Pondok Pesantren Tahfidz Quran Terbaik Paling Favorit di Indonesia

Rumahinfaq.or.id – Di Indonesia, pondok pesantren yang mengkhususkan dalam menghafal kalamullah al-Qur’an sudah sangat banyak sekali. Pondok pesantren tahfidz Qur’an sudah menyebar di seluruh daerah di Indonesia, baik di kota besar maupun kota kecil.

Penyebaran pondok pesantren tahfidz Qur’an yang terus melonjat dari waktu ke waktu disebabkan oleh bentuk jawaban dan perhatian terhadap kecintaan umat Muslim kepada al-Qur’an.

Pesantren Tahfidz Qur'an
Pesantren Tahfidz Qur’an

Tidak sedikit dari orang tua yang menginginkan anak mereka untuk menjadi bagian dari para penghafal al-Qur’an di zaman, yang dimana kecanggihan tekhnologi sekarang ini maju begitu pesat.

Bahkan kecanggihan teknologi itu dimanfaatkan dengan baik untuk terus menyebarkan syiar Islam di seluruh pelosok Indonesia.

Kecanggihan dan kemajuan teknologi sekarang ini juga dimanfaatkan oleh banyak pondok pesantren tahfidz Qur’an terbaik di Indonesia untuk memperkenalkan pondoknya ke mata public, terutama masyarakat di seluruh Indonesia.

Keinginan orang tua tersebut tentu saja didasari oleh adanya keyakinan yang mereka tau dan pahami tentang para penghafal al-Qur’an. Seperti, keistimewaan dan keutamaan yang bersifat khusus dimiliki oleh para penghafal al-Qur’an di sisi Allah.

Keutamaan yang sudah dikabarkan oleh al-Qur’an dan berita yang disampaikan oleh hadit-hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam. Sebagai contoh hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah.

Bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam mengabarkan berita gembira syurga bagi siapa saja yang membaca dan menghafalkan al-Qur’an semasa hidupnya.

Baca juga: Sukseskan Kegiatan Amal untuk Bantu Dirikan Pondok Tahfidz Rumah Infaq

Tidak hanya sampai disitu saja, Allah juga menjanjikan syafaat yang akan diberikan kepada 10 orang dari keluarganya. Syafaat yang akan diberikan kepada keluarga dari pembaca dan penghafal al-Qur’an yang seharusnya masuk neraka.

Akan tetapi, yang masih kurang dipahami bahwa dalam menghafal al-Qur’an itu tidak semudah membalikkan halaman buku. Begitu juga dengan kewajiban untuk terus memurojaah hafalan yang sudah dihafalkannya adalah kewajiban yang bersifat selamanya.

Memurojaah hafalan selain dari kewajiban agar hafalan tersebut tidak hilang, melainkan juga sebagai bukti keimanan kepada Kitabullah al-Qur’an. Maka, dikarenakan proses yang tidak mudah tersebut, pondok pesantren tahfidz Qur’an hadir sebagai wadah.

Wadah untuk mempermudah proses yang demikian itu, sebab lingkungan pondok pesantren yang menjadikan pendidikan al-Qur’an sebagai kurikulum yang diutamakan dan begitu pula dengan sunah Rasulullah sangatlah mendukung kemudahan proses itu.

Terbukti dengan banyak pondok pesantren tahfidz Qur’an yang berdiri dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Berikut ini ada 7 pondok pesantren terbaik yang dikhususkan untuk al-Qur’an dari sekian banyaknya pondok pesantren di Indonesia.

Baca juga: Perbedaan MTs dan SMP yang Wajib Kamu Pahami Sebelum Memilih Pendidikan Anak

Darul Qur’an Mulia Bogor

Pondok pesantren yang terletak di daerah Bogor Jawa Barat tersebut merupakan salah satu dari 7 pondok pesantren tahfidz Qur’an terbaik yang ada di Indonesia. Lebih tepatnya Pondok Pesantren Darul Qur’an Mulia terletak di Kampung Cikarang, Desa Pabuaran, Gunung Sindur.

Pondok pesantren yang berdiri di atas tanah yang terletak di perbatasan antara Serpong dan Bogor memiliki 4 kurikulum utama, yaitu kurikulum al-Qur’an, kurikulum pendidikan formal, kurikulum pesantren dan kurikulum tarbiyah.

1. Kurikulum pertama

Kurikulum al-Qur’an di Pondok pesantren Darul Qur’an Mulia terdiri dari Tahsin, Tilawah, Tahfidzul Qur’an, dan Tathbiq Amaly.

2. Kurikulum kedua

Pondok pesantren Darul Qur’an Mulia juga memiliki kurikulum pendidikan formal sebagaimana kebanyak sekolah dan pondok pesantren pada umumnya.

Akan tetapi, dalam kurikulum pendidikan formal Pondok pesantren Darul Qur’an Mulia berpacu kepada Departemen Pendidikan Nasional (SMPIT dan SMAIT).

3. Kurikulum ketiga

Pondok pesantren Darul Qur’an Mulia merupakan salah satu pondok pesantren, tentu saja memiliki kurikulum pesantren tersendiri.

Ilmu syariah yang berbasis dalam pembelajaran berbahasa Arab yang dilakukan secara intensif adalah bagian dari kurikulum pesantren di pondok ini.

4. Kurikulum keempat

Kurikulum terakhir yang di miliki pondok ini ialah kurukulum tarbiyah. Kurikulum yang ditekan pada pertumbuhan potensi santri secara menyeluruh dan memiliki keseimbangan.

Di dalamnya ada pembelajaran aqidah, ibadah, akhlak, keterampilan, dan potensi lain dari santrinya.

Pondok Pesantren Darul Huffadh Bone

Pondok pesantren tahfidz Qur’an yang didirikan oleh Gurutta Lanre Said ini ada di Sulawesi Selatan, yang bertempat di Desa Tarasu, Kecamatan Kajuara, Kabupaten Bone.

7 Agustus 1975 menjadi tanggal berdirinya Pondok pesantren Darul Huffadh yang lebih dikenal dengan nama pesantren 77.

Pada 1993, Pondok pesantren tahfidz Qur’an ini resmi menjadi Lembaga Pendidikan Islam Pondok Pesantren Darul Huffadh yang awalanya hanya berasal dari pengajian biasa dan menjadi yang terbesar id Sulawesi Selatan.

Pondok pesantre tahfidz Qur’an memiliki program yang dipadukan dengan KMI atau Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah, yaitu Program tahfidz Qur’an.

Perpaduan tersebut dilakukan untuk menjadikan santri sebagai hafidz al-Quran yang memahami ajaran tentang syariat Islam yang memiliki asas al-Quran dan Hadits yang shahih.

Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus

Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an atau yang dikenal dengan PTYQ adalah salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Arwaniyah.

PTYQ yang terletak di Jl. KH. M. Arwani Kelurahan Kajeksan No. 24, Desa Kajeksan, Kudus, Jawa Tengah merupakan Lembaga pendidikan pesantren salaf yang dititikberatkan pada pengajaran al-Quran.

Pengajaran al-Quran di PTYQ meliputi pembenaran bacaan (Tahsin), hafalan (Tahfidz) da nada juga Qiro’ah Sab’ah.

Pondok Tahfidz Yanbu’ul Qur’an terbagi menjadi 2 bagian besar dengan 4 kelompok, yaitu sebagai berikut;

Putra

1. Pondok tahfidz anak-anak putra
2. Pondok tahfidz dewasa putra

Putri

3. Pondok tahfidz anak-anak putri
4. Pondok tahfidz dewasa putri

Pondok Pesantren Muqoddasah Ponorogo

Pondok pesantren tahfidz Qur’an ini terletak tidak jauh dari Pondok Modern Darussalam Gontor, yaitu hanya berjarak 200 meter saja. Pondok Pesantren Muqoddasah ini lebih tepatnya terletak di Nglumpang, Mlarak, Ponorog, Jawa Timur.

KH Hasan Abdulllah Sahal adalah pendiri Pondok Pesantren Muqoddasah Ponorogo ini pada 18 oktober 1992. Beliau merupakan salah satu dari 3 orang pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor.

Oleh karena itu, alumni Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo dan sarjana dari berbagai perguruan tinggi di Indonesui adalah pengajar pendidikan formal tingkat SD dan SMP.

Sedangkan para pengajar Pondok Pesantren Muqoddasah Ponorogo sendiri dimabil dari alumni Ma’had Tahfidz Al-Qur’an yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, yaitu Malang, Jepara, Kudus, Pati, Bogor, Sulawesi, Purwodadi, Demak dan daerah lainnya.

Pondok Pesantren Isy Karima Solo

Pada tahun 1994, YSPII (Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam Isy Karima) telah terbentuk jauh sebelum Ma’had Tahfizhul Qur’an berdiri. Pondok Pesantren Isy Karima Solo, Jawa Tengah, lebih tepatnya terletak di Jl. Solo – Tawangmangu KM 34 Pakel, Gerdu, Karangpandan, Karanganyar.

Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam Isy Karima memiliki rencana untuk mendirikan pondok pesantren Taman Pendidikan Al-Qur’an yang setingkat dengan tingkat SMA.

Ustadz Ya’qub Basya dan Ustadz Suwardi Efendi, Lc. sebagai pembibimb dari rencana tersebut. Mereka berharap untuk lulusan pesantren nantinya bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi di Indonesia, yang terutama di Timur Tengah.

Taman Pendidikan Al-Qur’an adalah bentuk kiprah dari YSPII yang terus berlanjut. TPA tersebut didirikan pada tahun 1996 untuk anak-anak. Tenyata, berdirinya TPA tersebut untuk memakmurkan Masjid Bilal Bin Rabah.

Masjid yang didirikan dan dibangun di atas tanah yang diwakafkan dari kaum muslim yang diberikan melalui DDII atau Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia.

Pondok Pesantren Daarul Qur’an Tangerang

Pondok pesantren tahfidz Qur’an ini didirikan oleh Ustadz Yusuf Mansur terletak di kawasan yang dibangun oleh PPPA Daarul Qur’an, yaitu Kampun Qur’an, Cipondoh, Tanggerang.

Sebuah kawasab yang dibangun untuk dijadikan sebagai pusat pengembangan ilmu Qur’an, dan pelatihan serta dijadikan sebagai centra membuat bibit untuk penghafal al-Qur’an.

Pondok pesantren Daarul Qur’an merupakan pondok pesantren yang mengakurkan antara pendidikan, lifeskill, sosial, dakwah dan religi. Pengakuran tersebut ditempuh dengan pengajaran One Day & One Ayat dan Hafalan Qur’an.

Kedua pengajaran tersebut adalah standar yang dipakai oleh Pondok pesantren Daarul Qur’an sebagai kualifikasi dalam menjadikan santrinya sebagai penghafal al-Qur’an.

Pondok Pesantren Wadi Mubarak Bogor

Sebagai salah satu dari pondok pesantren tahfidz Quran terbaik di Indonesia, pesantren yang terletak di di Jl. Raya Puncak. Kp. Goleah, Desa Kuta, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengharuskan santrinya untuk menyelesaikan program hafalan al-Quran selama 1 tahun.

Pondok Pesantren Wadi Mubarak Bogor memiliki tujuan dalam mengkaderisasi para santrinya untuk menjadi imam dan Da’i di daerah asalnya. Seperti tujuannya, Wadi Mubarak juga dikenal dengan Lembaga Kaderisasi Imam dan Da’i (LKID).

Demikianlah pemapran kami mengenai pondok pesantren tahfidz Qur’an di Indoenesia. Semoga bermanfaat.

Donasi



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?