Yayasan Rumah Infaq Menjadi Lembaga Donasi Terpercaya Internasional

Rumahinfaq.or.id – Zaman sekarang menjadi pahlawan tidak harus dengan memberantas kejahatan seperti dulu. Zaman sekarang menjadi pahlawan bisa dengan cara berdonasi. Apalagi era digital ini, berdonasi jadi lebih gampang. Tapi tentunya kita pilih lembaga donasi terpercaya ya, agar bisa tepat sasaran.

Lembaga Donasi Terpercaya
Lembaga Donasi Terpercaya

Yang namanya dunia digital pasti ada sisi positifnya tapi tentunya ada sisi negatifnya. Dengan dunia digital ini memudahkan kita menemukan informasi. Mendekatkan jarak yang awalnya jauh menjadi dekat. Serta bisa memudahkan kita pula untuk menebar kebaikan.

Kebaikan dalam dunia digital ada banyak banget deh wujudnya. Bisa dengan berbagi ilmu tentang dunia, entah itu ilmu bisnis, matematika, sampai kesehatan dan masih banyak lagi. Atau bisa juga dengan saling support saling menasehati, dll.

Dan tidak terlewat pula dengan dunia digital ini memudahkan kita untuk bisa berdonasi kapanpun dan dimanapun. Bahkan keadaan bagaimanapun kita bisa berdonasi. Ada banyak lembaga donasi terpercaya di negri ini.

Ada lembaga donasi untuk anak yatim piatu, ada lembaga donasi untuk dhuafa, donasi untuk penanganan bencana bahkan sampai ada donasi untuk perawatan hewan-hewan terlantar. Dan masih banyak lagi jenis donasi digital lainnya seperti Rumah Infaq.

Jiwa Berbagi Rakyat Indonesia

Pastinya kita apalagi sebagai warga Indonesia, berbagi dan rasa empati itu seperti sudah tertanam dalam diri kita. Kita kadang tau-tau timbul rasa ingin memberi, timbul rasa empati, timbul rasa kasihan. Sehingga hati tergerak untuk berdonasi.

Buktinya saja ketika kita mengetahui ada saudara kita terkena bencana lintas provinsi, masyarakat kita langsung tergerak untuk menggalang donasi secepatnya. Ada yang dengan patungan, ada yang langsung menyalurkan, bahkan di perempatan lampu merah pun dijalani.

Bukan hanya bantuan untuk lintas provinsi saja bahkan sampai lintas negara pun kita rela melakukan donasi. Seperti di Uighur, Palestina dan negara lainnya. Inilah bukti bahwa masyarakat Indonesia baik dari kalangan agama apapun suka berdonasi dan berbagi.

Ada banyak bentuk donasi di era sekarang ini, terutama melalui lembaga donasi terpercaya. Tetapi kembali lagi dengan adanya digital ini pasti ada sisi negatifnya. Banyak mengatas namakan lembaga donasi terpercaya tapi ternyata penipu ulung.

Memang kita dari awal berdonasi pasti sudah menata niat untuk ikhlas. Sehingga kita kadang setelah menyerahkan donasi tidak mau tau donasi kita tersebut tersalurkan atau tidak. Kadang kita tidak mau cek dulu, malas menggali informasi dll.

Kalau kita sudah bersusah payah mengeluarkan materi untuk berdonasi ternyata hanya diambil orang-orang yang tidak bertanggung jawab pastinya akan kecewa. Kita pasti akan merasa menyesal telah tertipu.

Apalagi kalau sudah tertipu berarti donasi kita tidak tersalurkan sebagaimana mestinya. Malah cuman membuat kaya sebagian kalangan penipu saja. Pasti gak mau kan hal ini terjadi. Makanya sebelum berdonasi pastikan dulu lembaga donasi tersebut terpercaya atau tidak.

Tujuannya agar donasi yang kita berikan bisa betul-betul tersalurkan kepada yang membutuhkan. Sehingga kita mendapat pahala dan balasan yang baik. Dan juga akhirnya donasi kita bisa bermanfaat kepada yang memang membutuhkan.

Cara Memilih Lembaga Donasi Terpercaya

Ada beberapa cara agar kita terhindar dari para penipu. Sehingga donasi kita masuk dan diterima lembaga donasi terpercaya. Adapun caranya yaitu :

  • Lebih aman dan nyaman bila kita berdonasi pada lembaga yang memang di dalam lembaga tersebut ada orang yang memang kita sudah kenal. Memang sih hal ini kalau melalui dunia digital agak susah. Karena kadang lembaga tersebut jauh dari tempat kita tinggal. Tetapi cara inilah yang paling aman untuk kita menyalurkan donasi.
  • Bila tidak ada orang yang kita kenal, maka kita bisa melihat portofolio lembaga tersebut, kita bisa cek di google tentang lembaga tersebut, kita cek alamat lengkapnya, kita cek ulasan, dan kegiatannya, bahkan kalau bisa kita cek laporan pertanggung jawabannya. Apakah mereka telah menyalurkan tiap donasi yang masuk sesuai sasarannya.
  • Bisa juga bila memang jaraknya lembaga tersebut masih bisa kita jangkau, maka kita bisa cek langsung ke alamat mereka. Sehingga kita bisa tanya-tanya langsung. Kita bisa bertemu dengan orang-orangnya langsung. Melihat kegiatan mereka,dll. Hal ini pasti akan menimbulkan rasa lebih percaya lagi.
  • Atau kita bisa juga memilih lembaga swadaya masyarakat yang memang sudah jelas penggalangan donasinya. Rata-rata mereka bergerak dalam donasi membantu korban bencana alam. Atau donor darah bahkan ada yang membantu sampai keluar negeri. Tetapi juga perlu diperhatikan LSM tersebut memang sudah berkiprah lama dan bisa dipercaya.
  • Termasuk dalam dunia digital ini kita jangan langsung mudah percaya dengan penggalangan donasi yang beredar kita perlu selalu perhatikan legalitasnya. Termasuk kita perlu cari informasi lebih lanjut apakah mereka penipu atau memang menggalangkan donasi.
  • Yang terakhir adalah bila lembaga donasi tersebut aman biasanya ditandai dengan kerja yang berkelanjutan atau continue karena memang mereka telah mengabdikan dirinya. Atau bisa juga ditandai dengan laporan pertanggung jawaban yang jelas dan transparan. Sehingga sangat meyakinkan bagi para donatur. Dan masih banyak lagi tandanya.

Bila cara-cara tersebut bisa kita jalankan, kita bisa berhati-hati. Maka insyaalloh donasi yang telah kita setorkan bisa betul-betul tersalurkan kepada yang membutuhkan. Sehingga kita merasa tenang dan aman. Donasi kita pun bisa bermanfaat.

Sikap Kita Dalam Berdonasi

Hal ini bukan bertujuan untuk mencurigai setiap lembaga donasi. Jangan sampai kita berlebihan bahkan sampai mengecap semua lembaga donasi adalah penipu. Itu salah besar, karena para lembaga donasi apalagi yang memang amanah. Mereka sudah bersusah payah bekerja.

Seharusnya kita bisa selalu support mereka agar lebih semangat untuk bekerja. Bila memang kita lagi tidak ada yang bisa didonasikan lebih baik diam atau setidaknya menyemangati mereka. Bila ada lebihan rezeki kita bisa salurkan pada lembaga donasi terpercaya.

Ada banyak kok lembaga donasi terpercaya yang tersebar di seluruh Indonesia. Jasa mereka telah membantu banyak orang lain. Mereka telah bekerja keras, setidaknya kita hargai dan support. Agar mereka bisa terus menebar virus kebaikan.

Kita sebagai calon donatur jangan ragu lagi untuk berdonasi. Jangan takut bila terkena penipuan. Karena segala bentuk penipuan bisa kita minimalisir dengan lebih cermat dan hati-hati. Terus lakukan hal baik meskipun terkadang kita tersakiti, terkadang tertipu bahkan dihina dll.

Kita bisa selalu berbuat baik apapun yang terjadi. Kita tidak mundur karena dihina dan dicaci maki. Dan tidak maju karena dipuji-puji. Tetapi kita berbuat baik karena memang dari dalam hati kita ingin membantu sesama dan ingin bisa masuk surgaNya.

Perbuatan baik kita terutama berupa donasi yang telah kita keluarkan tidak akan pernah sia-sia. Bahkan bila saat kita tertipu pun itu sebenarnya tidak sia-sia. Karena semu dicatat pahala, semua di balas dengan yang lebih baik. Ingat Alloh SWT Maha mengetahui.

Demikian artikel tentang lembaga donasi terpercaya, semoga bisa bermanfaat dan kita bisa menyebarkan kebaikan, Aamiin.

Donasi Sekarang



Tinggalkan Balasan

Open chat
Butuh Bantuan?
Assalamu'alaikum
Ada yang bisa kami bantu ?