang dalam bentuk tunai yang diberikan, baik oleh perorangan, kelompok, lembaga, ataupun badan hukum dengan tujuan wakaf adalah wakaf uang itu.

Kemudian, uang tersebut disalurkan untuk kepentingan dan kesahteraan umum yang dilakukan secara syari’at Islam.

Termasuk dari wakaf uang ialah segala hal yang memiliki kaitan denfan surat-surat berharga yang mempunyai nilai tinggi.

Dari pengertian di atas dapat juga dikatakan bahwa wakaf uang ialah bentuk pengembangan wakaf dari bentuk asal yang berupa asset atau harta yang tidak bergerak menjadi bergerak.

Ialah asset atau harta yang tidak bergerak berupa tanah dan bangunan di ubah menjadi asset atau harta yang bergerak, yang dalam hal ini diuangkan menjadi uang.

B. Dasar Hukum

Wakaf uang di Indonesia tidak hanya sekedar wakaf saja, sebab wakaf dalam bentuk uang ini memiliki dasar hukum yang kuat dan resmi. Sehingga tidak perlu ragu lagi untuk melakukannnya.

Ngak tanggung-tanggung, dasar hukum wakaf uang di Indonesia ada 2, yaitu sebagai berikut;

1. Fatwa Majelis Ulama Indonesia

Pada tahun 2022, lebih tepatnya pada 11 Mei 2022, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa tentang wakaf uang. Dalam fatwa tersebut tidak hanya menjelaskan pengertian wakaf uang saja.

Melainkan juga melakukan pengaturan bagi penggunaan dana wakaf yang harus sesuai dengan syari’ah Islam. Di dalam fatwa tersebut disebutkan juga hukum wakaf uang.

Baca juga: Mengenalkan Rukun Wakaf dan Kriteria Waqif Kepada Masyarakat

Iya, hukum melakukan wakaf dalam bentuk uang diperbolehkan atau biasa disebut dengan jawaz. Sehingga, wakaf uang di Indonesia boleh di lakukan sesuai dengan Fatwa MUI tersebut.

Disebutkan juga dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia tersebut bahwa wakaf uang dikelolah dengan menjaga kelestarian manfaat dari uangnya, tidak melakukan tindakan penjualan.

Begitu pun tidak boleh dihibahkan, wakaf tersebut tidak boleh diwariskan kepada anak-cucu pemberi wakaf atau wakif. Beberapa hal tersebut sudah secara tegas tidak diperbolehkan dalam fatwa MUI.

Jadi, gunakan harta lain untuk dijual, dihibahkan atau pun untuk diwariskan kepada keturunan ya, bukan harta yang sudah diwakafkan. Nanti melanggar fatwa MUI yang sudah pasti sudah dilandasi hukum.

2. Undang Undang

Dasar hukum di Indonesia, yaitu Undang-Undang juga mengatur hukum wakaf uang. Lebih tepatnya wakaf diatur di dalam Undang-Undang Nomor 41 yang dikeluarkan pada tahun 2004.

Dalam pasal tersebut dikatakan bahwa wakaf dapat dilakukan dengan benda atau harta bergerak atau benda atau harta tidak bergerak.

Wakaf yang dilakukan dengan benda atau harta yang bergerak dapat berupa uang, surat-surat berharga, logam mulia dan sejenisnya.

Sedangkan wakaf dengan benda atau harta bisa diserahkan dalam bentuk tanah, bangunan, tanaman, serta beberapa harta atau benda tidak bergerak lainnya yang sudah diatur dalam UU atau yang sudah ditentukan oleh Syari’ah.

C. Realisasi Wakaf Uang

Sudah di pastikan bahwa wakaf uang direalisasikan atau praktekkan di tengah masyarakat. Hal itu dapat dilihat dari beberapa realisasi berikut ini.

1. Realisasi wakaf uang di beberapa Negera

Arab Suadi, Mesir, Kuwait, Turki, Yordania, Malaysia, Singapura dan Bangladesh yang merupakan Negera-negara yang telah melakukan pengembangan dengan baik dalam wakaf.

Beberapa negera tersebut menggunakan asset wakaf dan wakaf uang atau dana wakaf tunai guna membiayai dan melakukan pengembang terhadap aset wakaf tersebut untuk layanan public atau fasilitas

Tidak hanya itu, asset wakaf dan dana wakaf tunai juga digunakan untuk komersial yang di mana manfaat atau hasil dari kegiatan komersialnya tersebut digunakan untuk mendanai layanan publik.

Seperti yang dicontohkan oleh Singapura dengan Warees yang berhasil melakukan pengembangan dan pengelolaan terhadap asset-asset wakaf termasuk di dalamnya wakaf uang atau wakag tunai.

Dan hasilnya tersebut diberikan untuk meningkatkan kesahteraan bagi warga Negaranya.

2. Realisasi wakaf uang di Indonesia

Realisasi wakaf uang di Indonesia dalam bentuk GNWU atau Gerakan Nasional Wakaf Uang telah dimulai ketika Fatwa MUI dikeluarkan. Akan tetapi, potensi wakaf dalam bentuk uang ini masih jauh.

Menurut data BWI atau Badan Wakaf Indonesia, wakaf uang yang sudah terkumpul dalam kurung waktu 8 tahun antara 2011-2018 ialah Rp.255 miliar.

Jumlah yang sangat jauh dari potensinya, yaitu Rp.180 triliun. Tidak sampai di situ, pada tanggal 20 Desember 2020 tercatat bahwa total wakaf tunai yang terkumpul di Bank Syari’ah hanya sebesar Rp. 328 miliar.

Sedangkan project based wakaf yang Bank Syari’ah tetapkan mencapai Rp.597 miliar.

Hal demikian tersebut terjadi dikarenakan adanya beberapa tantangan dalam pengembangan potensi wakaf uang yang direalisasikan di Indonesia selain dari tantangan dalam tata kelola yang kurang baik.

Tantangan yang dimaksud ialah literasi masyarakat Indonesia tentang wakag uang atau wakaf tunai yang berada d taraf rendah dan adanya keterbatasan dalam instrument keuangan dalam pengembangan asset wakaf uang.

Walaupun potensi dari realisasi wakaf dalam bentuk uang dengan Gerakan Nasional Wakaf uang belum mencapai targert, Pemerintah masih terus memberi dukungan dan upaya dalam pengembangan wakaf uang ini.

Apa buktinya?

Pemerintah membuktikan upaya dalam mendukun pengembangan wakaf uang di Indonesia dengan program CWLS dan pelaksanaan GNWU du tahun 2021.

CWLS atau Cash Waqh Linked Sukuk dibentuk dengan tujuan untuk melakukan penambahan pada pilihan instrument pengembangan wakaf uang dan untuk digunakan sebagai saranan investasi wakaf uang unggulan.

Selain itu, pembentukan Cash Waqh Linked Sukuk untuk menempatkan dana wakaf uang atau wakaf tunai pada SBSN atau Surat Berharga Syariah Negara.

Penempatan tersebut melalui mekanisme private placement dengan diturunkanya menjadi minimal Rp. 50 miliar dari asalnya sebesar Rp. 250 miliar.

Penurunan minimal penempatan dana wakaf pada Surat Berharga Syariah Negara untuk bisa melakukan akomodasi dana wakaf uang atau wakaf tunai.

Upaya pemerintah selanjutnya dalam melakukan pengembanagn realisasi wakaf uang di Indonesia ialah dengan melakukan Gerakan Nasional Wakaf Uang pada 25 Januari 2021.

GNWU pada 25 Januari 2021 tersebut merupakan bagian dari mendukung percepatan dalam pembangunan nasional dengan menetapkan wakaf uang sebagai program strategis wakaf nasional.

Selain itu untuk membawahi beberapa program inisiatif pengembangan wakaf uang atau wakaf tunai yang ada di Indonesia.

Diharapkan dengan 2 upaya yang dilakukan oleh Pemerintah ini dalam meningkatkan potensi dalam realisasi wakaf uang di Indonesia kedepannya.

Demikianlah pemaparan kami mengenail wakaf uang di Indonesi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk #sahabatrumi.

Donasi



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?