Sukseskan Kegiatan Amal untuk Bantu Dirikan Pondok Tahfidz Rumah Infaq

Rumahinfaq.or.id – Lembaga sosial Rumah Infaq yang berdiri untuk membangun peradaban dan menjadi lembaga yang siap mengabdikan diri untuk umat memiliki banyak sekali program. Salah satunya adalah Pondok Tahfidz Rumah Infaq.

Pondok tahfidz Rumah Infaq adalah salah satu dari banyak program yang ditawarkan oleh Yayasan Rumah Infaq. Program ini bergerak di bidang pendidikan Rumah Infaq.

pondok tahfidz rumah infaq
pondok tahfidz rumah infaq

Dalam program pendidikan Rumah Infaq ada 3 program yang tersedia, 2 diantaranya ialah program Pondok Tahfidz Rumah Infaq. Dan yang lainnya ialah program pendidikan Rumah Infaq yang memberi beasiswa kepada remaja masjid.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini akan kami paparkan lebih jelasnya;

Program pendidikan Rumah Infaq

Ada 3 program yang disediakan oleh Yayasan Rumah Infaq yang bergerak di bidang pendidikan, yaitu;

Tafidz Gaza

World Class Boarding School, Pondok Tahfidz Gaza Indonesia adalah pondok pesantren tahfidz yang berada di bawah naungan lembaga sosial Yayasan Rumah Infaq Indonesia yang bergerak di bidang pendidikan.

Kaki gunung salaka dalah lokasi yang dipilih oleh berdirinya Pondok Tahfidz Gaza ini. Lebih tepatnya, pesatren ini berada di di Kampung Malang Nengah, Desa Situ Udik, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pondok Tahfidz Gaza berdiri kokok di atas tanah wakaf yang memiliki luas mencapai 10.000 hektar. Tahfidz Gaza atau lebih dikenal dengan Pesantren Tahfidz Gaza Indonesia ini berlaku untuk seluruh umat Muslim di Indonesia.

Pondok Pesantren Tahfidz Gaza Indonesia ini memberikan pendidikan kepada kaum dhuafa dan anak yatim secara gratis alias tidak dipungut biaya sama sekali. Baik itu berupa biaya tempat tinggal, makan, maupun biaya pendidikannya.

Ustadz Yusman Dawolo selaku Pimpinan Tahfidz Gaza Indonesia menyatakan bahwa pendidikan agama di Indonesia terutama anak muslimnya adalah hal yang utama.

Beliau juga menyatakan dalam satu keluarga, akan lahir seorang hafidz al-Quran. Sebagaimana yang diliris oleh Kantor Berita RMOL Jabar, Rabu (15/7), Ustadz Yusman menyatakan bahwa Pesantren Tahfidz Gaza Indonesia adalah pesantren umat.

Maksud beliau, Pesantren Tahfidz Gaza Indonesia diperuntukkan untuk Dhuafa, Yatim. Mereka tidak akan ditarik biaya sama sekali, beliau dan para jajaran staff hanya berharap anak semua umat muslim jadi Hafidz Quran yang sesuai sunnah Rasulullah.

Pada tahun 2020, di usianya yang belum lama Pesantren Tahfidz Gaza Indonesia sudah memiliki 70 orang santri ikhwan. Iya, sebab Pondok Tahfidz Gaza Indonesia yang baru berdiri 3 tahun di tahun ini, 2021 hanya untuk santri ikhwan saja.

Syaikh Ibrahim Ali Muhammad Hassan pernah menjadi Pembina langsung untuk santri Pondok Tahfidz Gaza Indonesia. Beliau adalah seorang Hafidz Quran yang memiliki sanad dengan riwayat Hafsh, Warsy, Qunbul, Syu’bah dan Al Bazzi.

Syaikh Ibrahim Ali Muhammad Hassan lahir di Gaza, Palestina, kota yang sama persisi dengan nama Pondok Tahfidz Gaza Indonesia.

Baca juga: Yuk Bantu Bangun Asrama Santri Penghafal Al-Qur’an Yatim

World Class Boarding School adalah visi Pondok Tahfidz Gaza Indonesia. Visi ini bertujuan untuk mencetak dan melahirkan generasi World Class Boarding School yang hafal 30 Juz Al-Qur’an yang memiliki sanad.

Untuk itu, Pondok Tahfidz Gaza Indonesia memiliki misi. Di tahun 2045, akan lahir di 1 keluarga 1 Hafidz Al-Qur’an. Seorang Hafidz Al-Qur’an yang berpegang teguh terhadap Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah Sholallahu Alaihi Wasallam.

Serta sesuai dengan pemahaman Sholafus Sholih. Tidak hanya itu Pondok Tahfidz Gaza Indonesia juga menanamkan Ilmu Tauhid, Fiqih dan Akhlaq yang kuat dalam orientasi pendidikannya.

Pondok Tahfidz Gaza Indonesia mengharapkan alumnusnya untuk ke depannya akan menjadi Ulama, Pemimpin, Pejabat, atau menjadi Pengusaha yang kuat agamanya, berakhlak mulia, dan takut kepada Allah Subhanahu Wa Ta’la.

Pondok Tahfidz Gaza Indonesia juga menjadikan bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-harinya, baik dalam kegiatan belajar, bermain atau pun beramal.

Hal demikian dilakukan dengan tujuan agar alumni Tahfidz Gaza Indonesia mencapai jaringan internasional dan bisa bersaing. Dan yang pasti bisa go Internasional dalam melanjutkan pendidikannya di tingkat kuliah di luar negeri.

Tidak hanya itu, Pesantren Tahfidz Gaza Indonesia juga mempersiapkan siswanya untuk menjadi pekerja profesional, atau menjadi pengusaha yang sukses di dunia dan di akhirat dengan menanamkan mind set succes, mental the winner, dan attitude yang baik.

Ustadz Yusman juga menrencakan, setelah Pesantren Tahfidz Gaza Indonesia tingkat MTs ini berhasil, maka akan dibangun lagi Pesantren Tahfidz Gaza Indonesia untuk tingkat MA.

Beliau memberitahukan bahwa pada tahun ini (Tahun 2020) sedang dibangun ruang kelas dan rumah untuk guru serta perpustakaan.

Baca juga: 200 Paket Lebaran Penghafal AlQuran

Sedangkan di tahun 2021 ini, pihak Pesantren Tahfidz Gaza Indonesia sedang membangun asrama dengan kapasitas 300 santri.

Pembangunan boarding school ini berasal dari para donatur yang berada di bawah managemen lembaga sosial Yayasan Rumah Infaq Indonesia.

Perencanaan untuk pembangunan rumah guru akan dibangun dengan 3 lantai dengan 6 rumah petak dan 1 perpustakaan dan semua itu membutuhkan biaya sebesar Rp 1.5 miliar. Sedangkan biaya untuk pembangunan asrama sebesar Rp 7.826.000.000.

Dan masjid yang sudah berdiri kokoh di tahun ini, walau belum selesai secara keseluruhan memerlukan biaya sebesar 300 juta untuk proses pembangunnya sampai selesai.

Dengan banyaknya dana pembangunan yang dibutuhkan, Yayasan Rumah Infaq siap menerima saluran infaq para donatur.

Markaz Huffadz

Program kedua yang dimiliki oleh Yayasan Rumah Infaq di bidang pendidikan adalah Pondok Tahfid Rumah Infaq Markaz Huffadz. Berbeda dengan Tahfidz Gaza Indonesia yang diperuntukkan untuk santri tingat MTs.

Maka, Markaz Huffadz dibentuk untuk menciptakan dan melahirkan ulama penghafal al-Quran di tingkatan Mahasiswa dengan santrinya yang disebut sebagai Mahasantri dengan motto “Kaderisasi Ulama Penghafal al-Quran”.

Program yang ditawarkan Markaz Huffadz adalah program yang secara fisik dan mengoptimalkan fungsinya sebagaimana yang diteladani oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalam.

Program Pondok Tahfid yang berada di bawah naungan Yayasan Rumah Infaq di bidang pendidikan ini memiliki tujuan, yaitu;

  1. Membangu saranan Markaz Huffadz Rumah Infaq bagi remaja dan pemuda seluruh Indonesia yang kurang beruntung secara ekonomi.
  2. Mewujudkan pembangunan sumber daya manusia yang mampu melanjutkan estafet kepemimpinan dengan standar yang sesuai dengan al-Quran.

Seperti halnya Pondok Pesantren Tahfidz Gaza Indonesia, Pondok Tahfidz Markaz Huffadz juga gratis alias tidak dipungut biaya sepeser pun. Baik itu untuk makan, maupun tempat tinggalnya.

Di Pondok Tahfidz Markaz Huffadz, mahasantri diwajibkan untuk menghafal al- Quran, mempelajari al-Quran, dan mempelajari pengamalan al-Quran di kehidupan sehari hari selama 1-2 tahun.

Setelah 1-2 tahun menjadi mahasatri, maka 1 tahun setelahnya mahasantri diharuskan mengabdikan diri di bawah naungan Yayasan Rumah Infaq.

Di tahun 2021, Pondok Tahfidz Markaz Huffadz telah memiliki 2 cabang. Ke-2 cabang tersebut berada di Pondok Gede dan Ciputat. Alamat keduanya, yaitu;

  1. Cabang Pondok Gede : Pondok Gede Housing II Blok CC4 No.33, RT 001/RW 004, Jatirahayu, Pondok Melati, Kota Bekasi-Pondok Gede, Jawa Barat. ID 17155
  2. Cabang Ciputat : Jln. KH Achmad Dahlan, Cireundeu, UMJ, Kota Tangerang Selatan, Ciputat Timur, Banten. ID 15412

Kedua cabang tersebut untuk mahasantri akhwat sedangkan untuk mahasantri ikhwan tinggal di gedungn yang sama dengan kantor Yayasan Rumah Infaq. Lebih tepanya terletak di Perum Metland Tambun, Kec. Cibuntu, Kel. Cibitung, Tambun-Kab.Bekasi.

Beasiswa Remaja Masjid

Beasiswa Remaja Masjid adalah program ke-3 di bidang pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Rumah Infaq. Program ini memiliki tujuan untuk menyekolakan anak-anak pelosok yang dalam keadaan sulit mendapatkan akses dalam menuntut ilmu.

Factor yang mempengaruhi kesulitan akses dalam menuntut ilmu dapat disebabkan oleh banyak factor seperti tidak adanya biaya untuk pendidikan.

Dalam hal ini, Yayasan Rumah Infaq melakukan kerjasama dengan beberapa sekolah akademik untuk mendidik generasi di masa kini. Supaya mereka mendapatkan pendidikan yang baik dan sebagai bekal untuk membangun kembali kampong halaman mereka masing-masing.

Demikian pemaparan kami mengenai Pondok Tahfidz Rumah infaq yang berdiri dan berada dalam naungan Yayasan Rumah Infaq di bidang pendidikan. Semoga bermanfaat.

Donasi



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?