Yayasan Rumah Infaq Gelar Galang Donasi Untuk Berbagai Program

Rumahinfaq.or.id – Galang donasi merupakan proses untuk mengumpulkan kontribusi dalam bentuk apapun baik uang atau barang bahkan tenaga secara sukarela yang ditujukan untuk berbagai macam tujuan, baik untuk membantu yang membutuhkan, untuk pengembangan usaha bersama.

Tergantung dari tujuan awal diadakannya galang donasi tersebut

Rasa kepedulian dengan sesama di negeri ini masih terbilang cukup tinggi. Hal itu timbul terutama karena rasa nasionalisme dan selalu tertanam rasa saling tolong menolong. Atau istilahnya rasa gotong royong nya masih tinggi. Buktinya terkadang ketika melihat ada bencana di suatu daerah banyak tergerak untuk mengadakan galang donasi, baik dari komunitas, mahasiswa, instansi, dll.

Baca juga: Dapur Bencana Alam Palu dan Donggala dari Rumah Infaq

Hal inilah yang menunjukkan kalau kita sesama saudara sebangsa dan setanah air ini, timbul rasa saling memperhatikan dan peduli. Makanya banyak sekali komunitas atau perkumpulan masyarakat yang bergerak cepat mengadakan galang donasi. Bahkan ada yang sampai rela berpanas-panasan di tengah terik matahari.

aziz gagap
Aziz Gagap kunjungi Masjid di Lombok

Apalagi di negeri ini memang orang-orang nya agamis. Baik dari ajaran agama apapun yang ada di Indonesia menganjurkan untuk berbuat kebaikan dengan sesama. Dengan harapan akan mendapatkan balasan yang lebih baik yaitu surga di sisi Tuhan yang Maha Esa. Hal inilah yang menimbulkan kesemangatan berbuat baik di negeri ini. Semoga semakin banyak orang baik di negeri ini.

Dalam galang donasi pun bukan hanya terjadi untuk sesama orang dalam negeri saja. Bahkan terkadang rakyat Indonesia melakukan galang donasi untuk negara-negara lain yang membutuhkan. Seperti sampai bisa membantu negara Palestina, terkadang negara lain yang sedang mengalami kesulitan baik karena bencana dan lainnya.

Istilah dalam Kegiatan Galang Donasi dan Prosesnya

Sebelum kita mengetahui lebih jauh tentang galang donasi ini, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa pengertian dari kegiatan ini. Ada istilah donasi yaitu merupakan hasil pemberian dari para donatur yang telah diberikan secara ikhlas tanpa mengharap imbalan yang nantinya akan diterima dan disalurkan oleh pengelola donasi, baik berupa uang, barang, dan jasa.

Adapun donatur adalah orang atau perkumpulan orang yang telah memberikan donasinya. Pengelola donasi adalah pihak yang bertanggung jawab sebagai penyalur donasi dari para donatur kepada yang membutuhkannya. Dari pihak donatur mempunyai hak untuk mengetahui pertanggung jawaban hasil donasi tersebut apakah telah tersalurkan sesuai tujuannya.

Untuk zaman sekarang ini proses penggalang dana semakin berkembang seiring perkembangan teknologi. Bahkan banyak pengelola donasi memanfaatkan penggunaan aplikasi berbasis digital sampai memanfaatkan website. Sehingga para donatur lebih mudah menyalurkan donasinya.

Meskipun dengan cara lama terjun di jalanan masih banyak kita temui, karena memang lebih cepat pengumpulannya. Yang perlu kita ketahui betul galang dana ini bukan hanya berupa uang semata lho. Bahkan ada beberapa pengelola donasi yang kreatif sekarang. Mereka menerima semua bentuk donasi apapun dari para donatur.

Bahkan bisa menerima hasil kebun, hasil perdagangan, atau barang apapun yang nantinya oleh pihak pengelola donasi akan di uangkan lalu uangnya di berikan pada yang membutuhkan. Memang hal ini belum terlalu populer di negeri ini, karena pihak pengelola donasi harus kerja dua kali. Tapi cara ini terbukti bisa membuat semua kalangan masyarakat bisa ikut berdonasi.

Karena dari setiap kalangan masyarakat kita berbeda-beda latar belakangnya. Mungkin ada yang tidak memegang uang kontan tapi hartanya berbentuk pertanian, barang dagang, dan lain-lain. Sehingga mereka pun tetap bisa ikut berdonasi dengan barang apa yang mereka punya.

Dengan kreatifnya para pengelola donasi dalam menerima donasi inilah yang menjadikan para donatur akan melirik dan bisa ikut andil. Termasuk di zaman serba digital ini pun menjadikan penerimaan donasi melalui website dan media lain terbukti luar biasa hasilnya.

Buktinya saja dalam donasi yang diadakan stasiun televisi, atau komunitas lain berbasis digital menghasilkan hasil donasi yang lumayan. Para donatur biasanya akan diberitahukan no rekening pengelola donasi, sehingga tinggal transfer beberapa uang saja.

Adapun jenis donasi, ada beberapa macam tergantung tujuan awalnya dilakukan galang donasi tersebut. Ada donasi untuk penanggulangan bencana alam, donasi pengentasan kemiskinan, untuk insfratruktur umum dan masih banyak lagi donasi lainnya.

Baca juga: Donasi untuk Bangun Kembali Masjid Jami’ul Jamaah Lombok

Hak Bagi Para Donatur

Kita sebagai pihak donatur terkadang mungkin ada rasa keraguan untuk mendonasikan sebagian uang atau barang kita ke pihak pengelola donasi. Ada rasa takut disalah gunakan, unsur penipuan dan lain-lain. Hal ini wajar sebagai manusiawi, tetapi kita bisa mempercayakan donasi kita pada pihak pengelola donasi yang memberikan beberapa hak berikut kepada para donaturnya :

  • Pihak pengelola donasi menunjukkan kejelasan visi, misi, dan tujuannya sehingga bisa meyakinkan para donaturnya.
  • Para donatur memiliki hak untuk mengetahui identitas atau struktur keorganisasian dari pengelola donasi secara transparan sehingga membuat para donatur yakin.
  • Para donatur juga memiliki hak melihat pelaporan kegiatan yang telah dilaksanakan khususnya kegiatan penyaluran donasi yang telah terkumpul. Dan mengetahui untuk siapa hasil donasi tersebut.
  • Termasuk donatur mempunyai hak kejelasan pelaporan pengolahan dana hasil donasi tersebut. Apakah sudah tersalurkan semua sesuai ketentuan atau belum.
  • Selain itu pihak donatur mempunyai hak untuk dilayani dengan baik, yaitu terjalin komunikasi yang baik tanpa ada yang ditutupi.
  • Yang terakhir pihak donatur mempunyai hak untuk dijaga kerahasiaan identitas dari para donatur tersebut.

Itulah beberapa hak yang bisa didapatkan para donatur sehingga mereka akan yakin menyalurkan donasinya ke tempat dan pihak pengelola yang tepat. Mereka tidak merasa kuatir lagi akan disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Niat yang Benar Untuk Donatur dan Pengelola Donasi

Khususnya untuk saat ini di Indonesia sekarang sedang terjadi bencana yang berturut-turut. Apalagi masih dalam kondisi pandemi ini. Banyak sekali masyarakat kita yang mengalami dampak buruk dari kondisi ini. Hal inilah yang harusnya menggerakkan para donatur untuk membantu saudaranya yang sedang kesusahan.

Adapun sebagai pihak pengelola donasi merupakan waktu yang tepat untuk membantu menyalurkan kebaikan hati para donaturnya untuk orang-orang yang membutuhkan. Menjadi kesempatan untuk menjadi lebih baik dan kreatif. Bukan kesempatan mencari keuntungan pribadi, itu yang salah.

Untuk beberapa waktu ini Indonesia pun sedang berduka atas tenggelamnya kapal nanggala 402 yang menewaskan para prajurit pahlawan kita. Hal ini memotivasi salah satu Ustadz ternama yaitu Ustadz Abdul Somad (UAS) bersama masjid Jogokariyan Yogya untuk melakukan galang donasi. Yang tujuannya untuk membantu membeli kapal nanggala 402 yang baru.

Memang tujuan ini memiliki pro dan kontra di tengah masyarakat kita. Kalau kita sebagai orang awam asalkan itu untuk tujuan baik bila mampu tinggal didukung saja, bila tidak ya bisa diam saja. Satu hal yang perlu kita tahu harga satu unit kapal Nanggala ini adalah 400 juta dollar amerika atau setara dengan 5,8 trilliun rupiah.

Nilai yang sungguh cukup besar bukan, tapi kembali lagi namanya donasi merupakan kumpulan hasil para donatur, semakin banyak donatur maka uang yang terkumpul pun semakin besar. Bukan tidak mungkin akan terkumpul dana sebesar itu.

Asalkan niat dari para donatur dan pengelola donasi benar dari awal untuk mencapai uang sebesar itu bukan hal mustahil. Ya yang jelas agar menjadi kebaikan dan pahala yang diharapkan dari tuhan yang maha esa maka tatalah niat yang benar sejak awal. Baik pihak donatur dan pengelola donasi.

Donasi Sekarang



2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Sudahkan infaq hari ini?